UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Muna, N. (2019). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TEKHNIK MENGGAMBAR DEKORATIF TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4- 5 TAHUN DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2018/2019 (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1308.
Muna, Nailul. “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TEKHNIK MENGGAMBAR DEKORATIF TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4- 5 TAHUN DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2018/2019.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2019, https://repository.bbg.ac.id/handle/1308.

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TEKHNIK MENGGAMBAR DEKORATIF TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4- 5 TAHUN DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2018/2019

Thumbnail

View/Open

F0715055W.pdf (492 KB)

Issue Year

2019

Author(s):

Nailul Muna

Abstract

Pada tahun ajaran 2018-2019 anak –usia 4-5 tahun di TKIT Syeikh Abdurrauf masih mengalami kesulitan dalam motorik halus. Dari 18 anak hanya 8 anak yang mampu mengembangkan kemampuan motorik halusnya dengan baik.Guru telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak didik, seperti menulis, mewarnai gambar majalah, melipat origami, menggunting, membuat berbagai bentuk dari plastisin,tetapi belum mendapatkan peningkatan secara signifikan. Hal tersebut terlihat dari keseharian anak yang masih dibantu oleh guru sewaktu pembelajaran berlangsung. Fenomena seperti ini merupakan permasalahan yang perlu segera ditemukan alternatif pemecahanya, dengan demikian perkembangan motorik halus anak jadi berkembang dengan baik. Permasalahan yang di ungkapkan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan media menggambar dekoratif berpengaruh terhadap motorik halus anak usia 4-5 tahun di TKIT Syeikh Abdurrauf Banda Aceh, semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari menggambar dekoratif untuk meningkatkan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, data penelitian diambil melalui tes dan dokumentasi. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrument, kisi-kisi pre-test dan pos-test yang berisi aspek-aspek kriteria aktivitas dalam pengembangan motorik halus anak. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media menggambar dekoratif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Dimana dapat dibuktikan berdasar hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db (distribusi bilangan) n - 1 = 18 - 1 = 17, maka daftar distribusi t dengan t(0,95), sehingga diperoleh t(0,95), =1,74 karena thitung > ttabell, yaitu 3,41 >1,74. Maka hasil perhitungan t hitung > t tabel berarti valid dengan nilai hipotesis H0ditolak Hl diterima. dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini menyatakan pengngunaan tekhnik menggambar dekoratif efektif terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TKIT Syeikh Abdurrauf.


Keywords

Penggunaan Tekhnik Menggambar Dekoratif terhadap kemampuan motorik halus anak

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Amelia, L. dkk. 2017. Efektifitas Permainan Wayang Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di TK Kartika XIV-11 Banda Aceh. Jurnal buah hati (online). Vol.4, No 2. (http://www.stkipgetsempena. ac.id/jurna-ilmiah-nasional, diakses 10 januari 2019)

Aprillena (2014). Penelitian Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Menggunakan Aneka Warna Krayon pada Kelompok B2 RA IPKB Curup Timur.

Dimyati, J. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Depdiknas. 2008. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Motorik di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Februandani, D (2012) penelitian Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Kegiatan Menggambar Melalui Tekhnik Memercik Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Bojongbata Kabupaten Pemalang Semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012”.

Hirmaningsih.2010.Motorik Halus. Http://bintangbangsaku.com/ artikel/ 2010/02/ motorik-halus. Di akses pada tanggal 4 januari 2018.

Ismiyanto, PC. S. 2010. Metode Penelitian. Buku Ajar. Semarang : Jurusan Seni

Rupa Fakultas Bahasa dan Seni UNNES.

Kyle, T. & S. Carman. (2014). Buku Praktik Keperawatan Pediatri. Jakarta : EGC

Kartono. 2006.Pengantar Metodelogi Riset Sosial.Bandung : Alumni.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta :Rineka Cipta.

Noorlaila 2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD Kreatif Mendidik dan Bermain Bersama Anak. http://eprints. Walisongo .ac .id Bibliografi. pdf h. Di akses pada tanggal 4 januari 2018.

Notoatmodjo, S. 2010.Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nuryani. 2005. Peranan Permainann Aspek Gerak motorik Pada Anak Taman Kanak-kanak. Karya tulis guru berprestasi Kabuptaen Bantul.

Pamadhi, H dan E. Sukardi. 2010. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Rochmatun. N. A.2014. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui

Metode Drill Dengan Menggambar Pada Anak Kelompok A TK Abamubarok . Skripsi.Tukangan Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Rasyid. H. 2009. Assesment Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta:

Multi Presindo.

Rahmat Supriyono. (2012). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Jakarta Gramedia Pustaka.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Sugiono, b. 2008. Metode pengembangan fisik. Jakarta: universitas terbuka.

Sukaryono, E. 2009. Seni Rupa. Surakrta: Widiya Duta.

Suyadi. 2014.Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neuro sains. Bandung :Remaja Rosda karya.

Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.

Samsudin. 2008. Pembelajaran motorik di taman kanak-kanak. Litera. Pada anak taman kanak-kanak. Karyatulis guru berprestasi Kabuptaen Bantul.

Saputra, Y. M. danRudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak.

Susilowati, S. E. (2015) penelitian Mewarnai Gambar Dapat MeningkatkanKemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Begolo Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora.

Sulistyawati, A. 2014. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Salemba Medika.

Sukamti, E. R. (2010). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK

Universitas Negeri Yogyakarta.

Sunardi, O. 2017. “Pengaruh Menggambar Dekoratif Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada PAUD Mutiara Insani”. Skripsi. Langkapura Bandar Lampung: Pasca Sarjana IAIN Raden Intan Lampung.

Suwandi, A. K. dkk. 2013. “Pengaruh Terapi Bermain Menggambar Dekoratif Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Dharma Wanita Raci Kabupaten Pati”. Telogorejo Semarang :Jurnal. Ilmu Keperawatan STIKES

Sukamti. E. R. (2010). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK

Universitas Negeri Yogyakarta

Tabrani, P. 2014. Proses Kreasi-Gambar Anak-Proses Belajar. Jakarta: Erlangga

Yuniarni, D.2010. Metode Pengembangan Anak Usia Dini. Pontianak

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1308

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository