PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA KELAS VA SD NEGERI 16 BANDA ACEH PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR
Abstract
Nilai kognitif siswa kelas VA SD Negeri 16 Banda Aceh pada pelajaran IPA materi perpindahan kalor belum memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 76. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL terhadap nilai kognitif siswa, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas VA SD Negeri 16 Banda Aceh pada materi perpindahan kalor. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Intrumen penelitin terdiri dari soal tes dan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes siswa sebesar 80,76 dengan ketuntasan klasikal 72,73%, nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran IPA sebelum menggunakan model CTL 76,33 dengan ketuntasan klasikal 69%. Analisis hipotesis menunjukkan thitung > ttabel, yaitu (2,49 > 1,69), maka H1 diterima. Nilai kognitif siswa rata-rata C1=22, C2=27, dan C3=31. Aktivitas guru dalam pembelajaran CTL rata-rata 4,74 dengan kriteria sangat baik dan aktivitas belajar siswa mencapai 85% dari 33 orang siswa pada kriteria sangat baik, 9% pada kriteria baik dan 6% pada kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model CTL terhadap nilai kognitif secara individu dengan rata-rata nilai sebesar 80,76. Namun tidak mempengaruhi presentase ketuntasan klasikal dikelas tersebut karena hanya diperoleh nilai presentase ketuntasan sebesar 72,73% dimana minimalnya 80%. Aktivitas belajar guru dan siswa melalui penerapan model CTL menunjukkan lebih baik. Hal ini membuktikan bahwa model CTL dapat menjadikan siswa lebih aktif dan semangat, karena pembelajaran langsung dikaitkan dengan alam sekitar siswa.
Keywords
Model CTL, Nilai Kognitif
References
Anna dan Louise. 2008. Contextual Teaching and Learning Approach of
Mathematics in Primary Schools. EBSCO host online. Vol 59 issue 2, p 92-101. 10p. (diakses 29 Januari 2019)
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. CVYrama Widya. Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Sari, Elita 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (DI) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa VIIA
SMPN 17 Bengkulu Pada Pokok Bahasan Perpindahan Kalor. Bengkulu: Universitas Bengkulu. (https://www.google.com/search)
Diakses 15 Januari 2019
Gunawan, Adi. 2016. Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Tolak Peluru Pada Siswa Putra Kelas VIII SMP N 16 Takengon. Skripsi. Banda Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena
Gunawan, Arif. 2013. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan CD Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPS siswa kelas V SD Negeri Plumbon 02 Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Lib.unnes.ac.id/17663/1/1401910015.pdf. diakses pada tanggal 23 Januari 2019
Hartini. Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar IPA Siswa Kelas II SDN 02 Gambirmanis Pracimantoro Wonogiri. 2010
Irene, Kristiyono. 2017. ESPS IPA Kelas 5 SD K13 Revisi 2016. Surakarta:Erlanggga
Istarani dan M. Ridwan. A. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV Media Persada
Istichomah. 2010. “Peningkatan Pemahaman Konsep Energi Panas Dalam Mata
Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kuantum Pada Siswa Kelas
IV Di SD Negeri Bonagung I Tanon Sragen Tahun Pelajaran
2009/2010”. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Nurahmawati. 2014. Penggunaan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan
Kerjasama dan Keaktifan Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS di SD
Negeri 2 Sentolo. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas
Maret. https://repository.ar-raniry.ac.id/173/1/Evi%20Nurhidayati.pd Diakses 15 Januari 2019
Nurahmawati. Penggunaan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan
Kerjasama dan Keaktifan Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS di SD Negeri 2 Sentolo. 2014
Prayogi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning
(CTL) Terhadap Hasil Belajar Pkn Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Sukajadi. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
(https://www.google.com/search) diakses 19 Januari 2019
Prayogi. Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sukajadi. 2018
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: ALFABETA
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme
Guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sari. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (DI) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa VIIA SMPN 17 Bengkulu Pada Pokok Bahasan Perpindahan Kalor. 2014
Sudjana, Nana.2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Roesdakarya
Sudjana, Nana.2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA