EFEKTIVITAS PASIR KINETIK UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2018/2021
Abstract
Pada tahun ajaran 2018-2019 sebagian besar anak TK B masih mengalami kesulitan dalam kreativitas. Guru telah melakukan berbagi upaya dalam meningkatkan kreativitas anak didik, seperti menggambar berbagai bentuk, mewarnai gambar yang sudah ada, melipat origami akan tetapi belum didapat peningkatan secara signifikan. Hal tersebut terlihat dari keseharian anak yang masih dibantu oleh guru sewaktu pembelajran berlangsung. Fenomena seperti ini merupakan permasalahan yang perlu segera ditemukan alternatif pemecahanya, dengan demikian perkembangan kreativitas anak jadi berkembang dengan baik. Permasalahan yang di ungkapkan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan media pasir kinetik berpengaruh terhadap kreativitas anak kelompok B di TKIT Syeikh Abdurrauf Banda Aceh, semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari pasir kinetik untuk menstimulasi kreativitas anak kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, data penelitian diambil melalui tes dan dokumentasi. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa intrumen dan kisi-kisi pre-test dan pos-test yang berisi aspek-aspek kriteria aktivitas anak dalam pengembangan kreativitas anak. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Dimana dapat dibuktikan berdasar hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db (distribusi bilangan) n - 1 = 20 - 1 = 19, maka daftar distribusi t dengan t(0,95), sehingga diperoleh t(0,95), = 1,73 karena thitung > ttabell, yaitu 3.45 > 1,73. Maka hasil perhitungan t hitung > t tabel berarti valid dengan nilai masing-masing indikator dengan harga t hitung > harga t tabel. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pasir kinetik efektif untuk menstimulasi kreativitas pada anak di TKIT Syeikh Abdurrauf Banda Aceh, dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak Karena thitung< ttabel.
Keywords
Media pasir kinetik, stimulasi kreativitas
References
Ambarwati EA, dkk. Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi Tumbuh Kembang dengan Perkembangan pada Anak. Jurnal Kesehatan “SamodraI lmu”.2014;05(02):94-99.
Arikunto.S. 2010.Penelitian Tindakan Kelas. Bhinneka Cipta. Bandung Arikunto.S. 2014.Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.
Asmani, J, M. 2009. Manajemen Strategis Pendiidkan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press.
Bredekapm, sue, (editor). Developmentally Appropriate in Early Childhood programs serving children from birth trough age 8 : National association for the education of young children, Washington : Connecticut avenue, 1987
Carol, Seefeldt dan Barbara A Wasik. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta
:PT INDEKS
Damayanti, Anita, 2014. Kreativitas anak usia dini: Menyongsong era ekonomi kreatif 2025. Jurnal buah hati (online).Vol 1. No 5.
(hhtp://www.stkipgetsempena.ac.id/jurnal-ilmiah-nasional, diakses 14
November 2018)
Departemen Pendidikan Nasional.(2010). Undang-undang reppublika Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Data Dan Informasi Pendidikan, Baligbang-Depdiknas.
Familia Kreativa. 2017. Membuat Pasir Kinetik. (online). www.familiakreativa. blogspot.com/2017/02/diy-pasir-kinetik.html (diakses 28 September 2017)
Farida, Umma. 2005. Mengembangkan Kreativitas Anak. Pustaka AL- Kautsar: Jakarta.
Wulandari, Fitrianti. 2017.Pengaruh Bermain Kinetik Sand Terhadap Kreativitas Anak Usia 5 - 6 Tahun . (online) Vol1, hal 3. (hhtp://journal.umsurbaya.ac. id/index.php/pedagogik/article/dowlond/1531/1236. Diakses 25 januari 2019)
Jatmika. 2010. Pedoman Pembelajaran Seni di Taman Kanak-kanak Bermain Plastisin. KemendiknasDirektorat Pembinaan TK dan SD. Jakarta
Hariwijaya dan Bertiani Eka Sukaca,(2009). Paud Melejitkan Potensi Anak Dengan Pendidikan Sejak Dini. Yokyakarta.
Hurlock, E. B. 2006. Perkembangan Anak Jilid 2. Penerbit Erlangga. Jakarta Ma'mur Jamal,Y.(2009). Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat.
Musbikin, iman.(2007). Mendidik Anak Kreatif Ala Eindtein. Pustaka Belajara, Yogyakarta.
Mutiah Diana, 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Penerbit Kencana: Jakarta Nurani sujiono,Y.(2005). Menu pembelajaran anak usia dini, Jakarta: yayasan citra
pendidikan Indonesia.
Nur, Mohammad. (2017). Permendikbuk 147. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Oktariana Riza dan Hayatun, N. 2015.peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain pasir pada anak kelompok bermain di paud ar-rahmah samahani aceh besar.Jurnal buah hati (online). Vol III, No 2. (hhtp://www. stkipgetsempena. ac.id/jurnal-ilmiah-nasional, diakses 14 November 2018)
Rachmawati, Y dan Kurniati, E. 2010.Stategi Pengembangan Kreativitas pada Anak- Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana: Jakarta.
Riduan.(2010). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan penelit pemula.Bandung:Alfabate.
Suratno.(2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta. Susanto, ahmad.(2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Ciputat.
Sugiono.(2008).metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabel.
Sujiono, Yuliani. (2011). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks, Jakarta.
Soetjiningsih.(1998).tumbuh kembng. Jakarta:ESC.
Virgawati, Vita.Jurnal. Pengaruh penggunaan pasir berwarna sebagai Media pembelajaran terhadap perkembangan Kognitif (pengenalan sains) anak usia 3- 4 tahun Di paud permata bunda kabupaten sragen. Semarang.
Vebrian. I. N. jurnal. meningkatkan kreativitas anak melalui permainan konstruktif pada siswa kelompok b2 di ra. Sunan pandanaran tahun ajaran 2012/2013.Yogyakarta.
Yusuf, Syamsu LN.(2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung : Rosdakarya