PROFIL KEPRIBADIAN SISWA BERDASARKAN POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH 2018/2019
Abstract
Salah satu siswa memiliki kepribadian yang kurang baik, suka mengganggu teman dan membuat keributan saat dalam ruangan, walaupun sifat kepribadiannya kurang baik namun siswa ini berprestasi dalam mengerjakan tugas, tetapi kurang teliti dan tidak hati-hati dalam menyelesaikan tugasnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah profil kepribadian siswa SD Negeri 69 Banda Aceh berdasarkan pola asuh orang tua. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kepribadian siswa berdasarkan pola asuh orang tua siswa kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik mengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun Hasil penelitian ini diperoleh pada sifat kepribadian respoden adalah kepribadian berambisi, dimana responden memiliki sikap yang muda marah dan memiliki cita-cita menjadi TNI/POLRI. Setiap aktivitas responden sering melakukan kegiatan sit up dan push up, responden suka mengikuti kegiatan-kegiatan yang di lakukan di sekolah. Orang tua menerapkan pola asuh yang berbeda terhadap anaknya, dimana ayah dari responden yang bersikap cuek dan tidak dekat pada anaknya, akan tetapi ibu dari responden peduli terhadap anaknya. Sehingga ibunya hanya satu kali dalam sehari mengingatkan anaknya untuk belajar.
Keywords
Kepribadian, Pola Asuh
References
Alex B, Neitzke. 2012. On Genetic Modification Psychology, Personality, and Behavior Kennedy Institute of EthicsJournal; Baltimore Vol. 22, Iss. 4, : 307-43 (https://search.proquest.com/docview/1285234830/E8C4DCFDC004453CPQ/1?accountid=62647, diakses 4 juni 2018)
Brook, Judith S. dkk 2004. Correlates of Aggression in African American and Puerto Rican Children The Journal of Genetic Psychology; New York Vol. 165, Iss. 2, 185-202. (https://search.proquest.com/docview/228543658/BBB6FCF98EB74C06PQ/1?accountid=62647, diakses 4 juni 2018
Barendregt, dkk. 2007. Perilaku & Teknologi Informasi. Vol. 26 Edisi 2, p133-147. 15p. 1 Diagram, 8 Grafik, 2 Grafik. Belanda.
http://web.a.ebscohost.com/ehost/detail/detail?vid=0&sid=f43fe73f-68b4-4df3-a656-78dd13ec8523%40sdc-v sessmgr04&bdata=JnNpdGU9ZWhvc3QtbGl2ZQ%3d%3d#AN=24436598&db=lxh. (Diakses 10 Maret 2019)
Cloninger C, Soo Jin Lee dkk. 2015.The association of parental temperament and character on their children's behavior problems. Diego Dec 1, 2015. DOI:10.7717/peerj.1464. (https://search.proquest.com/docview/1958170483/CD65301444A7434EPQ/1?accountid=62647, diakses 5 juni 2018
Der Horst,van Klazine. 2017. Parenting styles, feeding styles and food-related parenting practices in relation to toddlers' eating styles: A cluster-analytic approach Sleddens, Ester F C. PLoS One; San Francisco journal. pone. 0178149 Vol. 12, Iss. 5: e0178149. DOI: 10.1371/ (https://search.proquest.com/docview/1902096592/482CD98ED44A4C75PQ/1?accountid=62647, diakses 4 juni 2018)
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluraga. Jakarta: Rineka Cipta.
Edward, D. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mizan Utama.
Fajri. 2011. Psokologi Perkembangan. Bandung: PT. Rosda Karya.
Feist, Jess dan Feist, Gregory. 2010. Teori Kepribadian. Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika
Gregory. 2005. TELAGA-Kaset T021A (e-KonselEdisi 047). www.Pikiran rakyat.com/cetak/2005/0305
Gunarsa, D. 2009. Psikologi Untuk Pembimbing. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Gunarsa, D. 2012. Psikologi Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Harvey Jones, P dkk. 2015. The Melbourne Assessment of Schizotypy in Kids: Ukuran yang Berguna Gangguan Kepribadian Schizotypal Anak. Penelitian Bio Med Internasional. DOI: 10.1155/2015/635732. (https://search.proquest.com/docview/1646349286/30961664B7F3467CPQ/1?accountid=62647, diakses 06 juni 2018
Herwijnen Van, dkk. 2018. The existence of a parenting style in a dog-owner relationship San Francisco journal.pone Vol. 13, Iss. 2. (https://search.proquest.com/docview/2007690953/A515871182444071PQ/2?accountid=62647, diakses 4 juni 2018)
Hidayat, Dede Rahmat. 2011. Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor: GhaliaIndonesia.http://news.okezone.com/read/2015/01/09/65/1089948/kepribadian-turut tentukan-prestasi-akademis.
http://news.okezone.com/read/2015/01/09/65/1089948/kepribadian-turut tentukan-prestasi-akademis diakses 06 mei 2018, pukul 08.30
Hyesoo, Kim dkk. 2003. Relationship of Recalled Parenting Style to Self-Perception in Korean American College Students The Journal of Genetic Psychology; New York Vol. 164, Iss. 4, 481-92. https://search.proquest.com/docview/228514533/3BB468DCBA446FDPQ/1?accountid=62647, diakses 5 juni 2018
Jaenudin, Ujam. 2015. Dinamika Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia.
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Juntika. 2010. Teori Kepriadian.Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Laurel, Raffington dkk. 2018.Cognitive control moderates parenting stress effects on children's diurnal cortisol. journal.pone.PLoS One; San Francisco Vol. 13, Iss. 1,e0191215. DOI:10.1371/ 0191215. (https://search.proquest.com/docview/1986975089/32AFDCE40EBD47E4PQ/1?accountid=62647, diakses 5 juni 2018)
Mohammad. 2010. Metodologi dan Aplikasi. Riset Pendidikan. Bandung : Pustaka Cendekia Utama
Moleong, Lexy J. 2012.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, Seto, dkk. 2016. Psikologi pendidikan:Denganpendekatanteori-teoribarudalampsikologi.Depok:Rajawali.
Murray R. K., Granner D. K., Mayes P. A., Rodwell., 2010. Carbohydrates of Physiologic Significance. Meyes P. A., Bender D. A. 26thed. Harper's Illustrated Biochemistry. USA: Appleton & Lange, 102-110. New York : McGraw Hill.
Paul D, Peers Hastings dkk. 2007. Parental Socialization of Young Sons' and Daughters' Prosocial Behaviors With Peers. The Journal of Genetic Psychology; New York Vol. 168, Iss. 2, (2007): 177-200. (https://search.proquest.com/docview/228546415/ACBFA0747CCC4851PQ/1?accountid=62647, diakses 5 juni 2018)
Peter K, Hatemi dkk. 2015. Political Attitudes Develop Independently of Personality Traits journal. pone.0118106 Vol. 10, Terbitkan. 3, 2015): e0118106. DOI: 10.1371 / (https://search.proquest.com/docview/1660378073/6874BC12E699480APQ/1?accountid=62647, diakses 4 juni 2018).
Pérez-Marín, dkk. 2013. Perilaku & Teknologi Informasi. Vol. 32 Edisi 9, p955-964. 10 p. 5 Foto Berwarna, 3 Bagan. Madrid, Spanyol http://web.a.ebscohost.com/ehost/detail/detail?vid=0&sid=53639dd5-5c8c-418c-92bb 91835e309247%40sessionmgr4008&bdata=JnNpdGU9ZWhvc3QtbGl2ZQ%3d%3d#AN=90274176&db=lxh
Santrock, John W. 2009. Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakarta. Erlangga
Sarosa, Samiaji. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Indeks
Sikap Politik Berkembang Secara Independen dari Sifat Kepribadian
Siswoyo, Dwi dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Sukandarrumidi. 2002. Metode Penelitian. Yogyakarta : Gadjah Mada University
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya The association of parental temperament and character on their children's behavior problems.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kharisma Putra Utama
Syamsu, Yusuf. 2011. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Widyarini, N 2009. Seri Psikologi Populer: Kunci Pengembangan Diri. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo
Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana
Yusuf, A Muri. 2014.Tipe pola asuh orang tua. Jakarta: Prenadamedia Group