ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA INDONESIA BERSERTIFIKAT PENDIDIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sebagai salah satu komponen pengajaran, guru mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu kemampuan pedagogik dan profesional guru dalam mengajar haruslah mendapat perhatian yang besar. Penelitian ini berjudul “Analisis Kompentensi Pedagogik dan Profesional Guru Bahasa Indonesia Bersertifikat Pendidik dalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 6 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik dan profesional guru Bahasa Indonesia yang bersertifikat pendidik dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di SMP Negeri 6 Banda Aceh dan memiliki status telah memiliki sertifikat pendidik selama 6 (enam) tahun yang berjumlah satu orang dan siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh yang diambil secara acak sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru Bahasa Indonesia yang bersertifikat pendidik di SMP Negeri 6 Banda Aceh tergolong kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator kompetensi pedagogik, yaitu pemahaman wawasan dan landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, evaluasi pada setiap akhir pembelajaran, dan pengembangan peserta didik yang secara keseluruhan sudah baik. (2) Kompetensi profesional guru Bahasa Indonesia yang bersertifikat pendidik di SMP Negeri 6 Banda Aceh tergolong dalam kategori baik. Kompetensi profesional meliputi penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri secara keseluruhan tergolong sudah baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan profesional guru Bahasa Indonesia yang bersertifikasi pendidik di SMP Negeri 6 Banda Aceh tergolong dalam kategori baik. Kepada guru Bahasa Indonesia tersertifikasi hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional sehingga bisa menjadi motivasi bagi guru lainnya agar tidak berpuas diri dengan kompetensi yang telah dimiliki guna meningkatkan kualitas pembelajaran.
Keywords
kompentensi, pedagogik, profesional, guru, sertifikat, pendidik
References
Arifin, H.M. 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara.
Edi Suardi. 2009. Pedagogik. Bandung: Angkasa Offset.
E. Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Martinis Yamin, 2007. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press, cet. Ke-2.
Muhibbin Syah. 2007. Psikologi Pendidikan Dengan Pendeketan Baru. Jakarta: Rajawali Press.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, cet. Ke-8.
Narendra, Mufty Ridha. 2012. Korelasi Tingkat Kompetensi Profesionalisme Guru Biologi terhadap Minat dan Ketuntasan Belajar Siswa di SMA Se-kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.
Rahayu. 2012. Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Guru Biologi Bersertifikat Pendidik di SMA 3 Semarang. Jurnal Unnes 1 (2): 1-8.
Sabri, Alisuf. 1996. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sholeh, Asrorun, Ni'am. 2006. Membangun Profesionalitas Guru Analisis Kronologis atas Lahirnya Undang-Undang Guru dan Dosen, Jakarta: eLSAS.
Sirojuddin, Ahmad. 2011. Hubungan Kompetensi Profesionalisme Guru dengan Efektivitas Proses Pembelajaran di MTs. Annida Al-Islamy Rawa Bugel Bekasi Utara.
Soetjipto, dkk. 2009. Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 1998. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Sikdinas). Jakarta: Depdiknas.
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen.
Uno, Hamzah. 2012. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
____________. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Nasir. 2012. Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru. Bandung: Cipta Pustaka.
Yunus Namsa. 2006. Kiprah Baru Profesi Guru Indonsia Wawasan Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Pustaka Mapan.