PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS 5 SDN 5 SILIH NARA
Abstract
Kualitas pembelajaran merupakan suatu ukuran yang menunjukkan seberapa tinggi kualitas interaksi antara pendidik dengan peserta didik yang terjadi dalam tempat pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik penggunaan media permainan edukatif yang dapat menarik minat siswa dalam proses pemeblajaran, ragam media pembelajaran permainan edukatif yang dapat digunakan, salah satunya media teka teki silang. Tujuan penelitian ini dapat mengetahui lebih jelas deskripsi pengembangan media teka-teki silang dan efektif atau tidaknya pengembangan media pada tema lingkungan sahabat kita di Kelas 5 SDN 5 Silih Nara. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development). Sedangkan model yang digunakan adlah model ADDIE. Hasil penelitian dengan skala besar, dari tanggapan ahli media, design dan bahasa, perolehan nilai dengan kriteria sangat layak yaitu 91,67 dan penilaian siswa terhadap media teka-teki silang melalui angket/kuesioner mendapatkan total rata-rata “Sangat Baik” hal tersebut dapat dilihat pada rata-rata skor keseluruhan 3.88. Jika berpedoman pada rentang nilai, angka 3.26-4.00 mendapat kriteria “Sangat Baik”. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media teka-teki silang dapat digunakan dengan baik serta dapat menjadi media pada semua pelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: Teka Teki Silang, Motivasi Belajar
Keywords
Teka Teki Silang, Motivasi Belajar
References
DAFTAR PUSTAKA
Ainul M. 2021. Pemanfaatan Media Teka Teki Silang Untuk Meningkatkan
Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smk Smti Padang: Jurnal
Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 8 (1). 35-50.
Aisyah S, Kristiantari G M, Wiarta W. 2022. Pengembangan Media Teka-Teki
Silang Tematik Tema Indahnya Kebersamaan Dalam Keragaman Untuk
Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 1. No. 3. 194-
199.
Aminah M. 2018. Implementasi Model ADDIE Pada Education
Gamepembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada Smpnegeri 8
Pagaralam. Jurnal Ilmiah Betrik, Vol.09, No.03. 152-162.
Anita S, Indana S, Budijastuti W. 2020. Penggunaan Media Teka Teki Silang
(TTS) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X
Sma Swasta Karanu Waikabubak Sumba Barat Pada Materi Invertebrata.
Skripsi
Ardilla N. 2020. Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan
Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa
Kelas V SD Negeri Kip. Maccini Makassar. Skripsi
Arikunto S . 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Davis, TM. 2009. Reviewing for exams: do crossword puzzle help in the
successof student learning. Journal of Effective Teaching. Vol 9. No 2: 4-
10.
Ernawati. 2020. Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untukmeningkatkan Minat
Belajar Siswa Dikelas V Mis Sp.Lanting Sinabang. Skripsi
Hamdani A R. 2015. Pengaruh Blended Model Problem Based Learning Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada
Materi Daur Air. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1. No 1:48-
66
Helminsyah, Fuad Z A, Subhananto A, Agustina M. 2020. Penggunaan Media
Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Islam
Laboratorium Aceh Besar. Jurnal Tunas Bangsa. Vol 7. No 2:252-265.
Ismail A, 2006. Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan
Edukatif), (Yogyakarta: Pilar Media,).
Martina K, Tegeh M, Sukmana I W. 2018. Pengembangan Media Strip Comic
Dengan Model ADDIE pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan
Motivasibelajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Sari Mekar. Jurnal
EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 6 No. 2. 245-255.
Munandar H. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd)
Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal
Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 03, No.01. 27-37.
Munandar H. 2018. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Prodi
Pendidikan Biologi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And
Learning (Ctl) Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Lantanida Journal. Vol 6.
No 1. 75-89.
Nurwidayanti D, Mukminan. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil
Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. Harmoni
Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Vol 5. No 2:105-114.
Rasdawati. 2014. Meningkatkan hasil belajar IPA dengan mengoptimalkan
pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar kelas IV di
MAN ParigiKecamatan Sausu Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal kreatif
Taduko Online. FKIPUNTAD
Ratri, Safitri Yosita. 2018. Media Sederhana Pembelajaran IPS Di Sekolah
Dasar.Yogyakarta: Uny Press.
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek
Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana
Saputri D.Y, Rukayah R.R, Indriayu M.I. 2018. Integrating Game-Based
Interactive Media As Instructional Media: Students' Response. Journal Of
Education And Learning (Edulearn). Vol.12. No.4. 638-643.
Subhananto. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Bilingual Pada Materi
Persegi Dan Persegi Panjang Kelas 7 Semester 2 Tahun Pelajaran
2010/2011. Tunas Bangsa. Vol 6. No 1. 34-50.
Sugiyono. 2010 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tabany, Trianto. 2015. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak
Usia Dini TK/RA dan anak Kelas Awal SD. Jakarta: Prenada media Group
Winarsih, Varia. (2009) Psikologi Pendidikan. Medan: Latansa Pers
Wulan P JD, Suwatra W, Jampel N. 2015. Pengembangan Media Permainan
Edukatif Teka-Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakterpada Mata
Pelajaran IPS. Jurnal