UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Jamas, H. (2016). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS X MAN 3 RUKOH BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1315.
Jamas, Hamdani. “PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS X MAN 3 RUKOH BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2016, https://repository.bbg.ac.id/handle/1315.

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS X MAN 3 RUKOH BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0111024W.pdf (478 KB)

Issue Year

2016

Author(s):

Hamdani Jamas

Abstract

Media gambar memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, secara tidak langsung media gambar akan mengubah karakteristik pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan motivasi belajar yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar khususnya kemampuan menulis teks hasil observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa melalui media gambar pada materi teks laporan hasil observasi kelas X MAN 3 Rukoh Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media gambar pada pembelajaran menulis teks hasil observasi, yaitu ketuntasan pada siklus I sebanyak 62,96% dengan nilai rata-rata sebanyak 66,11. Keterampilan guru mengelola pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan media gambar pada siklus I dikategorikan baik (70%), Aktivitas siswa dalam pada siklus I dinyatakan cukup (54,28%). Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 85,19 % dengan nilai rata-rata 78,89 pada siklus II, aktivitas guru pada siklus II meningkat menjadi sangat baik (90%), aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi baik (68,57). Dapat disimpulkan bahwa media gambar mampu meningkatkan kemampuan menulis teks hasil observasi siswa kelas X MAN 3 Rukoh Banda Aceh.


Keywords

media gambar, menulis, teks hasil observasi

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

________________.2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Danim, Sudarwan. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrahman, Pupuh. 2011. Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. 2002. Media Pendidikan. Bandung: Citra Adiyata.

Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Keraf, Gorys. 1989. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Jakarta: Nusa Indah.

Labellerisna. 2013. Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pendidikan. (Online)

http://labellerisna.wordpress.com

Mukhlis. 2005. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rojas, Virginia. 2010. Language Features of Seven Writing Genres. Diunduh dari

http://flesolcobbcentral.typepad.com/files/genre-text-features.

Ronald, Walpole. 2003. Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan

dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

___________. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:

Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta:Raja Grafindo Persada

Taniredja, Tukiran. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Yani, Ahmad. 2013. 12 Keterampilan Dasar Mengajar. Bandung: Pringgandani.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1315

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository