UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Simehate, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS 5 SDN 5 SILIH NARA (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1486.
Simehate, Rossamina. “PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS 5 SDN 5 SILIH NARA.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2022, https://repository.bbg.ac.id/handle/1486.

PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS 5 SDN 5 SILIH NARA

Thumbnail

View/Open

F0818068W.pdf (546 KB)

Issue Year

2022

Author(s):

Rossamina Simehate

Abstract

Kualitas pembelajaran merupakan suatu ukuran yang menunjukkan seberapa tinggi kualitas interaksi antara pendidik dengan peserta didik yang terjadi dalam tempat pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik penggunaan media permainan edukatif yang dapat menarik minat siswa dalam proses pemeblajaran, ragam media pembelajaran permainan edukatif yang dapat digunakan, salah satunya media teka teki silang. Tujuan penelitian ini dapat mengetahui lebih jelas deskripsi pengembangan media teka-teki silang dan efektif atau tidaknya pengembangan media pada tema lingkungan sahabat kita di Kelas 5 SDN 5 Silih Nara. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development). Sedangkan model yang digunakan adlah model ADDIE. Hasil penelitian dengan skala besar, dari tanggapan ahli media, design dan bahasa, perolehan nilai dengan kriteria sangat layak yaitu 91,67 dan penilaian siswa terhadap media teka-teki silang melalui angket/kuesioner mendapatkan total rata-rata “Sangat Baik” hal tersebut dapat dilihat pada rata-rata skor keseluruhan 3.88. Jika berpedoman pada rentang nilai, angka 3.26-4.00 mendapat kriteria “Sangat Baik”. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media teka-teki silang dapat digunakan dengan baik serta dapat menjadi media pada semua pelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: Teka Teki Silang, Motivasi Belajar


Keywords

Teka Teki Silang, Motivasi Belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Ainul M. 2021. Pemanfaatan Media Teka Teki Silang Untuk Meningkatkan

Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smk Smti Padang: Jurnal

Pendidikan, Sains Dan Teknologi Vol. 8 (1). 35-50.

Aisyah S, Kristiantari G M, Wiarta W. 2022. Pengembangan Media Teka-Teki

Silang Tematik Tema Indahnya Kebersamaan Dalam Keragaman Untuk

Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 1. No. 3. 194-

199.

Aminah M. 2018. Implementasi Model ADDIE Pada Education

Gamepembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada Smpnegeri 8

Pagaralam. Jurnal Ilmiah Betrik, Vol.09, No.03. 152-162.

Anita S, Indana S, Budijastuti W. 2020. Penggunaan Media Teka Teki Silang

(TTS) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X

Sma Swasta Karanu Waikabubak Sumba Barat Pada Materi Invertebrata.

Skripsi

Ardilla N. 2020. Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan

Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa

Kelas V SD Negeri Kip. Maccini Makassar. Skripsi

Arikunto S . 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Davis, TM. 2009. Reviewing for exams: do crossword puzzle help in the

successof student learning. Journal of Effective Teaching. Vol 9. No 2: 4-

10.

Ernawati. 2020. Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untukmeningkatkan Minat

Belajar Siswa Dikelas V Mis Sp.Lanting Sinabang. Skripsi

Hamdani A R. 2015. Pengaruh Blended Model Problem Based Learning Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada

Materi Daur Air. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1. No 1:48-

66

Helminsyah, Fuad Z A, Subhananto A, Agustina M. 2020. Penggunaan Media

Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Islam

Laboratorium Aceh Besar. Jurnal Tunas Bangsa. Vol 7. No 2:252-265.

Ismail A, 2006. Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan

Edukatif), (Yogyakarta: Pilar Media,).

Martina K, Tegeh M, Sukmana I W. 2018. Pengembangan Media Strip Comic

Dengan Model ADDIE pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan

Motivasibelajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Sari Mekar. Jurnal

EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 6 No. 2. 245-255.

Munandar H. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd)

Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal

Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 03, No.01. 27-37.

Munandar H. 2018. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Prodi

Pendidikan Biologi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And

Learning (Ctl) Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Lantanida Journal. Vol 6.

No 1. 75-89.

Nurwidayanti D, Mukminan. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil

Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. Harmoni

Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Vol 5. No 2:105-114.

Rasdawati. 2014. Meningkatkan hasil belajar IPA dengan mengoptimalkan

pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar kelas IV di

MAN ParigiKecamatan Sausu Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal kreatif

Taduko Online. FKIPUNTAD

Ratri, Safitri Yosita. 2018. Media Sederhana Pembelajaran IPS Di Sekolah

Dasar.Yogyakarta: Uny Press.

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek

Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana

Saputri D.Y, Rukayah R.R, Indriayu M.I. 2018. Integrating Game-Based

Interactive Media As Instructional Media: Students' Response. Journal Of

Education And Learning (Edulearn). Vol.12. No.4. 638-643.

Subhananto. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Bilingual Pada Materi

Persegi Dan Persegi Panjang Kelas 7 Semester 2 Tahun Pelajaran

2010/2011. Tunas Bangsa. Vol 6. No 1. 34-50.

Sugiyono. 2010 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tabany, Trianto. 2015. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak

Usia Dini TK/RA dan anak Kelas Awal SD. Jakarta: Prenada media Group

Winarsih, Varia. (2009) Psikologi Pendidikan. Medan: Latansa Pers

Wulan P JD, Suwatra W, Jampel N. 2015. Pengembangan Media Permainan

Edukatif Teka-Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakterpada Mata

Pelajaran IPS. Jurnal

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1486

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository