ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MENGGUNAKAN SOAL MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERBANDINGAN SISWA MTSN MEURAXA BANDA ACEH
Abstract
Hasil observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas VII di MTsN Meuraxa menunjukkan bahwa prestasi matematika siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian pada setiap pokok bahasan yang menunjukkan tidak tercapainya ketuntasan belajar siswa, yaitu minimal 85% siswa mendapat nilai minimal 6,5. Sehingga, dapat dikatakan siswa belum menguasai pembelajaran matematika dengan baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan soal matematika realistik pada materi perbandingan siswa MTsN Meuraxa Banda Aceh”. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Meuraxa yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 103 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 33 orang siswa kelas VII-2 di MTsN Meuraxa Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada siswa di MTsN Meuraxa Banda Aceh sebesar 3,18 yang telah mencapai kategori baik. Analisis klasifikasi data berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa melalui soal matematika realistik pada materi perbandingan menunjukkan bahwa kemampuan yang dominan dimiliki siswa terdapat pada kategori B+ sebesar 60%. Sedangkan kategori nilai yang paling sedikit dicapai oleh siswa pada kategori A- yang hanya mendapatkan 6,67%.
Keywords
Analisis Kemampuan Pemecahan masalah, Soal Matematika realistik, Materi Perbandingan
References
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Abimanyu. 2008. Bahan Ajar Cetak Strategi Pembelajaran: Metode. Pembelajaran yang Lebih Berpusat Pada Guru. Direktorat Jendral. Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
Akhmad Sudrajad. 2009. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Andriatna. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. SMA melalui Menulis Matematika dalam Pembelajaran Berbasis. Masalah. Skripsi FMIPA UPI: Tidak Diterbitkan.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendi. 2005. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Elin Rosalin. 2008. Manajemen Pendidikan : Kerjasama Sekolah dan. Masyarakat . Bandung: Karya Baru Persada
Fatra. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah ... Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis. Siswa SMP. Skripsi pada FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan
Febianti. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. SMP Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Three-Steep Interview. UNPAS
Hartono. 2009. Ilmu Matematika. Bandung : UPI press
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hamalik , Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hadi. 2011. Pendidikan matematika Realistik. Tulip Banjarmasin
Hudoyo. 2004. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud
Hoosain. 2001. Learning Strategy. Surabaya: SIC
Husain. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika melalui Pendekatan Problem Posing di SD Muhamdiyah Tegalrejo. Tesisi Yogyakarta: FMIPA UNY
Irfan. 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas
Jacob. 2010. Komponen Pemecahan Masalah. Bandung : UPI press
Lapono. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat. Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Lukman Hakin. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima
Karfi, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar : Tinjauan Pengantar. Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi. Proyek Pengembangan
Kartono. 2012. Persamaan Diferensial Biasa Model Matematika Fenomena. Perubahan, Yogyakarta: Graha Ilmu
Kesumawati. 2010.Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal
Mahuda. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda. Karya.
Mustafa dan Sekarwinahyu. 2001. Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAL
Nana sudjana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Umum, Yogyakarta: Teras
Nofita Rita. 2012. Pengembangan soal pemecahan masalah matematika model pisa level moderate dan most difficult untuk siswa sekolah dasar. BANDA ACEH
Nurkasimah. 2005. Tujuan Pembelajaran matematika .Bandung : UPI press
Prabawanto. 2011. Pembelajran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan diposisi Matematika siswa. Tesis . Bandung Jurusan Matematika FPMIPA UPI
Rusffendi. 2000. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Rifai
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
Ruhimat. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja. Grafindo Persada
Sukmadinata. 2002. Landasan Psikologi Proses Pendidikan,. Bandung: PT Rosda Karya
Suryosubroto. 1990. Tatalaksana Kurikulum. Jakarta : Rineka Cipta
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Sidoarjo: Masmedia Buana. Pustaka
Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius
Surahman. 2009. Dasar-dasar Manajmen Merek, Banyumedia, CV, Malang).
Suherman. 2008. Model-Model Pembelajran Matematika SMP. Yogyakarta, Dirjen Dikdasmen Matematika
Shofan Shofa. 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan. Pendekatan PMR pada pokok Bahasan Jajar Genjang Dan Belah. Ketupat.Skripsi.(Jurusan Penddikan Matematika Universitas Negeri Surabaya : Tidak. Dipublikasikan
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sujarwo. 2004. Korelasi antara Pemecahan Masalah Matematika dengan. Bahasa Indonesia. Semarang : IKIP PGRI
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia:Konstanta Keadaan Masa. Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti, Departemen
Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : Leuser Cita Pustaka
Triyanto. 2007. Bahasa Indonesia Tingkat SMP. Jakarta: PT. Gramedia
Thobroni. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Winata. 2007. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka.
Yuslianto. 2013. Pendidikan Matematika Kontemporer. Jakarta: Grafindo Jaya
Zakaria. 2007. Mengukur Indikator Matematika. Jakara: Rajawali Press