PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM INVESTIGATION BERBANTUKAN LKPD PADA SISWA KELAS X MAN 2 ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas x MAN 2 Aceh Besar dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team investigation berbantukan LKPD. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas X IPA 2 MAN 2 Aceh Besar dengan jumlah siswa yang menjadi Sampel penelitian ini adalah 25 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki yang diambil menggunakan teknik simple random sampling Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis eksperimen yang digunakan adalah pre-experimen dengan desain yaitu one-group pretes-postest. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tes, dokumetasi dan observasi. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe team investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Aceh Besar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dari 48,1 menjadi 80,28. Saran untuk guru dan calon guru matematika hendaknya selalu berimprovisasi menggunakan model, strategi, atau pendekatan yang inovatif, yang mampu memberikan pengalaman belajar bermakna bagi peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.
Keywords
Prestasi Belajar, Model pembelajaran Kooperatif, Team Investigation, LKPD
References
Agung, A. A. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha: Alfabeta.
Anni, Catharina Tri. 2014. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Pess.
Arikunto, S. (2010).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Awofala, A. O. A., Fatade, A. O., and Ola-Oluwa, S. A. 2012. Achievement in Cooperative versus Individualistic Goal-Structured Junior Secondary School Mathematics Classrooms in Nigeria. International Journal of Mathematics Trends and Technology, Vol. 3 No. 1: 7-12.
Dahar, Ratna Wilis. 2016. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: TinjauanTeoritik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hakim, Thursan. 2015.Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Preneda Media.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul.2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta.Pustaka Belajar,
Ibrahim, M. dkk. 2017. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Isjoni. 2016. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.
Majid, Abdul.2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nazarudin. 2007.Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Ningsih, E.W. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Problem Card terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII. [Skripsi]. Semarang: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang
Rusman.2012. Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada.
Sabilah, S.F., N.A Yensy dan S Maizora. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berbantuan LKPD Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII.2 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol. 3 No. 1: 110-119
Sagala.. 2016. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Santyasa, I.W. 2012. Pembelajaran Inovatif. Bali: Undiksha Press.
Slameto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R.E. 1995. Co-operative Learning: Theory, Research, and Practice. (2nd edition), Boston: Allyn and Bacon.
Suartika, K., I.B. Arnyana dan G.A. Setiawan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3 Tahun 2013
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sudjana. 2016. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugihartono, dkk. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Sumiati & Asra. (2016). Metode Pembelajaran. CV. Wacana Prima.
Suparno, P. (1997). Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suriati, E. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Trigonimetri di Kelas X2 SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. MAJU, Vol. 5 No. 2: 98-108
Surya, Y F. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1: 38-53
Suyono & Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tavakoli, Y., Soltani, A. 2014. The effect of cooperative learning on students' social skills in the experimental science course.Journal of Education and Practice. ISSN2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X(Online).Vol.5, No.7 Technology, Vol. 3 Tahun 2012. 7-12.
Tran, V. D. (2012). Effect of Cooperative Learning on Students at an Giang University in Vietnam. International Education Studies. Vol. Vol. 5 No. 1: 86-99
Umbara, Uba. 2017. Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan. Vol. 3 No. 1: 31-38.
Zulyadaini. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol. 16 No. 1: 153-158