ANALISIS KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN LEGO PADA ANAKKELOMPOK B5 DI TK POTEUMEUREUHOM BANDA ACEH
Abstract
Kreativitas anak belum berkembang secara optimal, dilihat dari proses belajar anak yang belum memiliki ciri-ciri kreativitas seperti belum terbuka terhadap bermacam pengalaman baru, belum berani bebas dalam menyatakan pendapat, belum mempunyai rasa ingin tahu yang besar, belum memiliki minat yang sangat luas dan berbagai macam ciri kreativitas lainnya. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan kreativitas anak melalui bermacam bagai permainan yang ada disekolah. Salah satu cara mengupayakan untuk meningkatkan kreativitas anak yaitu dengan permainan lego. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti sebuah penelitian yang berjudul “Analisis Kreativitas Anak Melalui Permainan Lego Pada Anak kelompok B5 di TK Poteumeureuhom Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis kreativitas anak melalui permainan lego pada anak kelompok B5 di TK Poteumeureuhom Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas B5 di TK Poteumeureuhom Banda Aceh dan observasi anak sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa gambaran kreativitas dapat berkembang seiring dengan berjalannya waktu dalam proses pengasahan yang dilakukan berulang-ulang kegiatan ini dilakukan dengan cara duduk melingkar, di mana guru memberi lego, anak bebas memilih warna lego dan anak diberi kebebasan untuk mengungkapkan ide ataupun gagasan untuk menciptkan suatu bentuk. Hasil observasi menunjukkan bahwa kreativitas anak 13% belum berkembang, 27% mulai berkembang, 40% berkembang sesuai harapan dan 20% berkembang dengan sangat baik.
Keywords
Kreativitas Anak, Permainan Lego
References
Aisyahsiti. 2013. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini. Tanggerang selatan: Universitas Terbuka.
Kajian Teori Dan Praktik). Nganjuk: Adjie Media Nusantara.
Anita, Yus. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ardini, P. P & Anik, . 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini ( Sebuah Ardy, Novan Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT. Gava Media.
Augusta. 2012. Pengertian Anak Usia Dini [online] .
Diakses, 20 januari 2022.
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Diswiko, Evin. 2020. Pengaruh Permainan Lego Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia -6 Tahun di PAUD Melati Desa Martapura Kec. Sikap Dalam. (Tidak Diterbitkan) Online. Talbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Bengkulu
Fathurrhman, Muhammad. 2017. Belajar & Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.
Fadillah, Muhammad & Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Ana Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hayati, Fitriah. 2016. Peningkatan Kreativitas Bermain Musik Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Barang Bekas di PAUD An-Nur Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 1, No 2.
J. Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Jamaris, Martini. 2010. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Gramedia
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyasa. 2012. MANAJEMEN PAUD. 2012. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Oktariana, Riza. 2016. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Pasir Pada Anak Kelompok Bermain DI paud Ar-Rahmah Samahani Aceh Besar. Jurnal Buah Hati. Vol 3, No 2.
Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Rocmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Sukses Offset.
Rifa'i, A dan Anni, C.T.2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Rachma Fajri, Okky. 2015. Hubungan Tingkat Penggunaan Teknolgi Mobile Gadget dan Eksistensi Permainan Tradisional Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Idea Societa. Vol 2 N o 6.
Salmiati. 2022. Pengaruh Permainan Lego Terhadap Kemampuan Matematika Anak Usia Dini 5-6 tahun di TK IT Syeikh Abdurrauf Banda Aceh. Jurnal Mahasiswa Pendidikan. Vol 2, No 1.
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alabeta.
Sujiono , Yuliani Nurani dan Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: indeks.
Syafrina, Rizqi dan Endang Adiningsih, Vivi. 2020. Efektivitas Bermain Lego Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Berikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun. Motiva: Jurnal Psikologi. Vol 3, No 1.
Trinova, Zulvia. 2012. Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. file:///C:/Users/Kelas%203/Downloads/55-161-1-PB.pdf. Diunduh 26 Januari 2022.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Indonesia, Presiden Republik. "Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional." (2003).
Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.