PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII/2 MTSN 6 ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII/2 MTsN 6 Aceh Besar”. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media audiovisual di kelas VIII MTsN 6 Aceh Besar? (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MtsN 6 Aceh Besar dengan menggunakan media audiovisual? Selanjutnya subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII/2 MTsN 6 Aceh Besar. Data diperoleh dari setiap hasil tes beserta nontes selama proses pembelajaran menulis teks persuasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung jumlah ketuntasan dan ketidaktuntasan hasil belajar siswa, kemudian hasilnya dibandingkan. Penelitian dilakukan dengan prosedur yang terdiri dari Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari 22% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Selain itu, kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran juga meningkat dari 97% menjadi 99. Jadi dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan media audiovisual dinyatakan berhasil karena dapat meningkatkan kualitas belajar serta hasil belajar siswa hal tersebut terlihat pada hasil belajar siswa dari 22% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II selain itu, selain itu, kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar juga mengalami peningkatan dari 97% menjadi 99%. Kesimpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas VIII/2 MTsN 6 Aceh Besar
Keywords
Kemampuan menulis, Media audiovisual, Teks Persuasi
References
Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Arikunto,S. 2009. Metodelogi Penelitian (edisi revisi). Yogyakarta: Bina Aksara
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Arsyad, Azhar.2011.Media Pembelajaran.cetakan ke15.Jakarta:Rajawalli Pers.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asyhar, Rayanda.2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Jakarta
Dalman.(2015)Keterampilan Menulis. Jakarta:RajaGarafindo
Daryanto.(2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.Yogyakarta: Diva Press.
Hamalik, Oemar.2002.Media Pendidikan. Bandung: Citra Adiyata.
H. Dalman, (2014). Keterampilan Menulis . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Kustandi dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Moleong, Lexy J. (2010), Metodologi penelitian kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung
Pudiastuti, Dewi Ratna. 2011. Curahkan Gairah Menulis. Jakarta : Elek Media Komputindo
Rianarwati, Dwi. (2006). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Mangun. S1thesis, FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Rosidi, Imron. (2009). Menulis. . . Siapa Takut?. Bandung : Kanisius.
Rusman.(2012). Model-model Pembelajaran (Mengembangakan Profesionalisme Guru).Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan
dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada