PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA COMIC SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA MATERI CERITA FABEL KELAS VII SMPN 8 BANDA ACEH
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada aspek menulis masih dianggap sulit oleh siswa. Hal ini dialami siswa SMPN 8 Banda Aceh kelas VII. Kesulitan tersebut berupa sulitnya siswa dalam menuangkan imajinasi atau gagasan mereka dalam sebuah tulisan. Terlebih lagi media yang digunakan belum terlalu bervariasi. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh penggunaan media comic script terhadap kemampuan menulis siswa pada materi cerita fabel kelas VII SMPN 8 Banda Aceh. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media comic script terhadap kemampuan menulis siswa pada materi cerita fabel kelas VII SMPN 8 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain yaitu one-group pretes-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 143 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 SMPN 8 Banda Aceh yang berjumlah 20 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunkan sampling random (memilih acak). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Setelah semua data diperoleh lalu dianalisis menggunakan Uji-Normalitas dan Uji-Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai thitung > ttabel 7,78 > 1,729. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian, penggunaan media comik script berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa pada materi cerita fabel kelas VII-6 SMPN 8 Banda Aceh.
Keywords
kemampuan menulis, bahasa indonesia, cerita fabel
References
Arikunto, S. 2010,Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan;Praktik. Jakarta : PT. RinekaCipta.
Azhar Arsyad, 2006, Media pembelajaran. Jakarta : Penertbit, PT RajaGrafindo Persada.
Buku Guru Bahasa Indonesia, 2016. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Fang, 2011. Keefektifan Teknik Papan Cerita Dalam Pembelajaran Memproduksi Teks Fabel Pada Siswa Kelas VIII SMP 2 Patuk, Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kinaap dan Watkins. 2016. Perkembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel Dengan Macromedia Flash Bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan,(online). Vol. 1. No. 7. (http//karya-ilmiah.um.ac.id, diakses 20 April 2018).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.
Lestari, R. 2016. Pengaruh Media Komik Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iii Sd Islam Al Amanah Tanggerang Selatan, Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan.
Nurgiantoro, B. 2005. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE.
Permana, L. D. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Moral (Fabel) Dengan Teknik Quantum Writing Pada Siswa Kelas VIII G SMP Kesatrian 1 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Rahmawati, I. S. 2016. Perkembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel Dengan Macromedia Flash Bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan,(online). Vol. 1. No. 7. (http/ http//karya-ilmiah.um.ac.id, diakses 20 April 2018).
Sagani, G. C. 2012. Keefektifan Media Komik Tanpa Tekas Dalam Pembelajaran Menulis Dongen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wates, Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sambudi, A. 2013. Pengaruh media komik terhadap kemampuan keterampilan menulis siswa.Skripsi. Universitas Negeri 1 Yogyakarta.
Sanjaya, W. 2012. Media komunikasi pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistik. Bandung : Tarsito
Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widyawati, A. 2015. Pengembangan Media Komik IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, (online). Vol. 1. No.1. (http//karya-ilmiah.um.ac.id, diakses 20 April 2018).