PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU SAMPIRAN DAN ISI (KASAMSI) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS V SDN 57 BANDA ACEH
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada siswa kelas V di SDN 57 Banda Aceh diperoleh fakta bahwa kemampuan siswa dalam keterampilan menulis pantun di kelas V masih rendah dapat dilihat dari 34 siswa terdapat 25 siswa (73,52%) belum dapat mencapai KKM mata pelajaran yang telah ditetapkan, yaitu 75, sedangkan terdapat 9 siswa (26,48%) lainnya telah berhasil mencapai KKM mata pelajaran yang ditetapkan. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa siswa belum mampu menuangkan ide–ide yang akan ditulis ke dalam bentuk tulisan, belum mampu menulis pantun sesuai dengan ciri-ciri pantun diantaranya beberapa siswa belum dapat membedakan sampiran dan isi, penyusunan suku kata 8-12, dan berrima a-b-a-b. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah terdapat pengaruh penggunaan media kartu sampiran dan isi (Kasamsi) dalam meningkatkan Keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN 57 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu sampiran dan isi (Kasamsi) dalam meningkatkan Keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN 57 Banda Aceh. Pendekatan Penelitian menggunakan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 34 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria penolakan H_o dengan taraf signifikansi ∝= 0,05 dan v=(n-1) dan peluang (1-α). dari tabel distribusi student t diperoleh t_tabel = t_((1-α, n-1) ) = t_((0,95)(33))=1,69, sehingga t_hitung≥t_tabel yaitu 7,47>1,69, maka H_oditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Kartu Sampiran dan Isi (KASAMSI) berpengaruh dalam Meningkatkan Keterampilan menulis pantun siswa pada kelas V SDN 57 Banda Aceh.
Keywords
KASAMSI Keterampilan Menulis Pantun Siswa
References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan
Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama
Ahmadi dan Supriyadi. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Alisyahbana, S.Takdir. 2011. Puisi Lama. Jakarta: PT. Dian Rakyat
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dewi, Wendi Widya Ratna. 2009. Belajar Menuang ide dalam Puisi, Cerita,
Drama. Klaten: Intan Periwara.
Iskandar. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.
Santoso, Joko. 2013. Pantun Puisi Lama Melayu. Aroska.Yogyakarta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya
Sugiarto, Eko. 2015. Mengenal Sastra Lama. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Susilana, dkk. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi sastra di Sekolah
Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.