ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI TK IKAL DOLOQ BANDA ACEH
Abstract
Kurikulum merupakan rancangan pendidikan yang memiliki peran strategis karena seluruh kegiatan pendidikan berpusat pada kurikulum. Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yaitu kurikulum yang pengembangannya diarahkan untuk pencapaian kompetensi yang dirumuskan dalam standar kelulusan demikian juga penilaian hasil belajar dan hasil kurikulum diukur berdasarkan pencapaian kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyusunan perencanaan Prosem, RPPM, dan RPPH serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menyusun Prosem, RPPM dan RPPH. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan 5 orang guru. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan kurikulum 2013 di TK IKAL DOLOG sudah baik, terlihat dari penyusunan program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian sudah sesuai dengan format penyusunan kurikulum 2013. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya buku pedoman penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan adanya contoh di internet yang memudahkan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan faktor penghambat nya adalah kurangnya pelatihan bagi guru serta kurangnya fasilitas yang di sediakan di sekolah dalam mendukung proses pelaksanaan pembelajaran.
Keywords
Kurikulum 2013 PAUD
References
Amelia Lina, dkk. 2017. Efektifitas Permainan Wayang Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Tk Kartika Xiv - 11 Banda Aceh. Jurnal buah hati, (online). Vol. 4 No. 2. (http://Buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/viewFile/41/40,di akses 02 Desember 2018)
Arifin, Zainal. 2012: Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Dewi Mahmudah. 2016. “Implementasai Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini”. Yogyakarta : Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, (online). (http://digilib.uin-suka.ac.id/22631/1/1420431002_BAB-I_IV-atau V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf, diakses 17 septembee 2018)
Edwards Susan. 2011. Environmentalising Early Childhood education curriculum Through Pedagogies of Play. Australasian Journal of early childhood, (online). Vol. 36 No 1. (http://calisto.ggsrv.com/imgsrv/FastPDF/UBER1/RangeFetch=contentSet, diakses 12 Desember 2018)
Enah Suminah, dkk . 2015. Kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat
(http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20170104140511/Buku-Kurikulum-Buku-Pedoman, diakses 20 Oktober 2018)
Hartini, dkk. 2016. Ibm Himpaudi Kecamatan Kaliwungu Kendal, Dalam Rangka Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 07 No 02,( online).
Hayat Ruhyat. 2013. Resume Buku (Metode Penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta
(http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/download/1128/1002, di akses 23 januari 2019)
Herdiansyah, Haris. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pedoman Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Dan Informal
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendiknas
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta : Kemendikbud
Ki Hadjar Dewantara. 2013. Ki Hajar Dewantara Bagian Pertama : Pendidikan Rev.ed. Yogyakarta : UST-Press
Mareta Wahyuni. 2015, dkk. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
(http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20170104140511/Buku-Kurikulum-Buku-Pedoman, diakses 20 Desember)
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Memahami penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sum Theresia Alviani . 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Di Paud Bunga Mawar Dan Tk Dharma Wanita. Jurnal Smart Paud, (online). Vol. 1 No. 2. (http//ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/viewFile/4676, di akses 01 Desemeber 2018)
Suyadi dan Dahlia. 2014. Implementasi dan Motivasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suyadi dan Ulfah, Maulidya. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Widarmi D Wijana, dkk . 2011 . Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka