ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN MORAL AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN EMOSIONAL ANAK DI SEKOLAH DI TK CUT MUTIA BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Pendidikan Moral Agama Dalam Keluarga Terhadap kemampuan Emosional Anak Di Sekolah Di TK Cut Mutia Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru di TK Cut Mutia Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 4 orang. dan objek yang diobservasi yaitu 4 anak. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari empat anak yaitu A, H, L dan W, masing-masing memiliki kemampuan sosial emosional yang berbeda. Dari hasil wawancara, orang tua selalu menanamkan nilai moral agama kepada anak. Nilai agama yang ditanamkan orang tua yaitu kejujuran dan kesopanan, Kemudian anak juga diajak untuk selalu berbuat baik kepada orang lain, selalu menolong oranglain tanpa pamrih, dan dalam berbicara, anak diajarkan menggunakan bahasa yang santun. Adapun cara orang tua dalam menanamkan nilai-nilai moral agama kepada anak dilakukan dengan membacakan cerita-cerita tentang kebaikan, memberi nasehat, dan memberi contoh teladan yang baik. Disamping itu, Kemampuan sosial emosional anak juga disebabkan oleh faktor lingkungan dimana kondisi anak pada saat berada diluar sekolah sangat mempengaruhi tingkat kemampuan anak dalam bersosial.
Keywords
Analisis Pendidikan Moral Agama Kemampuan Emosional Anak
References
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Prenada. Media Group.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.
Azmi, Muhammad. 2012. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah. Yogyakarta: Belukar.
Bustomi, M Yasid. 2012. Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan. Kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta : Citra Publishing.
Boengin.2011. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung : Remaja Rosda.
Danim, S. 2012. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Diane. 2014. Pendidikan Nilai Moral untuk Anak Usia Dini Terjemahan Risa Pratono). Jakarta: Grasindo.
Gulo, W. 2010.Metode Penelitian, Jakarta: Grasindo.
Hadi.dan Akdon. 2012. Aplikasi Statustika dan Metode Penelitian Untuk Adminitrasi dan Manajemen.Bandung: Dewa Ruci.
Isjoni, 2011. Pembelajaran Kooperatif, Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi. Antar Peserta
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Rosda
Maulidya.2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja
Novan Ardy.2016. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: PT Ar- ruzz. Media.
Nazir. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Otib Satibi. 2008. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Yogjakarta: PT Ar- ruzz. Media.
Ridwan.2012. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.
Soerjono.2014. Sosiologi Keluarga. Rineka Cipta. Jakarta.
Soetjiningsih. 2014. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Sjarkawi. 2009. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Wina, Sanjaya. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.
Yani, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada media Grup Prenada media Grup
Zuriah Nuzul, 2011, Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara.