UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Ayu, R. S. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1258.
Ayu, Riti Sri. “PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2018, https://repository.bbg.ac.id/handle/1258.

PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0813027W.pdf (714 KB)

Issue Year

2018

Author(s):

Riti Sri Ayu

Abstract

Berdasarkan Hasil observasi awal dalam pembelajaran ips tematik yang dilakukan pada siswa kelas IVSD Negeri 46 Banda Aceh menunjukkan bahwa siswa tidak banyak bertanya dan hanya menyimak pelajaran yang diberikan, hasil belajar relative rendah kurangnya KKM (75). Hanya 63 % siswa yang mampu mencapai nilai KKM. Rumusan masalah dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar IPS tematik siswa kelas IV SD Negeri 46 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar IPS tematik siswa kelas IV SD Negeri 46 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas IV di SD Negeri 46 Banda Aceh yang terdiridari 26 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus metode uji lilifors. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t_(hitung )> dari pada nilai t_(tabel ). Nilai t_(hitung )= (2,98) sedangkan nilai t_tabel = (1,708) hasil belajar siswa meningkat lebih baik. Berdasarkan pengumpulan data dan hasil analisa yang telah dilakukan oleh penulis. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS tematik siswa kelas 4 SDN 46 Banda Aceh. Dapat diterima dengan baik. Sedangkan uji ketuntasan belajar dengan uji proporsi satu pihak diperoleh nilai〖 z〗_(hitung= ) 0,57 lebih kecil dari nilai z_(tabel=) Artinya persentase ketuntasan pembelajaran ips kurang dari batas ketuntasan pembelajaran yaitu 80%, dan tidak mencapai nilai yang diharapkan. Maka dengan demikian pengaruh metode tutur sebaya terhadap hasil belajar IPS tematik siswa kelas 4 SDN 46 Banda Aceh untuk uji ketuntasan klassikal 85 % tidak bisa diterapkan.


Keywords

PenggunaanMetode Tutor Sebaya, Hasil Belajar IPS Tematik

References

Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

_______, S. 2005.Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib. 2013. Model-Model, Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual.( Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Budiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Cetakan Ke 4 Edisi 2. Surakarta. UNS

Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, 2008. Psikologi Pendidikan, Jakarta ,PT. Rineka Cipta

________. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta

Dmiyanti, Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasbullah. 2004. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara: Jakarta

Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-Model Pembelajaran). Jakarta

Kartono. 2005. Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid. 2015. Strategi Pembelajaran Bandung: PT . Remaja Rosda Karya

Nana Sudjana. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nasution. 2005. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Poerwanti. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, 2005. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

______. 2009. Strategi Pembelajaran(Beriontasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group.

Sagala. 2015. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sabri. 2010. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Slameto.2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta

Suherman, Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemperor .Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugihartono, Dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Syah. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunardi, Hartono. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Syah M. 2009. Psikologi pendidikan.bandung.PT Remaja rosda karya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wana. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemperor : Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Pt. Bumi Aksara

Yamin, Maisah. 2009. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta: Gaung Persada Press.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1258

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository