HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN PERAWAT DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN 2021
Abstract
kepribadian manusia muncul dikarenakan adanya benturan-benturan, stimulus-stimulus dan segala hal yang dia peroleh dari lingkungan sekitarnya. Kepribadian manusia menjadi dasar munculnya tingkah laku tertentu pada manusia. Kepuasan pasien adalah keluaran dari layanan kesehatan dan suatu perubahan dari sistem layanan kesehatan yang dilakukan tidak mungkin tepat sasaran dan berhasil tanpa melakukan pengukuran kepuasan pasien. pelayanan keperawatan merupakan sub sistem dalam sistem pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sudah pasti punya kepentingan untuk menjaga mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan Tipe Kepribadian Perawat dan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan di Puskesmas Tanah Luas. Jenis Penelitin yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 520 responden yang datang berobat ke Puskesmas Tanah Luas. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 07 - 30 Juli 2021 dengan sampel sebanyak 35 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan acidental sampling, berdasarkan hasil uji chi square didapat bahwa tipe kepribadian perawat terhadap pelayanan keperawatan dengan nilai p value 0,005 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan tipe kepribadian terhadap pelayanan keperawatan, sedangkan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan dengan nilai p value 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.
Keywords
Tipe Kepribadian Perawat, Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan
References
Ariani. (2018). Hubungan Tipe Kepribadian Dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Caring Perawat. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti. No 6 Vol 2
Budiono. (2016). Konsep Dasar Keperawatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Fatmasari. (2019). Psikologi Kepribadian. Semarang : UNDIP Press.
Hartono. (2018). Psikologi. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Indrasari. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Surabaya : Unitomo Press
Kosegeran et al. (2019). Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Kinerja Perawat Di Ruangan Rawat Inap RSU Gmim Bethesda Tomohon. journal Keperawatan Volume 7. Nomor 1.
Masturoh, Anggita. (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Nurdin, Hartati. (2019). Buku Metodelogi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia. Surabaya.
Pardede, J. A., & Simamora, M. (2019). Caring Perawat Berhubungan dengan Kecemasan Orangtua yang Anaknya Hospitalisasi. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 2(2), 171–178 Richma. (2018). Dimensi Psikologis Manusia.
Pangganti, R.A. (2019). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di RSUD Water. Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Rafikanur. (2018). Peran Perawat Dalam Pemebrian Asuhan Keperawatan Di Pelayanan Kesehatan. osf.io/pnk2c. Siregar/197046003/rafikanur47@gmail .com
Susiana, E., Wahyuni, E. D., & Asmoro, C. P. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pendokumentasian Asuhan Keperawatan. Fundamental and Management Nursing Journal, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.20473/FMNJ.V2I1.12340 (Rafikanur, 2018)
Siyanto, Sodik. (2015). Dasar metodelogi penelitian. Literasi Media Publishing. Yogyakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Valentina, B.M., Lumbantobing, Susilaningsih, F.S., Dadi. (2019). Perilaku Caring Perawat Pelaksana Rawat Inap Rumah Sakit Kabupaten Indramayu. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik. Vo. 15, No.2.
Wulandari. (2018). Skripsi Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pengendalian Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Haji Makassar. Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Keperawatan. Universitas Hasanuddin. Makassar.