UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Sarwati. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII/2 MTSN 6 ACEH BESAR (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1503.
Sarwati. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII/2 MTSN 6 ACEH BESAR.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023, https://repository.bbg.ac.id/handle/1503.

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII/2 MTSN 6 ACEH BESAR

Thumbnail

View/Open

F0116004W.pdf (402 KB)

Issue Year

2023

Author(s):

Sarwati

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII/2 MTsN 6 Aceh Besar”. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media audiovisual di kelas VIII MTsN 6 Aceh Besar? (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MtsN 6 Aceh Besar dengan menggunakan media audiovisual? Selanjutnya subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII/2 MTsN 6 Aceh Besar. Data diperoleh dari setiap hasil tes beserta nontes selama proses pembelajaran menulis teks persuasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung jumlah ketuntasan dan ketidaktuntasan hasil belajar siswa, kemudian hasilnya dibandingkan. Penelitian dilakukan dengan prosedur yang terdiri dari Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari 22% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Selain itu, kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran juga meningkat dari 97% menjadi 99. Jadi dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan media audiovisual dinyatakan berhasil karena dapat meningkatkan kualitas belajar serta hasil belajar siswa hal tersebut terlihat pada hasil belajar siswa dari 22% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II selain itu, selain itu, kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar juga mengalami peningkatan dari 97% menjadi 99%. Kesimpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas VIII/2 MTsN 6 Aceh Besar


Keywords

Kemampuan menulis, Media audiovisual, Teks Persuasi

References

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Arikunto,S. 2009. Metodelogi Penelitian (edisi revisi). Yogyakarta: Bina Aksara

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Arsyad, Azhar.2011.Media Pembelajaran.cetakan ke15.Jakarta:Rajawalli Pers.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asyhar, Rayanda.2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Jakarta

Dalman.(2015)Keterampilan Menulis. Jakarta:RajaGarafindo

Daryanto.(2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.Yogyakarta: Diva Press.

Hamalik, Oemar.2002.Media Pendidikan. Bandung: Citra Adiyata.

H. Dalman, (2014). Keterampilan Menulis . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kustandi dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Moleong, Lexy J. (2010), Metodologi penelitian kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung

Pudiastuti, Dewi Ratna. 2011. Curahkan Gairah Menulis. Jakarta : Elek Media Komputindo

Rianarwati, Dwi. (2006). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Mangun. S1thesis, FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosidi, Imron. (2009). Menulis. . . Siapa Takut?. Bandung : Kanisius.

Rusman.(2012). Model-model Pembelajaran (Mengembangakan Profesionalisme Guru).Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan

dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1503

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository