UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Amrini, D. (2019). PERAN WALI KELAS DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV DI SDN 46 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1237.
Amrini, Desi. “PERAN WALI KELAS DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV DI SDN 46 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2019, https://repository.bbg.ac.id/handle/1237.

PERAN WALI KELAS DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV DI SDN 46 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0815005W.pdf (361 KB)

Issue Year

2019

Author(s):

Desi Amrini

Abstract

Salah satu cara mengukur kemampuan wali kelas dalam memimpin kelasnya adalah dalam mendisiplinkan siswa. Berdasarkan hasil pengamatan awal di SDN 46 Banda Aceh menunjukkan bahwa terdapat siswa yang melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap tata tertib sekolah. Pelanggarannya dapat dilihat dengan gejala-gejala yaitu: 1. Adanya siswa yang telat datang ke sekolah. 2. Adanya siswa yang berkeliaran di luar sekolah pada jam pelajaran. 3. Siswa pulang sebelum waktunya jam pulang. 4. Masih adanya siswa yang tidak berpakaian rapi. 5. Adanya siswa yang menyontek saat ulangan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana peran wali kelas dalam membina kedisiplinan siswa di SDN 46 Banda Aceh?. 2. Apa faktor pendukung dan penghambat peran wali kelas dalam membina kedisiplinan siswa di SDN 46 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui bagaimana peran wali kelas dalam membina kedisiplinan siswa di SDN 46 Banda Aceh. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran wali kelas dalam membina kedisiplinan siswa di SDN 46 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah 6 orang wali kelas dan 25 orang siswa kelas IV di SDN 46 Banda Aceh. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa wali kelas di SD 46 Banda Aceh dalam membina kedisiplinan siswa sudah berjalan dengan baik meski demikian wali kelas juga tidak terlepas dari yang namanya hambatan atau kendala yang di hadapi. Ada beberapa faktor penghambat yang dihadapi wali kelas dalam melakukan pegelolaan kelas ialah kurangnya sarana belajar serta pada saat pengaturan peserta didik, ada siswa/siswi yang tidak patuh atau tidak mendengarkan aturan yang telah diterapkan oleh wali kelas. Berdasarkan hasil wawancara setiap pihak pendukung dalam membina kedisiplinan siswa harus memperhatikan tanggung jawabnya masing-masing dan tidak mengabaikan perannya. Dengan demikan dapat ditarik kesimpulan bahwa peran wali kelas dalam membina kedisiplinan siswa sudah berjalan dengan baik dan optimal.


Keywords

Wali kelas, Kedisiplinan siswa

References

Aan Komariah, Djam'an Satori, 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Abdurrahman Fathoni 2009. Manajemen sumberdaya Manusia Bandung. Refika Aditama

Achmadi, Narbuka. 2004. Metode Penelitian Jakarta:Bumu Aksara

Akhmad Sudrajat 2010. Kedisiplinan siswa di sekolah. http :/www. dunia edukasi./2010/05/ kedisiplinan siswa di sekolah

Akhmad Rofiuddin 2016. the studens'dicipline in participating the school avtivities. jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 15 Tahun ke-5 UNY

Alma,Buchari.2010.Guru Profesional:Menguasai dan tranmpil Mengajar. Yogjakarta: Pustaka belajar

Ani Sri Rahayu.2009.Respon waki kelas/guru Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ait Tiris Kec.Kampar Kab.Kampar.PAI Fakultas Tarbiyah da Keguruan UIN SUSKA Riau. repository. uin-suska. Ac.id/5149/3/.pdf

Aqib, Zainal,dkk.2011.Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK, Bandung:Yrma Widia

Ardelia, Keren, Rina Rifayanti, dan Wahyuni Arsyad. 2019. Komunikasi antar pribadi guru dan siswa dalam meningkatkan kedisiplinan siswa Di SMA Negeri 1 Muara Lawa Kabupaten Kutai Barat.ejurnal Ilmu Komunikasi.7(1):190-204.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arum, M, Bakti.2014. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Tanah Liat Pada Kelompok B TK Yayasan Masyitoh Beran.http://eprints.iny.ac.id/12996/1/SKRIPSI.pdf. 5 Juni 2015. UNY

Dahar, Ratna. 2010. Teori-Teori Belajar dan & Pembelajaran. Jakarta : Erlangga

Djamarah, Syaiful Bahri.2010. Prestasi Belajar dan Kompetensi Mengajar.Surabaya: Usaha Nasional .

Djamarah, Syaiful Bahri,2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Doni, albertus, koesoema ,2010. Pendidikan Karakter Strategi , Mendidik Anak di Zaman Global jakarta . PT. Grasindo.

Fadhilah, Muhammad, dan Lilif Mualifatul Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep Aplikasi Nya Dalam PAUD, Jogjakarta: Ar- ruzz Media .

Fathoni, Abdurrahmat. 2009. Manajemen Sumberdaya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama

Fiana, Julia Fani, Daharmis, dan Mursyid Ridha. 2013 . Student Discipline In Schools And Its Implications In Gruidance And Counseling Services . Jurnal Ilmiah Konseling Volume 2 Nomor 23 UNP.

Hary, oktopusi 2012 . Pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap efektivitas proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA pasundan 7 tahun pelajaran 2011/2012 repository unpas ac id

Imron, Ali 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Jamil Suprihatiningrum. 2013. Strategi dan pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogjakarta: Arrus Media.

Lazim M. 2013. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran. tersedia dhttp p4tk sbjogja . com index php option =com content view = article id = 386.

Mitchell, Gemma L,et al 2012. Parental Influences on Children's Eating Behaviorur and characteristics of successful paren-focussed Interventions. Appetite60

Ratna, Nyoman Kurtha. 2010. Metodologi Penelitian:Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riska, Meiyana. 2014. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Sumatra 40-1 Bandung Tahun Ajaran 2013 / 2014. Jurnal untan.ac.id.

Roestiyah. 2011.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Ruslam, Ahmadi 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif .Yogyakarta: Ar-Ruzz

Sanjaya, Wina 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudrajat, Akhmad. 2010. Pengertian Pendekatan Strategi Metode. Teknik dan Model Pembelajaran . Bandung :Sinar Baru Algensindo .

Sugiyono. 2015 Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kualitatif Dan (R D. ) Penerbit CV. Alfabeta : Bandung .

Sukardi. 2010. Evaluasi Pendidikan, Prinsip dan Operasionalnya Jakarta: PT. Bumi Aksara

Supriadi, D. 1998. Mengangkat Citra Dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Unaradjan, Dominikus, Dolet. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Universitas Atma Jaya

Usman, Moh. Uzer. 2010. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belahar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Windy, Nurjanah. 2014. Pengaruh Di Siplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 11 Bandung Repository . UPI. Edu/186.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1237

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository