HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE BAGI KESEHATAN PADA REMAJA AWAL DI DESA DAMA PULO SA KECAMATAN DARUL AMAN KABUPATEN ACEH TIMUR
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat yang di tandai dengan kemajuan pada bidang informasi dan teknologi. Salah satunya yaitu perkembangan smartphone yang semakin meluas. Smartphone tidak hanya beredar dikalangan usia dewasa, tetapi juga beredar dikalangan anak usia dini ataupun prasekolah. Seiring perkembangan zaman, masyarakat modern termasuk anak-anak, memang tidak bisa dilepaskan dari keberadaan smartphone yang semakin beredar luas. Sehingga saat ini tidak aneh lagi apabila anak kecil berusia balita bahkan prasekolah di zaman sekarang sudah menggunakan smartphone. Penggunaan Smartphone yang tidak tepat berdampak pada kesehatan maupun perkembangan anak serta gangguan interaksi sosial. Tujuan penelitian ini untuk hubungan peran orang tua terhadap dampak penggunaan smartphone bagi kesehatan pada remaja awal di desa Dama pulo Sa Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur tahun 2022. Metode penelitian Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional. Sampel penelitian ini sebanyak 38 responden. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chie- square. Berdasarkan uji statistik (Chi-Square), didapatkan nilai P-Value = 0,003 (0,003 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan dampak penggunaan gedget bagi kesehatan pada remaja awal di desa Dama pulo Sa Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur tahun 2022. Diharapkan kepada responden (orang tua) untuk selalu mendampingi dan mengawasi remaja ketika bermain gadget serta banyak memberikan pengarahan bagaimana menggunakan gadget yang tepat dan baik
Keywords
Peran orang tua remaja awal gadget
References
DAFTAR PUSTAKA
Adawiyah, A. 2015. Ilmu Pendidikan, Dasar - Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Agung P, 2016. “Pengaruh Gadget Terhadap Anak Dalam Interaksi Keluarga Muslim Perumahan Winong Kota Gede Yogyakarta”. Yogyakarta: Sosiologi Agama Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Arikunto, (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Brauner & Stephens, 2016. Contributions of Mother-Child Storybook Telling and Joint Writing to Literacy Development in Kindergartners With Hearing Loss. Language, Speech, and Hearing Service in Schools , 37, 209-223.
Creswell, 2014, Riset Perencanaan, dan evaluasi riset kualitatif dan kuantitatif Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar . Jakarta
Darmono 2012. Strategi Pembelajaran. Insan Madani. Yogyakarta.
Derry 2014. Bila SI Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Fakto-Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Bisakimia: Jakarta.
Doni H, 2015. "Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di Sma N 1 Semarang." Journal of Educational Social Studies (2015).
Eko A, 2013. Perilaku Anak Bermain Menggunakan Gadget Tablet ( Studi Deskriptif Peran Orang Tua Dalam Perilaku Anak Bermain Gadget Tablet Terkait Antropologi Pendidikan Di Kelurahan Dukuh Sutorejo Surabaya: Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.
Feliana, 2016. Peran Orang Tua Dalam Penanggulangan Dampak Negatif Handphone Pada Anak Studi Di Smpn 5 Yogyakarta ”. Yogyakarta: Studi Sosiologi Jurusan Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2016.
Gunawan dkk, 2013. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga, Akademia Permata Jakarta.
Hasanuddin, 2013. Cakrawala Kuliah Agama, Al-Ikhlas, Surabaya
Hasbullah, 2014. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Hidayat 2014. Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
Ismanto, 2015. Persepsi Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, 2016.
Juraman 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt RajaGrafindo Persada.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan
Manumpil, dkk 2015. Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma N 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan ”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Mardhi 2015. Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini (Studi di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung Bandar Lampung
Moh Pabundu Tika, 2013. Metode Penelitian Geografi.Jakarta: Bumi Aksara.
Notoatmodjo, 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi Cetakan Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.
Novijantie, L. 2013. Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana
Nursalam, 2013. Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Oka, 2017. Media dan multi media pembelajaran”. Yogyakarta: cv budi utama.
Priyatno 2014. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media
Purwanto, 2013. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, PT Remaja Rosdakarya,..
Sahara E, 2013. Upaya Membangun Keluarga Harmonis Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2013.
Saryadi, 2013. Ilmu Keperawatan Klien Anak. Bandung : Gramedia
Shofiah, 2016. Pengaruh Penggunaan Android Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Viii Smp 3 Kepanjeng Malang”. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik.
Soekamto, 2013. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
Sugiyono 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sumantri, 2015. Dampak Positif Penggunaan Gadget Bagi Anak, Di unduh pada 21 November 2017 dari http://www.satuharapan.com/life/8-dampak- positifpenggunaangadget-bagi-anak
Toni Pransiska, 2015. Pengaruh sistem operasi mobile android pada anak usia dini. jurnal pengaruh system operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal Pengaruh Sistem Operasi Mobile Android Pada Anak Usia Dini. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makasar.
Uswatun, 2015. Dari literasi dini ke literasi teknologi. Jakarta: Yayasan CREST.
Viva, 2016. “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini”. (Online). http://fuadefendi.blogspot.in/2014/01/pengaruh-gadget-terhadap- perkembangan.html.
WahyonoTeguh , 2009. 25 Model Analisis Statistik dengan SPSS 17; Gramedia. Jakarta
Wijayaningsih 2013. Wijayaningsih, Kartika Sari. 2013. Asuhan Keperawatan Anak. Trans Info Media: Jakarta.
Wong, 2013. Buku ajar keperawatan pediatric. (alih bahasa: andry hartono,dkk).jakarta: selemba medika
Zakiah, 2014. Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, Cet. X, 2014.