PENGARUH MODEL PCL (PROBLEM CENTERED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SD NEGERI 57 BANDA ACEH
Abstract
Menulis merupakan suatu keterampilan yang tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar yang berlangsung di sekolah. Hal ini dikarenakan dalam silabus mata pelajaran bahasa Indonesia dicantumkan empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh anak didik, yaitu keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pembelajaran model PCL (Problem Centered Learning), di mana penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 57 Banda Aceh Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes menulis cerpen, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat kreativitas menulis cerpen dan pengaruh model PCL terhadap kreativitas menulis cerpen siswa kelas V SD Negeri 57 Banda Aceh. Dalam menilai kreativitas menulis cerpen ada beberapa aspek yaitu :tema cerpen, tokoh/penokohan, alur cerita, latar cerita, sudut pandang, gaya bahasa, amanat. Berdasarkan hasil pada observasi awal yang dilakukan nilai persentase siswa sebesar 50,25%, artinya kreativitas menulis cerpen siswa kelas V “Cukup Kreatif). Sedangkan hasil pembelajaran menggunakan model PCL yang dilakukan nilai persentase siswa sebesar 89,95%, artinya kreativitas menulis cerpen siswa kelas V “Sangat Kreatif). Hal ini terlihat bahwa pembelajaran model PCL dapat menambah kreativitas menulis cerpen kelas V SD Negeri 57 Banda Aceh. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa diperoleh nilai Ho (ttabel) dengan derajat kebebasan 29 - 2 (dk = 27) pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah sebesar 1,70 dan nilai Ha (thitung) adalah sebesar 54,77. Dimana di ambil keputusan jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya adanya pengaruh model PCL terhadap kreativitas menulis cerpen pada siswa kelas V SD Negeri 57 Banda Aceh dan jika thitung < ttabel maka Ho diterima artinya tidak adanya pengaruh model PCL terhadap kreativitas menulis cerpen pada siswa kelas V SD Negeri 57 Banda Aceh. Dengan demikian di ambil kesimpulan maka 54,77 > 1,70, artinya terdapat adanya pengaruh model PCL terhadap kreativitas menulis cerpen pada siswa kelas V SD Negeri 57 Banda Aceh.
Keywords
Pembelajaran, Model PCL, Kreativitas Menulis Cerpen
References
Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsiasari A. 2019. Penerapan Pendekatan Problem Centered Learning untuk Meningkatkan Persistence (Kegigihan) Matematis Siswa Di Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 1 no 2. 34-45.
Asrinan S. 2020. Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning (PCL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VII SMPN 5 Parepare. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1. No 1. 39-44.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fauziah S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp. Skripsi. Bandung universitas pasundan.
Hamdu G, Agustina L. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasibelajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96
Hamzah S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berpusat Masalah (Problem Centered Learning) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII. Skripsi UNG.
Hayati, N. (2019). Pengaruh Metode Problem Centred Learning (Pcl) Terhadap Hasil Belajar. Mubtada, 2(2).
Istova M, Hartati T. 2016. Pengaruh Media Film Animasi Fiksi Islami UntukMeningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1) : 72 - 86.
Kurniawan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK. Skripsi.
Kusmana S. 2014. Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Ombak.
Marlini C, Fuad Z A. 2019. Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa. Vol 6. No 2. 277-289.
Marlini C. 2018. Penerapan Strategi Preview, Question, Read, Summarize, Test (Pqrst) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Di Kelas IV SD. Jurnal Tunas Bangsa. Vol 5. No 2. 200-206.
Marlini C. 2018. Penerapan Strategi Preview, Question, Read, Summarize, Test (Pqrst) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Di Kelas IV SD. Jurnal Tunas Bangsa. Vol 5. No 2. 200-206.
Nihayaturrohmah S. 2018. Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered HeadTogether (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 3. No 1. 60-75.
Nurkholia. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. No 1. Vol 1. 24-44.
Pritandhari M. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.Vol 5. No 1. 47-56.
Puspitasari E H, Rustono, Bakti H. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dengan Bahasa Sendiri Melalui Media Film Dongeng Pada Peserta Didik Kelas VII B MTS Mu'allimin Malebo Temanggung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Vol 3. No 1. 1-8.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta :Rineka Cipta.
Suparno. 2011. Bagaimana Menulis Lintas Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti.