ANALISIS SIKAP KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 BANDA ACEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Abstract
Pada saat kegiatan proses belajar mengajar berlangsung, guru sering melupakan aspek sosial siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru wali kelas Va, siswa kelas Va kurang bekerjasama dan bertanggung jawab pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Rumusan dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD?” 2. Apa kendala yang dihadapi guru dalam menumbuhkan sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD?. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. 2. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menumbuhkan sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Metode penelitian yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek yang diteliti adalah guru wali kelas Va dan siswa kelas Va yang berjumlah 31 siswa di SDN 16 Banda Aceh. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian dari observasi indikator sikap kerjasama dan tanggung jawab sudah berjalan dengan baik dan berdampak positif dengan diterapkannya model pembelajaran STAD disekolah SD Negeri 16 Banda Aceh. Disamping itu, tidak ada kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran untuk pembentukan sikap tanggung jawab dan kerjasama siswa, Hal tersebut dikarenakan siswa di SDN 16 Banda Aceh selalu patuh dan taat akan aturan, dan siswa berasal dari latarbelakang yang intelektual serta adanya dukungan dari orang tua siswa untuk pembentukan sikap tanggung jawab dan kerjasama. Berdasarkan hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah berjalan dengan baik sesuai aturan yang diberlakukan disekolah.
Keywords
Kerjasama, Tanggung Jawab, Model Kooperatif tipe STAD
References
Anita Lie. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning
di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta
Asma, Nur. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif. Departemen Pendidikan
Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta.
Asma, Nur. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Dirjen Diketi
Direktorat Ketenagaan.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 tahun 2003.tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Desi. 2013. Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Dengan Menggunakan
Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Pada Materi Pesawat Sederhana di Kelas V SDN 13/ 1 Muara Bulian. Universitas Jambi. Vol. 37. No 32.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta
Djam'an Satori & Aan Komariah. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:
PT Alfabeta.
Eissa M, Alansari. 2006. Implementation of Cooperative Learning in The Center
for Community Service and Continuing Educationat Kuwait University. Australian Journal of Adult Learning Volume 46, Number 2, July 2006.
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta. Rajawali. Pers
Fatoni, Fatoni. 2016. The Effect Of Stop Type Cooperative Learning With Problem Based Learning Strategy On Cooperation And Results Of Ips Students In Class V SD Students. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian.
e-ISSN: 2460-8475. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/issue/view/155.
Harsanto, R. 2007. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisus
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Idrus, M. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Akasara
Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Alfabeta. Bandung.
Mu'in, F. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik Dan Praktik .Jogyakarta:
Ar-Ruzz Media
Nugroho, Oky Wasrik Dwi. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas V SDN Karang Duren. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 38 No 37.
Rufina dkk. 2013. Hubungan Internalisasi Nilai Kerjasama Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. USU.
Vol 37. No. 33.
Sa'dijah, Cholis. 2011. Kemampuan Partisipasi Dan Kerjasama Siswa Dalam
Pembelajaran Matematika Beracuan Kontruktivis Dengan Setting Kooperatif. Jurnal Universitas Muhammadiyah. Vol. 33. No 24.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, Agus. 2009. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi
PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus . 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia
Pustaka Jaya.
Slavin, E. Robert. 2008. Cooperative Learning; Teori, Riset dan Praktik.
Bandung: Nusa Media.
Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam
Prerspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi aksara.