PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 10 BANDA ACEH
Abstract
Dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dapat tercipta apabila menerapkan metode pembelajaran dan penggunaan media yang menarik sehingga peserta didik termotivasi dalam belajar dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menjadi salah faktor penting karena mempengaruhi tingkat kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas VB di SDN 10 Banda Aceh dengan meningkatkan aktifitas belajar siswa menggunakan metode role playing. Sebelum tindakan dilakukan pra siklus diaksanakan dengan mengamati siswa dengan indikator: turut serta dalam melaksanakan tugas beajar, meatih diri menyelesaikan tugas, menilai kemampuan diri dan hasil yang diperoleh siswa, terlibat dalam diskusi dan pemecahan masalah dengan jumlah rata – rata 7,52. Pada siklus I dalam penerapan metode role playing masih kurangnya aktif siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan didapatkan nilai skor rata – rata 20,63. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan keaktifikan siswa pada proses pembelajaran didapatkan skor rata – rata 27,41 di buktikan banyaknya siswa yang menjelaskan dengan lancar, menjawab pertanyaan guru, dan memberikan saran pada setiap diskusi yang dilakukan. Aspek indikator dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa adalah isi informasi, pilihan kata, ketepatan menjelaskan, ekspresi dan tingka laku, kelancaran, dan volume suara. Oleh karena itu penerapan metode role playing dengan meningkatkan aktifitas belajar siswa dapat di terapkan di kelas VB SDN 10 Banda Aceh serta dapat juga di terapkan pada kelas lain juga.
Keywords
Role Playing, Aktifitas Belajar Siswa
References
Atmazaki. 2013. Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Makalah. Padang: UNP.
Aqib Z. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Jakarta : Yrama Widya.
Budiansyah. 2017. Penggunaan Metode Role playing Untuk Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar Negeri palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1. No 2:153-169.
Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas
Ernani, Syarifuddin. 2016. Pengaruh Metode Role playing Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta didik PadaMata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI. Volume 2, Nomor 1:29-42.
Hamalik O. 2009. Proses BelajarMengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamalik O. 2010 .Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2013. Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta : Pustaka
Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media. hal. 52-54
Nurhasanah I A, Sujana A, Sudin A. 2016. Penerapan Metode Role playing Untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta didik Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Denganlingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 1. No 1:611-620.
Pamungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Andi Offset.
Rambe R N K. 2018. Penerapan Strategi Index Card Match Untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Matapelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, Vol. 25, No. 1:93-124.
Rohmanurmeta F M. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui metode Role playing Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Bahastra, Volume 37, Nomor 1:24-31.
Shepherd, T.L. 2010. Working with Students with Emotional and Behavior Disorders. United States of American: Pearson
Sudjana N. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung:Alfabeta.
Suprapriyadi Y E, Purnomo A A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Role playing Untuk meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Pada Peserta didik Kelas Vsdn Nagrak Lembang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1. No 2:190-197
Tarigan A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Role playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol 5. No 3:102-112.
Thoifuri. 2013. Menjadi Guru Inisiator. Semarang. Media Campus Publishing
Ulfaira, Jamaludin, dan Septiwiharti. 2017. Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Peserta didik Kelas III di SD InpresMarantale Dalam Pembelajaran Pkn Melalui PenerapanMetode Pembelajaran Role playing. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 3 No. 3:125-142.
Undang-Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003, Jakarta, Sinar Grafika.
Yanto A. 2015. Metode Bermain Peran (Role playing)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didikpada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas. Volume I. No 1:53-57.