PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TIME PAIR SOLO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KAJHU
Abstract
Kegiatan pembelajaran ipa belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Banyak nya siswa yang belum mencapai target kurikulum dilihat dari hasil ulangan siswa. Salah satu penyebabnya adalah karena kegiatan pembelajaran dilakukan secara konvensional. Guru berfungsi sebagai penguasa dikelas, sehingga siswa kurang aktif dalam mengemukakan argumentasi. Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran koperatif.
Keywords
Model cttps hasil pembelajaran ipa
References
Ahmadi. Abu dan nur uhbiyati, 2015 ilmu pendidikan cet ke-3, jakarta. Pt.renika cipta.
Arief,S.sadiman.dkk. 2010. Media pendidikan, Jakarta. Raja grapindo persada.
Ainurrahman. 2014 belajar dan pembelajaran cet ke-9 bandung, alfabeta.
Sudjana 2005, metode statistika , bandung, tarsito.
Sugiyono 2010, statistika untuk penelitian bandung, alfabeta.
Sugiyono 2016, metode penelitian pendidikan, bandung, alfabeta.cv.