UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Handayani, F. (2022). SURVEY MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SD 57 BANDA ACEH PADA MASA PANDEMI COVID (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1435.
Handayani, Fitri. “SURVEY MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SD 57 BANDA ACEH PADA MASA PANDEMI COVID.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2022, https://repository.bbg.ac.id/handle/1435.

SURVEY MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SD 57 BANDA ACEH PADA MASA PANDEMI COVID

Thumbnail

View/Open

F0417009W.pdf (612 KB)

Issue Year

2022

Author(s):

Fitri Handayani

Abstract

Model pembelajaran perlu ditanamkan secara maksimal sejak awal, sebelum proses pembelajaran dilakukan oleh karenanya diperlukan peran guru untuk membentuk karakter anak. Penelitian ini bertujuan agar model – model pembelajaran yang diberikan pada masa pandemi berjalan dengan lancar dan efektif digunakan untuk proses pembelajaran dan untuk menganalisis kendala apa yang di hadapi guru dalam proses pembelajaran di Sd Negeri 57 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang menjadi subjek penelitian adalah guru penjasorkes,kepala sekolah dan siswa. Data yang dikumpulkan melalui tehnik wawancara dan didukung dengan data observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan model dari miles dan humbernam dalam sugiyono yaitu pengumpulan data , reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Guru sudah berperan baik dalam proses pembelajaran dengan model yang sangat efektif digunakan pada masa pendemi covid. 2. Guru penjasorkes pun sudah membuat anak senang dan aktif dalam proses pembelajaran . 3. Kendala yang dihadapi untuk saat ini belum ada tapi tidak tahu kedepannya bagaimana karena proses belajar masa pandemi bisa seakan – akan berubah jadi kita sebagai guru harus selalu kreatif untuk menggunakan model pembelajaran agar anak- anak tidak bosen saat proses pembelajaran.


Keywords

Survey, Model Pebelajaran, Penjasorkes

References

Ahmadi, L. K. & Sofan, A. 2014. Pengembangan & model pembelajaran tematik integratif.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Amung Ma'mun, Yudha dan M. Saputra. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta :Rineka Cipta.

Asmuni, A. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid- 19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.

dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto dan Raharjo Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar.2001. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Joiyce, Bruce, Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Model Of Teching , Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonsesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820.

Kusmiyati, K. 2017. Diagnosis Kesulitan Komponen Utama Keterampilan Mengajar Pendidikan Jasmani pada Mahasiswa STKIP Darussalam Cilacap. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 76-88. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/619.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Metzler,Michael.W.2000. Instructional Model For Physical Education.Massachusetts: Allyn & Bacon.

51

Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Alternatif Pengembangan dan Implementasi Model Pembelajaran dalam Pengajaran Penjas, Bandung: FPOK UPI

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. 2011. E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education

Pakpahan., dan Yuni Fitriani. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Universitas Bina Sarana Informatika.

Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahmawati, D. S 2009. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa PJJ S1 PGSD Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang: Semarang

Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32.

Rosdiani, Dini. 2012. Model Pembelajaran langsung Dalam Pendidikan Jasmani

Rusman, Model-Model Pembelajaran ,Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016), h. 133.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT Grafindo Persada.

Saefuddin, Aziz, Ika Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES, 2008.

Sopian,A. 2016. Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Sugandi, Ahmad, dkk. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Perss.

Sugiyono, Survei untuk Penelitian , Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. 2020. Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Suryanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga

Syarifudin, A. S. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafonao,T. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Tsalasa, Ahmad Nashir. Pembelajaran Bertaraf Internasionaldi Sma Semesta Bilingual Boarding School Gunungpati Semarang (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Hasil Belajar). Skripsi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Warsita. 2007. ”Peranan TIK Dalam penyelenggaraan PJJ”. Jurnal Teknodik. April 2007. Nomor 20: 9 – 41. Jakarta: Pustekkom depdiknas.

Yunyun dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Pendidikan Jasmani.Universitas Pendidikan Indonesia: FPOK.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1435

Collections

  • Final Year Projects S1 PENJAS

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository