UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Candra, F. (2021). HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN PERAWAT DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN 2021 (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1407.
Candra, Fahmi. “HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN PERAWAT DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN 2021.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1407.

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN PERAWAT DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN 2021

Thumbnail

View/Open

F1217003W.pdf (507 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Fahmi Candra

Abstract

kepribadian manusia muncul dikarenakan adanya benturan-benturan, stimulus-stimulus dan segala hal yang dia peroleh dari lingkungan sekitarnya. Kepribadian manusia menjadi dasar munculnya tingkah laku tertentu pada manusia. Kepuasan pasien adalah keluaran dari layanan kesehatan dan suatu perubahan dari sistem layanan kesehatan yang dilakukan tidak mungkin tepat sasaran dan berhasil tanpa melakukan pengukuran kepuasan pasien. pelayanan keperawatan merupakan sub sistem dalam sistem pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sudah pasti punya kepentingan untuk menjaga mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan Tipe Kepribadian Perawat dan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan di Puskesmas Tanah Luas. Jenis Penelitin yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 520 responden yang datang berobat ke Puskesmas Tanah Luas. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 07 - 30 Juli 2021 dengan sampel sebanyak 35 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan acidental sampling, berdasarkan hasil uji chi square didapat bahwa tipe kepribadian perawat terhadap pelayanan keperawatan dengan nilai p value 0,005 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan tipe kepribadian terhadap pelayanan keperawatan, sedangkan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan dengan nilai p value 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.


Keywords

Tipe Kepribadian Perawat, Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan

References

Ariani. (2018). Hubungan Tipe Kepribadian Dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Caring Perawat. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti. No 6 Vol 2

Budiono. (2016). Konsep Dasar Keperawatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Fatmasari. (2019). Psikologi Kepribadian. Semarang : UNDIP Press.

Hartono. (2018). Psikologi. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Indrasari. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Surabaya : Unitomo Press

Kosegeran et al. (2019). Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Kinerja Perawat Di Ruangan Rawat Inap RSU Gmim Bethesda Tomohon. journal Keperawatan Volume 7. Nomor 1.

Masturoh, Anggita. (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Nurdin, Hartati. (2019). Buku Metodelogi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia. Surabaya.

Pardede, J. A., & Simamora, M. (2019). Caring Perawat Berhubungan dengan Kecemasan Orangtua yang Anaknya Hospitalisasi. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 2(2), 171–178 Richma. (2018). Dimensi Psikologis Manusia.

Pangganti, R.A. (2019). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di RSUD Water. Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Rafikanur. (2018). Peran Perawat Dalam Pemebrian Asuhan Keperawatan Di Pelayanan Kesehatan. osf.io/pnk2c. Siregar/197046003/rafikanur47@gmail .com

Susiana, E., Wahyuni, E. D., & Asmoro, C. P. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pendokumentasian Asuhan Keperawatan. Fundamental and Management Nursing Journal, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.20473/FMNJ.V2I1.12340 (Rafikanur, 2018)

Siyanto, Sodik. (2015). Dasar metodelogi penelitian. Literasi Media Publishing. Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Valentina, B.M., Lumbantobing, Susilaningsih, F.S., Dadi. (2019). Perilaku Caring Perawat Pelaksana Rawat Inap Rumah Sakit Kabupaten Indramayu. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik. Vo. 15, No.2.

Wulandari. (2018). Skripsi Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pengendalian Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Haji Makassar. Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Keperawatan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1407

Collections

  • Final Year Projects S1 KEPERAWATAN

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository