EFEKTIVITAS PERMAINAN WAYANG HURUF HIJAIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK A DI TK IKAL DOLOG BANDA ACEH
Abstract
Judul Penelitian ini adalah “Efektivitas Permainan Wayang Huruf Hijaiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Kelompok A Di TK Ikal Dolog Banda Aceh”. Dalam membaca huruf hijaiyah, di perlukan suatu keterampilan dan potensi yang harus di kembangkan. Jika potensi anak tidak di kembangkan secara kontinyu dan konsisten, maka potensi tersebut menjadi hilang secara perlahan-lahan. Oleh karena itu, di perlukan suatu pembiasaan yang sungguh-sungguh dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Permainan wayang huruf hijaiyah merupakan salah satu cara cepat dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan wayang huruf hijaiyah dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-experimental one group pretes-posttes design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok A di Tk Ikal Dolog Banda Aceh. Adapun instrumen penelitian ini adalah lembar tes lisan pre-test dan post-test. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengolahan data tes lisan awal dan tes lisan akhir ( pre-test post-test ), uji normalitas, uji homogenitas, pengujian hipotesis dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efektif Permainan Wayang Huruf Hijaiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Kelompok A Di TK Ikal Dolog Banda Aceh. Hal ini ditunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis t hitung > ttabel, yaitu 6,21 > 2,16, sehingga hipotesis ha dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian dari hasil penelitian dinyatakan bahwa hipotesis ha diterima (Ha) yaitu permainan wayang huruf hijaiyah efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelompok A TK Ikal Dolog Banda Aceh.
Keywords
Efektivitas, Permainan wayang huruf hijaiyah, Huruf hijaiyah
References
Amelia, L. dkk. 2017. “Efektivitas Permainan Wayang Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di TK kartika xiv-11 banda aceh”.(online). Volum 4. No. 2. (http://buahhati. stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/41, 24 Oktober 2018. Hal 83,87.)
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka cipta
Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Pt Rajagrafindo Persada
Aziz, S. 2017.Strategi Pembelajaran Aktif Anak UsiaDini Panduan Bagi Guru, Orang Tua, Konselor, Dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: kalimedia
Azizah, S. 2018. Evektivitas Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Kelompok B Di Tk Tut Wuri Handayani Samahani Aceh Besar. Banda Aceh : Program Studi PG-PAUD STKIP BBG
Barblett, L. 2018. Editorial. Australian Journal Of Early Childhood, (online). Vol. 43, No. 1. (http://link.galegroup.com/apps/doc/A538725029/GPS, diakses 13 Desember 2018).
Fadlillah, dkk. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: kencana
Ghani, A. G. 2017. The Study Of Laban Movement Analysis (LMA) In Shadow Puppets Theatre. Estudios Sobre El Mensaje Periodistico, (online). Vol 23. No.1. (http://www.ucm.es/BUCM/revistas/portal/modulon.php?name=Revistas2&id=ESMP, diakses 13 Desember 2018).
Hakim, A. 2016. Pengembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Di Taman Kanak-Kanak (Analisis Deksriptif Di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Jurnal pendidikan islam, (online). Vol. V, No. 1 (http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib, diakses 14 Desember 2018)
Handayani, N. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar Di Kelompok A Siswa BA. Yogyakarta : Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga (online). http://digilip.uin-suka.ac.id./14085/2/BAB%20l%2c%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf di akses 2 November 2018
Hasibah, S. 2017. Efektivitas Metode Iqro' Modifikasi Dengan Teknik Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Anak Usia Di Kb Paud Melati Banda Aceh. Banda Aceh : Program Studi PG.PAUD STKIP BBG
Isnaini, T. S. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan membaca Huruf Hijaiyah Dengan Media Flash Card Di Kelompok A Tk Islam Orbit 1 Surakarta. (online). http://eprints.ums.ac.id/24865/1/Halaman_Depan.pdf
kamtini. 2015.Peningkatan Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini . program AUD FKIP UNTAN.
Khairani, 2015. Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Arab Melalui Media Huruf Hijaiyyah di Kelompok B TK Al- Qur'an I Samahani, Skripsi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.
Muthmainnah, 2015. Penerapan Permainan Kartu Huruf dalam Meningkatkan Pemahaman Huruf Hijaiyyah di Kelompok A TK Anzib Lamnyong Banda Aceh. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.
Mansur, 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam , Yogyakarta: pustaka pelajar
Mantei, J. and L. Kervin. 2018. Examining literacy demands for children during teacher-led episodes of reading aloud across the transition from preschool to kindergarten. Australian Journal Of Language And Literacy. (online), Vol. 41. No. 2. (http://www.alea.edu.au, diakses 14 Desember 2018).
Rislina, S.L.N. dan Khan, R.I. Mengenalkan Huruf Melalui Loncat Abjad Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun. Nusantara Of Research, (online). Vol. 02 No. 02 (http://efektor.unpkediri.ac.id, diakses 9 Maret 2019).
Srijatun, 2017. “Implementasi Pembelajaranbaca Tulis Al-Qur'an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, jurnal pendidikan islam, (online). Vol. 11, No. 1, (http://journal.walisongo.ac.id/index.php/nadwa, diakses 14 Desember 2018).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Tahun 2017. Bandung : Alfabeta
Susanto,A. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : kencana
Susilo,S. 2016. Pedoman Penyelenggaraan PAUD. Jakarta : Bee Media Pustaka.