UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Samsumi, R. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKS EDITORIAL MENGGUNAKAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XII MIA 1 SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1360.
Samsumi, Refi. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKS EDITORIAL MENGGUNAKAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XII MIA 1 SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2022, https://repository.bbg.ac.id/handle/1360.

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKS EDITORIAL MENGGUNAKAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XII MIA 1 SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR

Thumbnail

View/Open

F0117029W.pdf (122 KB)

Issue Year

2022

Author(s):

Refi Samsumi

Abstract

Berdasarkan pengamatan terhadap peserta didik kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar ditemukan beberapa kendala yaitu pembelajaran didominasi oleh guru, guru kerap memberikan penugasan, peserta didik kurang aktif dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar menjadi kurang optimal. Disamping itu, dari perolehan nilai ulangan yang diberikan guru kepada 27 peserta didik, terdapat 18 peserta didik yang belum mencapaiKriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif dalam Pembelajaran Teks Editorial pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar?. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Teks Editorial Menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 1 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian hipotesis uji t, diperoleh hitung t > tabel t yaitu 11 > 1,70 ini berarti t berada pada daerah penolakan H0 sehingga Ha dapat diterima pada taraf signifikansi  = 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together efektif dalam Pembelajaran Teks Editorial pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar.


Keywords

Efektivitas, Pembelajaran Teks Editorial, Model NHT

References

Astuti, W. P. (2019). Belajar Wacana Kebahasaan. Semarang: Mutiara Askara.

Akhadiah dkk. (2016). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:

Erlangga

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Huda, Miftahul. (2014). Cooperatif Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model

Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ibrahim. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif. http://id.wikipedia.org./wiki/

(diakses tanggal 19 Februari 2013).

Isjoni. (2016). Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. (2012). Cooperatif Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar

Berkelompok. Bandung: Alfabeta

Iskandar, Dadang & Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya.

Cilacap: Ihya Media.

Kemendikbud. (2018). Buku Siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat kurikulum dan

Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kustina, Rika & Marhamah. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe

Number Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Menyusun Teks Cerpen

Berdasarkan Struktur Teks Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh.

Volume III Nomor 2 Juli-Desember 2015.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks, Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta

Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya

Kosasih, & Kurniawan, E. (2019). 22 Jenis teks dan strategi pembelajarannya di

SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

Lie, Anita. (2014). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Mahmud, Teuku. (2017). Identifikasi Paragraf Argumentasi dalam Karya Berbentuk

Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa. Vol. 5 No. 1 (2017). Mahmud, Teuku. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Materi Teks Eksplanasi dengan

menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Heart dan

Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banda

Aceh. Jurnal Metamorfosa. Vol. 8 No. 1 (2020). Nur Asma. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Dirjen Dikti

Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Sumadiria, H.A.S. (2011). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita Dan Feature.

Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sutrisno, Edy, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1360

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository