PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG TERHADAP KEMAMPUAN KESEIMBANGAN MOTORIK KASAR PADA SISWA KARANG JADI KABUPATEN BENER MERIAH
Abstract
Egrang merupakan salah satu dari sekian banyak permainan tradisional Indonesia yang perlu dilestarikan dan dipertahankan keberadaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan (action research) merupakan penelitian pada upaya pemecahan masalah atau perbaikan yang dirancang menggunakan metode penelitian tindakan (classroom action research) yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Hasil penelitian bahwa permainan egrang bathok kelapa dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar Siswa SDN Karang Jadi Kabupaten Bener Meriah. Peningkatan keterampilan motorik kasar dapat dilihat dari hasil penelitian keseimbangan anak pada kondisi awal sebesar 10%, pada siklus I mengalami peningkatan, keseimbangan anak menjadi 60%, pada siklus II mengalami peningkatan, keseimbangan anak menjadi 100%. Kekuatan anak pada kondisi awal sebesar 10%, pada siklus I mengalami peningkatan, kekuatan anak menjadi 60%, pada siklus II mengalami peningkatan, keseimbangan anak menjadi 80%.
Keywords
Permainan Tradisional Egrang, Motorik Kasar, Siswa SD Negeri Karang Jadi
References
DAFTAR PUSTAKA
Amalina, S. N., & Haida, R. N. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Batatampurungan Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Harapan Masa Banjarmasin. JEA (Jurnal Edukasi AUD).
Arikunto, S. (2002a). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017.
Arikunto, S. (2002b). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017.
Ashari, M. A. (2019). Perbandingan Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Hadang, Terompah Panjang, Egrang terhadap Peningkatan Daya Tahan, Kecepatan, dan Keseimbangan …. Jurnal Penjaskesrek.
Anita Faradilla Rahim. 2015. Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Tempurung Kelapa Terhadap Keseimbangan Anak Usia Dini 4 – 6 Tahun. Jurnal. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Endang Rini S. 2011. Diklat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK UNY
Devrizal, Rini, R., & Fatmawati, N. (2019). Permainan Tradisional Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak di PAUD Cahaya Kartini Bandar Lampung. JPA - Jurnal Pendidikan Anak, 5(2).
Hasanah, U. (2016). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Harun Rasyid. 2010. Assesment Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Hurlock, B. Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. (Terjemahan : Med
Meitsari Tjandrasa). Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama
Khusnul laely, D. yudi. (2015). Pengaruh permainan egrang tempurung kelapa terhadap peningkatan kecerdasan kinestetik anak. Jurnal Empowerment, 3(1).
Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.
Maulana, D. A., Sugiyanto, & Riyadi, S. (2021). Nilai-nilai Keolahragaan Dalam PermainanTradisional “ Main Jaran ” Pada Masyarakat Sumbawa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 1(1).
Nova, & Wati, D. E. (2019). Peran Orang Dewasa Dalam Stimulasi Motorik Kasar Pada Anak Delayed Walking (Keterlambatan Berjalan). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Okwita, A., & Sari, S. P. (2019). EKSISTENSI PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG PADA MASYARAKAT MONGGAK KECAMATAN GALANG KOTA BATAM. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1). https://doi.org/10.33373/j-his.v4i1.1720
Prasetio, P. A., & Praramdana, G. K. (2020). GOBAK SODOR DAN BENTENGAN SEBAGAI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES BERBASIS KARAKTER PADA SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2858
Rahmawati, W., & Sulistyawan, A. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Terhadap Keseimbangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Ilmu Kesehatan, 1(1).
S., T. S., Nasirun, M., & D, D. (2020). Aplikasi Gerak Lokomotor Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Kelompok B1. Jurnal Ilmiah Potensia, 5.
Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Wahyu Wijayanti, N. (2021). implementasi permainan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Cendekiawan, 3(1). https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i1.218
Yono, T. (2020). Traditional Sport: Student's Perception on the Importance to Continue It. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200305.024
Iskandar. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung persada Press
Jannah, Raodotul. 2011. Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainya.
Yogyakarta: Diva Press
Mulyasa. 2010. Kurikulum (Konsep, Karakteristik dan Implementasi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Priatiningsih. 2011. Pengembangan Instrumen Penilaian. Semarang: Depdiknas
Rochiati Wiriaatmadja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Samsudin. 2011. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Litera. Sri Prihatini Puspitowati .2012. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Kelompok B di TK Pertiwi Sribit Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal. Prodi Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Srakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani dkk. 2011. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukadiyanto. 2010. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung
Sumantri. 2010. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.
Jakarta : Depdiknas
Suyadi. 2013. Panduan penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press
Toho Cholik Mutohir dan Gusril. 2010. Perkembangan Motorik pada Masa Anak- anak. Jakarta: Depdiknas.
Wardani, Sri. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional PPPPPTK Matematika.
Wulansari. 2012. Penggunaan Permainan Tradisional Egrang Batok untuk meningkatkan motorik kasar Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Driyorejo II. Gresik. Jurnal. Prodi S 1 PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Yudha M. Saputra. 2010. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas
Suwarsih Madya. 2006. Teori dan Taktik Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Alfabeta