PENGARUH DISPOSISI TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI DISCOVERY LEARNING PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 61 BANDA ACEH
Abstract
Berdasarkan data dokumen nilai ulangan harian pada Tema Berbagai Pekerjaan siswa Kelas 4 SD Negeri 61 Banda Aceh diatas, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum maksimal. Hal ini karena masih terdapat sebagian siswa yang belum mencapai ketuntasan dalam belajar. Nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) tematik di SD Negeri 61 Banda Aceh adalah 75, sementara data pada tabel menunjukkan bahwa peserta didik yang sudah mencapai KKM adalah 25% (8 orang) sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM adalah 75% (25 orang). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan soal tes, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, dengan menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tanpa menggunakan discovery learning adalah sebagai berikut nilai jumlah keseluruhan 2700 dengan nilai rata-rata sebesar 81,81. Nilai rata-rata tertinggi siswa dalam pembelajaran disposisi yaitu 4. Sedangkan nilai rata-rata perindividu siswa sebesar 3.16.Adapun persamaan nilai regresi yaitu Y= 62,500 + 5,903 = 68,403 Perhitungan regresi dengan menggunakan SPSS, yang menjelaskan pengaruh disposisi terhadap hasil belajar melalui Discovery Learning pada tema berbagai pekerjaan siswa Kelas IV SD Negeri 61 Banda Aceh. Adapun hasil hipotesis uji - t adalah 0.705>2,0369. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh disposisi terhadap hasil belajar siswa melalui discovery learning pada tema berbagai pekerjaan siswa Kelas IV SD Negeri 61 Banda Aceh.
Keywords
Hasil belajar, Disposisi, Discovery Learning
References
Abdullah, Sani Ridwan.(2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Abdelrahman Kamel. (2014).The Effect of Using Discovery Learning Strategy in Teaching Grammatical Rules to first year General Secondary Student on Developing Their Achievement and Metacognitive Skills pp. 146-153 © http://www.ijisr.issr-journals.org/
Arikunto. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
________. (2011).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi RevisiVI Jakarta.Rineka Cipta.
________ .(2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Balım, A., G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students' Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1-20.
Depdiknas.( 2011). UU RI No. 22 tahun 2003 tentang Pendidikan Sistem Nasional. Jakarta: Depdiknas
________ .(2011). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Herlina. (2013). Hubungan Pola Asuh Keluarga dengan kemandirian perawatan diri Anak Usia sekolah di Kelurah Cisalak Pasar Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Ghalia Indonesia
Hughes, dkk. (2012). Leadership: Memperkaya Pelajaran dari Pengalaman, edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Yrama Widya
Kurniasih, Imas dan Sani. (2014). Strategi – Strategi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Lauster . (2011). Tes Kepribadian. Jakarta : Gaya Media Pratama.
Martaida ; Nurdin ; Eva Marlina . (2017). The Effect of Discovery Learning Model on Student's Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. PP 01-08 www.iosrjournals.org.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samino, Saring Marsudi. (2011).Layanan Bimbingan Belajar.SurakartaFairuz Media.
Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thantaway. (2005). Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Kanisius
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
_______.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana
Yunarti. (2011). Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi-UPI; tidak diterbitkan