EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKS EDITORIAL MENGGUNAKAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XII MIA 1 SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR
Abstract
Berdasarkan pengamatan terhadap peserta didik kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar ditemukan beberapa kendala yaitu pembelajaran didominasi oleh guru, guru kerap memberikan penugasan, peserta didik kurang aktif dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar menjadi kurang optimal. Disamping itu, dari perolehan nilai ulangan yang diberikan guru kepada 27 peserta didik, terdapat 18 peserta didik yang belum mencapaiKriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif dalam Pembelajaran Teks Editorial pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar?. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Teks Editorial Menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 1 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian hipotesis uji t, diperoleh hitung t > tabel t yaitu 11 > 1,70 ini berarti t berada pada daerah penolakan H0 sehingga Ha dapat diterima pada taraf signifikansi = 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together efektif dalam Pembelajaran Teks Editorial pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar.
Keywords
Efektivitas, Pembelajaran Teks Editorial, Model NHT
References
Astuti, W. P. (2019). Belajar Wacana Kebahasaan. Semarang: Mutiara Askara.
Akhadiah dkk. (2016). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:
Erlangga
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Huda, Miftahul. (2014). Cooperatif Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model
Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ibrahim. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif. http://id.wikipedia.org./wiki/
(diakses tanggal 19 Februari 2013).
Isjoni. (2016). Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.
Isjoni. (2012). Cooperatif Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar
Berkelompok. Bandung: Alfabeta
Iskandar, Dadang & Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya.
Cilacap: Ihya Media.
Kemendikbud. (2018). Buku Siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kustina, Rika & Marhamah. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe
Number Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Menyusun Teks Cerpen
Berdasarkan Struktur Teks Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh.
Volume III Nomor 2 Juli-Desember 2015.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks, Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta
Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya
Kosasih, & Kurniawan, E. (2019). 22 Jenis teks dan strategi pembelajarannya di
SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
Lie, Anita. (2014). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
Mahmud, Teuku. (2017). Identifikasi Paragraf Argumentasi dalam Karya Berbentuk
Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa. Vol. 5 No. 1 (2017). Mahmud, Teuku. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Materi Teks Eksplanasi dengan
menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Heart dan
Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banda
Aceh. Jurnal Metamorfosa. Vol. 8 No. 1 (2020). Nur Asma. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Dirjen Dikti
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Sumadiria, H.A.S. (2011). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita Dan Feature.
Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sutrisno, Edy, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa