PENGARUH METODE TEBAK KATA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I SDN 57 KOTA BANDA ACEH
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap kemampuan berbicara anak didik belum berkembang dengan optimal, sehingga perlu dilakukan penerapan permainan papan tebak kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan papan tebak kata terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di SD Negeri 57 Kota Banda Aceh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 15 orang anak didik. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam SPSS. 17.0. Hipotesis penelitian adalah kegiatan penggunaan permainan papan tebak kata mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di SD Negeri 57 Kota Banda Aceh. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data yang diperoleh t hitung = 12.09 dan sig (2-tailed) – 0.000 karena sig (2-talied) = 0.000< yang signifikan sesudah penggunaan permainan papan tebak kata dalam proses pembelajaran. Jadi artinya ditolak dan diterima yang berarti ada dua perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah melakukan eksperimen dengan menetapkan permainan papan tebak kata Berabung sebesar 58.48%. Pembelajaran menggunakan metode tebak kata ini dapat berpengaruh pada keterampilan berbicara siswa kelas I SD Negeri 57 Kota Banda Aceh, karena metode tebak kata ini memiliki ketertarikan tersendiri selain ada unsur permainan di dalamnya sehingga anak tertarik dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya tentang keterampilan berbicara. Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode tebak kata ini sangat berpengaruh bagi siswa, karena penerapan metode tebak kata ini sangat membantu siswa dalam melakukan pembelajaran bahasa Indonesia tentang keterampilan berbicara. Metode yang digunakan sangat menarik, selain ada unsur permainan didalamnya sangat membantu meningkatkan muet anak dalam melakukan suatu pembelajaran.
Keywords
Keterampilan Berbicara Permainan Papan Tebak Kata
References
Suhartono, 2005, Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini, Jakarta : Depdikbud.
Yudha M. Saputra dan Rudyanto, Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Keterampilan Anak, Jakarta : Depdiknas.
Tarigan, Henri Guntur, 1990. Berbicara Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Depdiknas, 2006. Pedoman Pembuatan dan Pemanfaatan Alat Peraga, Direktorat Pembinaan SD : Jakarta.
.................., 2007. Pengembangan Kemampuan Berbahasa, Depdiknas : Jakarta.
Guntur tarigan, 2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Angkasa : Bandung.
Muhammad Fadlillah dan Mualifatu Khorida, 2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Ar-Ruzz Media : Jogjakarta.
Muhammad Thobroni dan Fairuzul Mumtaz, 2011. Pendongkrak Kecerdasan Anak Melalui Bermain dan Permainan, Kata Hati : Jogjakarta.
Santosa, 2006. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka : Jakarta.
Sumiyah, 2014. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Permainan Tebak Kata Pada Kelompok B Di RA Muslimat NU Ngluwat 2 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga : Yogyakarta http//: digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint141007 (Diakses Januari 2017).
Suryo Purnomo Adji dan Rani Novianty, 2013. Peningkatan 50 Games For Fan Learning And Teaching. Irma Widya : Bandung.