UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Nuhlita, A. (2019). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN TIPE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1221.
Nuhlita, Aji. “PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN TIPE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2019, https://repository.bbg.ac.id/handle/1221.

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN TIPE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0114002W.pdf (566 KB)

Issue Year

2019

Author(s):

Aji Nuhlita

Abstract

Proses belajar memberikan pengetahuan baru kepada individu yang belajar. Oleh karena itu, guru harus menggunakan model pembelajaran yang dapat membantu menyampaikan materi pembelajaran dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi teks drama melalui model pembelajaran kooperatif tipe integrated Reading And Composition (CIRC) dengan tipe Role Playing. (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi teks drama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baik dari pada tipe Role Playing siswa kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan mendepskripsikan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan tipe Role Playing kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan yang menjadi sampel kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 berjumlah 50 siswa di MTsN rukoh Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essai sebanyak 3 butir soal, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% (@ = 0,05. Berdasarkan nilai thitung = 8,00 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 (uji satu pihak) dengan dk= n1 + n2 -2 = 25 + 25 – 2 = 48 adalah 1,68. Kriteria pengujian yaitu terima Ho jika thitung ≤ ttabel dan tolak Ho jika thitung > ttabel pada derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2 – 2 dan peluang (1 –α) dengan α = 0,05. Adapun hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatife tipe CIRC dengan tipe Role Playing, perbedaan tersebut dapat dibuktikan melalui nilai rata-rata siswa yaitu 78 menggunakan model CIRC dan 53,82 menggunakan model Role Playing. Selajutnya, hasil belajar siswa menggunakan model CIRC lebih baik dari pada Role Playing hal ini dapat dibuktikan melalui uji t. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel atau 8,00 > 1,68, maka Ho ditolak Ha diterima. Penggunaan model pembelajaran CIRC di dalam pembelajaran teks drama berhasil meningkatkan mutu proses pembelajaran yang ditandai dengan terlihatnya antusiasme, minat hasil perolehan belajar teks drama. Untuk meningkatkan pembelajaran teks drama maka model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat dijadikan salah satu metode alternatif yang cukup efektif dalam meningkat kemampuan belajar teks drama khususnya pembelajaran bahasa Indonesia


Keywords

model kooperatif circ, role playing, hasil belajar, teks drama

References

Antarika, Wenti. 2016. Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan

Keterampilan Bermain Drama Siswa Kelas XI. (google.co.id/artikel role

playing). (Artikel) Diakses 5 Desember 2018.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Burhan, Nurgiyantoro. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Dipi, Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran

Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, Abdullah. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman

Melalui Penggunaan Model Cooperatif Integrated Reading And

Composition (CIRC) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Temanggal Tahun

2014. (http://pengertian model pembelajaran CIRC.com)-article. Diakses

7 Desember 2018.

Jati, Yoga Bririan. 2013. Pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading

And Composition (CIRC) Menggunakan Peta Konsep dan Peta Pikiran

Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap SMAN 1

Sragen. (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia). Diakses 5 Desember

2018.

Kartikajati. 2009. Unsur Intrinsik Drama dan Implementasi Drama di SMP.

Yogyakarta: PBSID USD.

Kemendikbud. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: Bahasa Indonesia.

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Mendikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Scripta

Cendikia.

Ngalim, Purwanto. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 1988. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah.

Yogyakarta: BPFE.

Purwandari, Retno. 2015. Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta:

Istana Media.

Ramadhanti, Dina. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC

Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah

Gumanti. (http:dx.doi.org/10.22202/JG.2017.V3i1.1230). Diakses

7 Desember 2018.

Rojas, Maria Asuncion and Jhonny Villafuerte. “The Inluence of Implementing

Role-Playing as an Educational Techniqueon EFL.Speaking Development”

Theory and Practice in Language Studies. Vol. 8 no. 7, 2018, p. 726 +

General One File, http://link.galegroup.com/apps/doc.

/A549160698/GPS?u = kpt01124&sid = GPS&xid = 652fa70e.

Diakses 4 Desember 2018.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sabri, Alisuf. 2010. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:

Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suroso. 2015. Drama: Teori dan Praktik Pementasan. Yogyakarta: Elmatera.

Susanti, Hetty. 2013. Peranan Latar Sosial dalam Mendukung Penokohan pada

Novel Batas Karya Akmal Nasery Basral. (susantihetty@ymail.com)

Diakses 10 November 2018.

Suyitno. 2005. Mengadopsi Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan

Keterampilan Siswa. Semarang: FMIPA UNNES.

Syaiful Bahri Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Thobroni, Muhammad. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Media.

Usman, Muhammad Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Waluyo, Herman J. 2002. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta:

Hanindita Graha Widya.

Wiranty, Wiendi. 2018. Memerankan Tokoh dalam Pementasan Drama dengan

Model Role Playing dan Media Film. (email:indiecharmer@gmail.com).

Diakses 9 Desember 2018.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1221

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository