PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN NILAI TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS IV PADA SD NEGERI 2 SAMPOINIET
Abstract
Permasalahan dalam Skripsi ini yaitu Bagaimana penerapan pendidikan karakter nilai disiplin dan nilai tanggung jawab dalam mata pelajaran PJOK di Kelas IV SD Negeri 2 Sampoiniet?. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter nilai disiplin dan nilai tanggung jawab dalam mata pelajaran PJOK di Kelas IV SD Negeri 2 Sampoiniet dan untuk Mengetahui kendala penerapan pendidikan karakter nilai disiplin dan nilai tanggung jawab dalam mata pelajaran PJOK di Kelas IV SD Negeri 2 Sampoiniet. Adapun jenis Penelitian ini tergolong dalam metode Deskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK, siswa kelas IV dan kepala sekolah SD Negeri 2 Sampoiniet. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun kesimpulan hasil penelitian tersebut adalah tingkat pemahaman guru PJOK tentang pendidikan karakter tergolong baik. Guru sudah mencantumkan nilai karakter dalam silabus dan RPP dalam perencanaan pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran, nilai disiplin yang terlihat selama penelitian antara lain siswa dan guru sudah disiplin dalam waktu dan mentaati peraturan. dan juga siswa sudah disiplin perilaku. Terkait nilai tanggung jawab, guru dan siswa sudah baik dalam bertanggung jawab dengan semua tindakan yang dilakukan, memenuhi kewajiban diri, dan dapat dipercaya. Evaluasi pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru ialah dengan menilai perilaku siswa yang dilakukan setiap akhir semester.
Keywords
Pendidikan Karakter, Disiplin, Tanggungjawab
References
Abdullah Munir. 2010. Pendidikan Karakter:Membanguin Karakter Sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.
Aip Syaifudin dan Muhadi. 1991. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Arma Abdullah dan Agus Manaji. 1994. Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Berliana dan Alen Rismayadi. 2009. Pembelajaran Sikap Bertanggung Jawab dan Sikap Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Diakses dari http:file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND.../Makalah.pdf. pada tanggal 4 Februari 2017 pukul 11.51 WIB.
Darmiyati Zuchdi. 2010. Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto dan Suyatri Darmiyatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Dharma Kesuma, Cepi Triatna, dan Johar Permana. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Furqon Hidayatullah. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka. 104
Heri Gunawan. 2012, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung, Alfabeta
Husdarta, H. J. S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Jamal Ma'mur Asmani. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratal Wirjasantosa. 1984. Supervisi Pendidikan Olahraga. Jakarta: UI-Press.
Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter: wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.
Sofyan Sauri. 2014. Nilai. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/ FPBS/JUR._PEND._BAHASA_ARAB/195604201983011-SOFYAN_SA URI/makalah2/NILAI.pdf. pada tanggal 4 Maret 2017 pukul 11.10 WIB.
Sri Narwanti. 2011. Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tu'u Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.