PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS X MAN 3 RUKOH BANDA ACEH
Abstract
Media gambar memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, secara tidak langsung media gambar akan mengubah karakteristik pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan motivasi belajar yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar khususnya kemampuan menulis teks hasil observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa melalui media gambar pada materi teks laporan hasil observasi kelas X MAN 3 Rukoh Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media gambar pada pembelajaran menulis teks hasil observasi, yaitu ketuntasan pada siklus I sebanyak 62,96% dengan nilai rata-rata sebanyak 66,11. Keterampilan guru mengelola pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan media gambar pada siklus I dikategorikan baik (70%), Aktivitas siswa dalam pada siklus I dinyatakan cukup (54,28%). Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 85,19 % dengan nilai rata-rata 78,89 pada siklus II, aktivitas guru pada siklus II meningkat menjadi sangat baik (90%), aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi baik (68,57). Dapat disimpulkan bahwa media gambar mampu meningkatkan kemampuan menulis teks hasil observasi siswa kelas X MAN 3 Rukoh Banda Aceh.
Keywords
media gambar, menulis, teks hasil observasi
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
________________.2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Danim, Sudarwan. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrahman, Pupuh. 2011. Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hamalik, Oemar. 2002. Media Pendidikan. Bandung: Citra Adiyata.
Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Keraf, Gorys. 1989. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Jakarta: Nusa Indah.
Labellerisna. 2013. Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pendidikan. (Online)
http://labellerisna.wordpress.com
Mukhlis. 2005. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rojas, Virginia. 2010. Language Features of Seven Writing Genres. Diunduh dari
http://flesolcobbcentral.typepad.com/files/genre-text-features.
Ronald, Walpole. 2003. Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan
dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
___________. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:
Kencana.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta:Raja Grafindo Persada
Taniredja, Tukiran. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Yani, Ahmad. 2013. 12 Keterampilan Dasar Mengajar. Bandung: Pringgandani.