UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Abadi, R. (2019). PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI KUTA PASIE ACEH BESAR (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1251.
Abadi, Rahmad. “PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI KUTA PASIE ACEH BESAR.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2019, https://repository.bbg.ac.id/handle/1251.

PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI KUTA PASIE ACEH BESAR

Thumbnail

View/Open

F0814068W.pdf (488 KB)

Issue Year

2019

Author(s):

Rahmad Abadi

Abstract

Proses belajar tidak bisa hanya mengandalkan pada kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di sekolah untuk bisa mendapatkan hasil belajar yang optimal, tetapi juga harus belajar diluar jam sekolah yaitu aktivitas belajar di rumah karena waktu siswa lebih banyak dihabiskan di rumah. Aktivitas belajar di rumah bertujuan agar kesan yang masih samar-samar menjadi terkesan dan tergambar jelas dalam ingatan, melatih daya-daya jiwa, dan membentuk respon yang benar. Tanpa pengulangan, informasi yang diterima di sekolah akan hilang karena daya ingat kerja sifatnya terbatas. Adapun rumusan masalah yang akan diteliti adalah apakah aktivitas belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Kuta Pasie ?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Kuta Pasie. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kuta Pasie yang berjumlah 133 orang siswa, sampel dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas V dengan jumlah 22 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis naratif, dengan memberikan pemaparan, gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar di rumah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Kuta Pasie dengan hasil penelitian uji koefisien korelasi (rxy) diperoleh nilai korelasi = 0,3574. Nilai koefisien korelasi ditafsirkan dengan tabel pengaruh korelasi dimana nilai 0,3574 berada pada rentang 0.200-0.399 dengan hasil korelasi rendah, sehingga aktivitas belajar di rumah memiliki pengaruh yang rendah terhadap prestasi belajar PKN siswa kelas V SD Negeri Kuta Pasie Aceh Besar


Keywords

Prestasi Belajar PKN, Aktivitas Belajar di Rumah

References

Arikunto. Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.

Asmara. 2009. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Siswa SD Muhammadiyah Sragen. Skripsi Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Cahyandaru, N. 2013. Hubungan Kedisiplinan Belajar di Sekolah dan di rumah dengan Prestasi Belajar Siswa SD se –Gugus I Sumberagung Jetis Bantul. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta

Dalyono. 2009. Pisikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Desi Darsrianti. 2013. Kecendrungan Orangtua Memilih Sekolah Anak Dalam Melanjutkan Sekolah Di SMP Negeri 1 Suka Makmur Aceh Besar. Skripsi. Universitas Serambi Mekkah. Banda Aceh

Direktorat Pembinaan SD 2010. Juknis Penyusunan Program Pengembangan Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sma. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Moleong. 2013. Metodologi Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. Eni Candra 2013. Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X MA Darussalam Jombang. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sardiman. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Seto. 2013. Proes Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2015. Metode Statistika. Bandung. Tarsito.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto. 2012. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tegar. Gresika Voor. 2012. Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Siswa SMK Negeri 2 Pengasih. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Redaksi. Kamus Bahasa Indonesia. 2012 Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

UU Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wahyono. Hadi. 2009. Penelitian Study Kasus: Pengertian Kualitatif (http://google. com. diakses 10 Juli 2018)

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1251

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository