UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Fitri, D. (2019). ANALISIS SIKAP KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 BANDA ACEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1249.
Fitri, Diana. “ANALISIS SIKAP KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 BANDA ACEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2019, https://repository.bbg.ac.id/handle/1249.

ANALISIS SIKAP KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 BANDA ACEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Thumbnail

View/Open

F0815006W.pdf (300 KB)

Issue Year

2019

Author(s):

Diana Fitri

Abstract

Pada saat kegiatan proses belajar mengajar berlangsung, guru sering melupakan aspek sosial siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru wali kelas Va, siswa kelas Va kurang bekerjasama dan bertanggung jawab pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Rumusan dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD?” 2. Apa kendala yang dihadapi guru dalam menumbuhkan sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD?. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. 2. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menumbuhkan sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Metode penelitian yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek yang diteliti adalah guru wali kelas Va dan siswa kelas Va yang berjumlah 31 siswa di SDN 16 Banda Aceh. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian dari observasi indikator sikap kerjasama dan tanggung jawab sudah berjalan dengan baik dan berdampak positif dengan diterapkannya model pembelajaran STAD disekolah SD Negeri 16 Banda Aceh. Disamping itu, tidak ada kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran untuk pembentukan sikap tanggung jawab dan kerjasama siswa, Hal tersebut dikarenakan siswa di SDN 16 Banda Aceh selalu patuh dan taat akan aturan, dan siswa berasal dari latarbelakang yang intelektual serta adanya dukungan dari orang tua siswa untuk pembentukan sikap tanggung jawab dan kerjasama. Berdasarkan hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah berjalan dengan baik sesuai aturan yang diberlakukan disekolah.


Keywords

Kerjasama, Tanggung Jawab, Model Kooperatif tipe STAD

References

Anita Lie. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning

di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta

Asma, Nur. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif. Departemen Pendidikan

Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Asma, Nur. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Dirjen Diketi

Direktorat Ketenagaan.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 tahun 2003.tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Desi. 2013. Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Dengan Menggunakan

Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Pada Materi Pesawat Sederhana di Kelas V SDN 13/ 1 Muara Bulian. Universitas Jambi. Vol. 37. No 32.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta

Djam'an Satori & Aan Komariah. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

PT Alfabeta.

Eissa M, Alansari. 2006. Implementation of Cooperative Learning in The Center

for Community Service and Continuing Educationat Kuwait University. Australian Journal of Adult Learning Volume 46, Number 2, July 2006.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta. Rajawali. Pers

Fatoni, Fatoni. 2016. The Effect Of Stop Type Cooperative Learning With Problem Based Learning Strategy On Cooperation And Results Of Ips Students In Class V SD Students. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian.

e-ISSN: 2460-8475. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/issue/view/155.

Harsanto, R. 2007. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisus

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Idrus, M. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Akasara

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Alfabeta. Bandung.

Mu'in, F. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik Dan Praktik .Jogyakarta:

Ar-Ruzz Media

Nugroho, Oky Wasrik Dwi. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas V SDN Karang Duren. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 38 No 37.

Rufina dkk. 2013. Hubungan Internalisasi Nilai Kerjasama Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. USU.

Vol 37. No. 33.

Sa'dijah, Cholis. 2011. Kemampuan Partisipasi Dan Kerjasama Siswa Dalam

Pembelajaran Matematika Beracuan Kontruktivis Dengan Setting Kooperatif. Jurnal Universitas Muhammadiyah. Vol. 33. No 24.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Bandung: Alfabeta

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, Agus. 2009. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi

PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus . 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia

Pustaka Jaya.

Slavin, E. Robert. 2008. Cooperative Learning; Teori, Riset dan Praktik.

Bandung: Nusa Media.

Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam

Prerspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi aksara.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1249

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository