SIKAP BERBAHASA INDONESIA SISWA SMA NEGERI I BAKONGAN TIMUR
Abstract
Sikap berbahasa Indonesia merupakan salah satu hal penting yang mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan studi awal di SMA Negeri 1 Bakongan Timur, diketahui bahwa siswa sering berkomunikasi dengan bahasa daerah di sekolah. Tentu ini dirasa kurang baik, karena bahasa pengantar yang seharusnya di sekolah adalah bahasa Indonesia. Penelitian ini berjudul “Sikap Berbahasa Indonesia Siswa SMA Negeri I Bakongan Timur”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah sikap berbahasa Indonesia siswa SMA Negeri 1 Bakongan Timur?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap berbahasa Indonesia siswa SMA Negeri 1 Bakongan Timur. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bakongan Timur tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 18 orang. Data sikap berbahasa siswa diteliti berdasarkan aspek sikap setia terhadap bahasa Indonesia, rasa bangga terhadap bahasa Indonesia, dan sikap menyadari adanya norma dalam bahasa Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data tersebut dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap berbahasa Indonesia siswa SMA Negeri I Bakongan Timur berdasarkan kategori sikap setia terhadap bahasa Indonesia dapat dilihat bahwa seluruh siswa ketika berkomunikasi di kelas masih mencampurkan bahasa Indonesia dengan bahasa yang tidak baku yaitu dengan menggunakan bahasa sehari-hari dan kadang mencampurkan dengan bahasa daerah. (2) sikap berbahasa Indonesia siswa SMA Negeri I Bakongan Timur berdasarkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia dapat dilihat pada umumnya siswa tidak selalu berkomunikasi dengan teman menggunakan bahasa Indonesia yaitu 83.3%. Ketika berkomunikasi dengan teman, siswa masih mencampur bahasa Indonesia dengan bahasa daerah. Hal ini berbeda ketika siswa memberikan pertanyaan kepada guru, pada umumnya mereka menggunakan bahasa Indonesia yaitu 94.4%, serta memberikan tanggapan dan jawaban atas pertanyaan guru dengan menggunakan bahasa Indonesia yaitu 88.9%, dan (3) sikap menyadari adanya norma dalam bahasa Indonesia siswa SMA Negeri I Bakongan Timur dapat dilihat pada umumnya siswa menggunakan bahasa Indonesia secara santun yaitu 72.2%, memiliki tatakrama dalam berkomunikasi baik dengan teman maupun guru yaitu 77.8%, serta menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan umur dan tempat yaitu 66.7%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa sikap berbahasa Indonesia siswa SMA Negeri I Bakongan Timur secara umum masih kurang.
Keywords
sikap berbahasa, bahasa Indonesia
References
Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Apriana, Laili. 2013. Sikap Bahasa Siswa Siswa Kelas VII SMP Darma Bangsa Tahun Pelajaran 2012/2013 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa di SMP (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Azwar, Saifuddin. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baker. Collin. 1988. Key Issues in Bilingualism and Bilingual Education. Clevedon: Multilingual Matter.
Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Devi, dkk. 2013. Sikap Bahasa Siswa Terhadap Bahasa Indonesia: Studi Kasus di SMA Negeri I Singaraja. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume 2 Tahun 2013).
Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa Panduan Ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nababan. 1991. Sosiolinguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.
Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rusyana, Yus. 1989. Perihal Kedwibahasaan (Bilingualisme). Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPT.
Suandi, I Nengah. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyu, Riyanti. 2017. Sikap Terhadap Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Lampung: FKIP Universitas Lampung.