PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL SISWA KELAS IA DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH
Abstract
Belajar dan pembelajaran dikatakan sebuah bentuk edukasi yang menjadikan adanya suatu interaksi antara guru dengan siswa. Pengertian belajar sendiri dimaknai sebagai proses perubahan perilaku sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungannya. Perubahan perilaku terhadap hasil belajar bersifat continiu, fungsional, positif, aktif, dan terarah. Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan guru, dengan bahan pelajaran, metode penyampaian, pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan pengumpulan data kemampuan membaca siswa, angket respon siswa dan dokumentasi penelitian. Tujuan dari penelitian ini pengaruh penerapan media Busy Book pada kemampuan membaca awal dan kemenarikan media busy book siswa kelas IA di SD Negeri 10 Banda Aceh. Berdasarkan berdasarkan hasil respons siswa terhadap media busy book nilai rata – rata hasil responden sebesar 46,72. Dari hasil tersebut diperoleh persentase sebesar 93,44%. Maka dar hasil angket respons siswa diketahui “Sangat Menarik”. Sedangkan Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa, diperoleh skor pada pre test sebesar 31,55 dan skor pada pos test sebesar 42,38, dari hasil tersebut diperoleh nilai tabel dengan derajat kebebasan 18 - 2 (dk = 16) pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah sebesar 1,73 dan nilai terhitung sebesar 27,79,. Hal ini berarti bahwa 27,79 > 1,73. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran busy book terhadap kemampuan membaca awal siswa kelas IA di SD Negeri 10 Banda Aceh. Oleh karena itu penerapan media pembelajaran busy book terhadap kemampuan membaca awal siswa kelas IA di SD Negeri 10 Banda Aceh dapat digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan antusias anak yang tinggi pada saat penggunaan media pembelajaran busy book.
Keywords
Pembelajaran, Media busy book, kemampuan membaca
References
DAFTAR PUSTAKA
Afrianti, Y. dan A. Wirman. 2020. Penggunaan Media Busy Book Untu Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4 No. 2.
Annisa, D, Nur M, B. 2016. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Alat Permainan Edukatif Busy Book Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Anak: Repository.Upi.Edu
Arikunto S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RinekaCipta
Azhar, Arsyad. 2019. Media Pembelajaran. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Citra, P. dkk. 2021. Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. Vol. 4 No 1.
Dalman. 2017. Ketrampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Nurani Sejahtera.
Endah,P. dkk. 2020. Penggunaan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Junal Kumara Cendekia. Vol. 8 No. 2 .
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakanke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hidayah, N. 2018. Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas II C Semester II Di Min 6 Bandar Lampung T.A 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 3 No. 1.
Ibrahim, I, Gunawan, G & Kosim, K. 2020. Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar Mipa, (online). Vol. 15 No. 3. (http://doi,org/10.29303/jpm.v15i3.1878, di akses 14 Desember 2021)
Ikawati, Erna. 2013. Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Logaritma. Vol. I No. 2
Irsalina .Y, dkk. 2020. Pengembangan Media Busy Book Berbasis Metode Global Pada Pembelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vo.l 9 No 4.
Karina dan Vega. 2017. Smart Practice Book: Membaca, Menulis Huruf, Angka, dan Kata. Jakarta: Cikal Aksara.
Marlini. C dan Rismawati. 2019. Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa. Vol. 6 No. 2.
Miratul, H. dkk. 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Busy Book di TK B Hikari, Serpong, Tangerang Selatan. Jurnal Islamic Early Childhood Education. Vol. 4 No 1.
Mufliharsi. R. 2017. Pemanfaatan Busy Book Pada Kosa Kata Anak Usia Dini Di Paud Swadaya Pkk. Jurnal Universitas PGRI Indraprasta. Vol. 5 No 2.
Nasra, Jasruddin, Tawil. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Contexstual Teaching And Learning (CTL) Untuk Motivasi Dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Balocci Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 5 No. 2
Rayanda. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Retnawati, H. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing
Safitri, D. dkk. 2019. Penggunaan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B1 Di Ra Panglima Sudirman Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 2 No 2.
Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dirpantara.
Sara, W. 2018. Penggunaan Busy Book dalam Upaya Menikatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini di Era Milenal. Jurnal SENDIKA FKIP UAD. Vol. 2 No 1.
Slamet, S,Y. 2017. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah Dan Kelas Tinggi SekolahDasar. Surakarta: UNS Press
Sudijono, A. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajawaliPers
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ALFABETA
Sujarweni, W. 2019. METODOLOGI PENELITIAN. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS
Tarigan, H,G. 2016. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Taufina, M . 2016. Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar. Bandung: Cv. Angkasa
Ulfah. A. A dan Rahmah E. 2020. Pembuatan Dan Pemanfaatan Busy Book Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Untuk AnakUsia Dini Di Paud Budi Luhur Padang. Jurnal Kumara Cendekia. Vol. 8 No 1.
Widiyati, E. 2013. Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku Cerita Binatang dan Permainan Bahasa Siswa Kelas II SD Plus Al-Anwar Pacul Gowang Jombang. Jurnal Pendidikan Humaniora. Vol. 1 No. 4.
Wulandari, E. dkk. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1/A SD Negeri 32 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan. Vol. 1 No. 1.
Eni.s.K. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cuaca Kelas III SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2021/2022”. Jurnal Semnaspssh. Vol 1
Fatmawati, Nurul Mutaqqin dan Nelly Manik (2022) dalam penelitiannta dengan judul “Pengaruh Media Busy Book Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III di SDN Kohod 2 Kabupaten Tangerang” Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 4 No 5