UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Sari, P. R. (2019). EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PERMAINAN LOMPAT ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1270.
Sari, Putri Ratna. “EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PERMAINAN LOMPAT ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2019, https://repository.bbg.ac.id/handle/1270.

EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PERMAINAN LOMPAT ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0715093W.pdf (357 KB)

Issue Year

2019

Author(s):

Putri Ratna Sari

Abstract

Pengenalan dasar matematika yang dapat diberikan kepada anak usia dini adalah mengenalkan angka, yang dapat dilakukan dengan cara mengenalkan bentuk angka itu sendiri dan mengajarkan berhitung. Agar kemampuan mengenal angka anak berkembang dengan baik, maka diperlukan kegiatan yang menarik dan menyenangkan seperti bermain sambil belajar, salah satunya yaitu dengan bermain permainan lompat angka.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah pendekatan saintifik dengan permainan lompat angka efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada Anak Usia 3-4 tahun di Tk Save The Kids Banda Aceh?. Secara umum penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui efektifitas pendekatan saintifik dengan permainan lompat angka terhadap kemampuan mengenal angka pada anak usia 3-4 tahun di Tk Save The Kids Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode yang digunakan adalah eksperimendengan bentuk desaintrue experimental design (pretes-posttest control group design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan terhadap kemampuan mengenal angka pada anak usia 3-4 tahun berdasarkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan kriteria pengujian tolak H0 jika thitung< ttabel dan dalam hal lain H0 diterima. Dapat dilihat dari hasil uji t, yaitu thitung= 4,840 dan ttabel = 2,026, maka thitung = 4,840> ttabel = 2,026. Dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dengan permainan lompat angka efektif terhadap kemampuan mengenal angka anak usia 3-4 tahun di TK Save The Kids Banda Aceh. Diharapkan guru atau pendidik anak usia dini dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih bervariasi, kreatif dan lebih menarik, sehingga peserta didik dapat termotivasi dan terfokus perhatiannyapada saat proses kegiatan pembelajaran menggenal angka.


Keywords

Efektifitas Pendekatan Saintifik Dengan Permainan Lompat Angka, Kemampuan Mengenal Angka

References

DAFTAR PUSTAKA

Ankur, M.F.M. 2018. Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Di PAUD Dalam Rangka Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Journal Pendidikan dan KebudayaanMissio, (online). Vol.10 No.2 (https://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/download/224/155/, diakses 08 Januari 2018)

Asmani, J. M. 2010. Buku Pintar Playgroup. Jogjakarta: Buku Biru.

Bestari, E.A. 2017. “Penerapan Strategi Think Talk-Write (TTW) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII SMPN 17 Banda Aceh”. Skripsi. Banda Aceh: Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.

Fitriyanti. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Dengan Media Gambar Asosiatif Di Kelompok B TK Budi Rahayu”. Skripsi, (online). Yogyakarta: Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. (https://eprints.uny.ac.id/26479/, diakses 15 November 2018).

Hayati, F. dan Sari, M. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Bowling Anak Kelompok A Di PAUD Kasih Ibu Banda Aceh. Journal: Buah Hati, (online). Vol. 1 No 1. (http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/23/23, diakses 13 November 2018).

Isjoni.2009. Model Pembeljaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Musfiqon, HM dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik (online). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Ramayulis. 2014. Penggunaan Media Gerbong Kereta Api Sebagai Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Kelompok B1 TK Negeri 3 Kota Banda Aceh. Journal: Buah Hati. Vol. 1 No. 1.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B). Bandung: Alfabeta, cv.

Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utami, P.P. 2017. Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar Di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal: Tunas Bangsa. Vol. IV No. 1.

Wibowo, P. R. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Melalui Aktivitas Lompat Tali Dengan Penerapan Gaya Practise. JournalPendidikan Jasmani Dan Olahraga, (online). Vol. 9 No. 1.(http://download.portalgaruda.org/article.php?article=532753&val=10912&title=MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20LOMPAT%20MELALUI%20AKTIVITAS%20LOMPAT%20TALI%20DENGAN%20PENERAPAN%20GAYA%20PRACTISE, diakses 15 November 2018)

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1270

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository