ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI RUANG DI KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika dikelas V, siswa masih mengalami kesulitan saat memecahkan suatu masalah dan memahami soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ruang dikelas V SD Negeri 69 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan; untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ruang dikelas V SD Negeri 69 Banda Aceh. Metode penelitian yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek yang diteliti siswa kelas V yang berjumlah 34 siswa di SD Negeri 69 Banda Aceh. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan angket. Hasil penelitian dari soal tes siswa terhadap indikator kemampuan pemecahan pada materi geometri ruang yaitu tergolong cukup atau sedang walaupun ada beberapa siswa yang terdapat kesalahan pada indikator pada saat menyelesaikan soal namun diperkuat dengan hasil wawancara siswa yang menunjukkan kemampaun pemecahan masalah siswa sedang atau cukup. Hasil analisis deskriptif persentase respon siswa terhadap geometri ruang siswa juga menunjukkan respon yang positif. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini melalu materi geometri ruang siswa dapat adalah kemampuan pemecahan masalah siswa masih dalam kegori sedang atau cukup dengan nilai rata-rata 69 dan respon siswa terhadap materi geometri yang positif dengan nilai 77
Keywords
Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Geometri Ruang
References
Ayu Yarmayani, 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi, jurnalis ilmiah Dikdaya.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2095. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Amir Sani, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 2 Pangkalan Kuras (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2016).
Asep Jihad, 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika (Tinjauan Teoritis dan Historis) Yogyakarta: Multi Pressindo.
Bambang Sri Anggoro, 2015. Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, Al-jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6, no.2.
Bugin, Burhan. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Erman Suherman, 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung JICA
Fuadiyah, Nidho (Ed). 2013. Upaya Meningkatkan Pengenalan Geometri Dengan Permainan Puzzle Bervariasi Pada Kelompok B TK Al-Hikmah Malang, Semarang.
Hasratudin, 2014. Pembelajaran Matematikan Sekarang dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter Jurnal Didaktik Matematika, Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1 No. 2.
Jihad, Asep. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika (Tinjauan Teoritis dean Histori). Yogyakarta: Multi Pressindo.
Jacob, 2010. Matematis Sebagai Pemecahan Masalah, Bandung: Setia Budi.
Juwita, 2010. Perkembangan Fisik Motorik dan Bahasa Surakarta. UMS.
Lexy Moleong, J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Oemar Hamalik, 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Cetakan ke-15. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Moh Roqib, 2009. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integeratif Disekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKS
Mulyono Abdurrahman, 2009. Pendidikan Bagi Anak Yang Berkesulitan Belajara. Jakarta: Rineka Cipta.
Netriwati, 2016. Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7, No 2.
Risnawati, 2008. Strategi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru; Suska Press.
Sudjana, Nana. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D). Penerbit CV Alfabeta; Bandung.
Safrina, K.dkk, 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele, artikel dalam Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 1(1), pp.9-20. Tersedia Online di http://www.jurnal.unsyiah.ac.id
Triharso, Agung, 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ansi Yogyakarta