EFEKTIFITAS KEGIATAN KIRIGAMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A TK KARYAWAN KOTA BARU BANDA ACEH
Abstract
Motorik Halus adalah gerakan otot-otot kecil dari anggota tubuh terutama melibatkan jari tangan dan membutuhkan koordinasi mata yang cermat. Kirigami adalah seni memotong kertas yang diawali dari tahapan melipat kertas yang kemudian dipotong atau digunting mengikuti pola tertentu menjadi karya seni yang indah . Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah efektif penggunaan kirigami terhadap Peningkatan motorik halus pada anak usia dini Kelompok A TK Karyawan Kota Baru Banda Aceh. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode eksperimen subjek tunggal (single subjek eksperiment). Penelitian ini menggunakan desain subjek tunggal dengan penggunaan data individu lebih utama dari pada variabel terikat yang sedang diteliti atau perilaku sasaran (target behavior) dilakukan berulang-ulang dengan periode waktu tertentu, yaitu per hari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul yang disajikan dalam tabel skor pre-test dan post-test, kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian ini adalah, penggunaan kirigami dapat meningkatkan Peningkatan motorik halus pada kelompok A TK Karyawan Kota Baru Banda Aceh dinyatakan telah berhasil dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TK Karyawan Kota Baru Banda Aceh bahwa data yang diperoleh bahwa nilai terhitung adalah 8,157 dan dari ttabel pada taraf signifikasi α = 0,005 dengan derajat kebebasan db=N-1 15-1 = 14, diketahui harga ttabel adalah 1,76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga thitung > ttabel (8,157 > 1,80). Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa kegiatan Kirigami meningkatkan Peningkatan motorik halus pada anak kelompok A TK Karyawan Kota Baru Banda Aceh dapat diterima dan terbukti benar secara ilmiah.
Keywords
Motorik Halus, kegiatan Kirigami
References
Ahmad Rudiyanto.2016.Peningkatan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Anak Usia Dini Lampung:Darussalam Press.
Ahmat Susanto, 2015, Bimbingan & Konseling Di Taman Kanak-Kanak .Jakarta: Prenada Media.
Busthomi. 2012 Peningkatan Dan Peningkatan Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Pt Grasindo.
Dadan Suryana, 2018, Stimulasi & Aspek Peningkatan Anak, Jakarta:Prenadamedia Group.
Hurlock. 2011: Peningkatan Anak. (Terjemahan: Med Meitasari Tjandrasa Dan Muchichah Zakasih). Jakarta: Erlangga.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini.Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Khadijah Dan Nurul Amelia.2020. Peningkatan Fisik Motorik Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana.
Kostelnik, M.J., Soderman, A.K., and Whiren, A. P (2017). Kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis Peningkatan anak (Developmentally Appropriate Practices). Depok: Kencana.
M. Ihsan Dacholfany Dan Uswatun Hasanah. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah.Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyono Abdurrahman.2012. Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta:Rineka Cipta. Mulyasa, 2017, Manajemen Paud, Bandung:Pt Remaja Rosdakarya.
Nilawati Tadjuddin. 2014. Meneropong Peningkatan Anak Usia Dini preespektif Al-Qur'an: Jakarta: Herya Media.
Nurgiyantoro Burhan, 2015. Statistic Terapan Anak Penelitian Ilmu Sosial.Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.
Panney Upton. 2012. Psikologi Peningkatan. Jakarta: Erlangga
Rusdinal & Elizar, 2015, Pengelolahan Kelas Di Taman Kanak-Kanak.Jakarta:Depdiknas
Samsudin:2012. Peningkatan Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group.
Sri Wahyuni.2015. Cara Gampang Melipat Origami. Jakarta: Dunia Cerdas.
Sri Widayati.2014. Panduan Dasar Melipat Kertas. Yogyakarta:Gava Media
Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Bandung: Alfabeta.
Syamsu Yusuf Ln. Psikologi Peningkatan Anak Dan Remaja. Bandung Pt Remaja Rosdakarya.
Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Umrati Hengki Wijaya.2020. Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Widiyati. 2016. Melipat Kertas Origami. Bandung:Bumi Angkasa.
Wiryanigsih, N.K.S.A., Dkk.2016. Penerapan Kegiatan Melipat Origami Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tk Aisyiyah Bustanul Athfal. Assgment Method, Origami Paper, And Soft Motoric Development, 4(2), 7. Di Akses Pada Tanggal 21 Juli 2021.
Yasbiati, Dan Gilar Gandana, 2019. Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini, Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.