ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK TK B DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik kasar pada anak saat pembelajaran daring. Hal ini dikarenakan kemampuan motorik kasar memiliki peranan penting dalam kehidupan anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan populasi dalam penelitian adalah guru kelas B berjumlah 4 orang. Hasil analisis yang bersifat deskriptif maka bagian ini peneliti menguraikan semua hasil wawancara dari proses guru dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini 5- 6 tahun di TK Save The Kids Banda Aceh sebagai berikut: Hasil penelitian perkembangan motorik kasar pada anak berkembang dengan baik pada saat proses pembelajaran daring. Untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar selama pembelajaran daring, disini guru harus melakukan beberapa tahapan. Yakni, (1) proses pembelajaran melalui video call; (2) mengirim video pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas B Tk Save The Kids Banda Aceh dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak pada saat pembelajaran daring berkembang dengan baik
Keywords
Motorik Kasar, Pembelajaran Daring
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta
Aisyah, Siti, dkk. 2018. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak
Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual.
Bandung: Yrama Widya
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asmawati L. 2014.Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung : PT Rosdakarya.
Depdiknas. 2015. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Jakarta: Depdiknas.
Decaprio. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Bandung:
Rosdakarya
Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro
Metro Media.
Hurlock, Elisabeth B. 2010.Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Irianto, Djoko Pekik. 2010. Pedoman Praktis Berolahraga Untuk Kebugaran
dan Kesehatan. Yogyakarta: ANDI Ofset.
Jahja, Yudrik.2015. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana.
Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta:
Kencana.
Kustiawan, Usep. 2016. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung
Samudra
Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No.1.
Latif dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Prenada Group.
Mansur.2017. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Montolalu, dkk. 2012. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan:
Universitas Terbuka
Musfiroh, Takdiroatun. 2015. Perkembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta:
Universitas. Terbuka
Mutohir, Toho Cholik dan Gusril. 2014. Perkembangan Motorik Pada Masa
Anak-Anak. Jakarta: Dirjen Olahraga, Depdiknas.
Mustaqiem, Riska. 2017. Sistem Informasi Distribusi Koran Pada Radar Sampit
Berbasis Desktop. Universitas Darwan Ali, Sampit.
Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halm. 77–84.
Nisnayeni. Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Senam
Irama di Taman Kanak – Kanak Bina Ummat Pesisir Selatan. Pesona Paud,
Volume. 1 No. 1
Nurani, Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
PT Indeks.
Nuryanti, dkk. 2015. Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak
Melalui Kegiatan Senam Ceria Cakrawala Dini, Vol. 5 No. 2.
Patmonodewo,Soemiarti. 2013. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta:Asdi
Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD. 2015. Jakarta: Direktorat Pembinaan
Pendidikan Anak Usia Dini
Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.
Rahman. 2012. Karakteristik anak usia dini. Yogyakarta: Mitia Medika
Rahmat, Zikrur. 2019. Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar
Anak Melalui Senam Pingguin di Kelompok B TK. Ikal Dolog, Lampinueng Banda Aceh. Jurnal Penjaskesrek Vol. 6, No. 1, April 2019.
Rusman dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Jakarta: Rajawali Pers.
Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81- 86.
Sugiyono. (2010). Belajar Analisis Dan Sampel. Bandung: Alfabeta.
Siti Munafi'ah. 2017. Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui
Pengolahan Bahan Bekas Pada Kelompok A Di TK Aba Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Simki-Pedagogia, Vol. 1 No. 4.
Sugiyono, Bambang, dkk. 2017. Metode pengembangan Fisik. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Sukamti, Endang Rini. 2017. Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY
Sunardi dan Sunaryo. 2017. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus.
Jakarta: Depdiknas.
Suyanto, Slamet. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:
Hikayat Publising
Wayani S. dkk. 2014. Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan
Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B. E-Jurnal PGPAUD
Wijana. 2015. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan:
Universitas Terbuka.
Yuliani, Nuraini dan Sujiono.2013. Konsep Dasar Pendidikan AUD. Jakarta: PT
Index
Yuliani, Nurani, Bambang Sujiono.2012. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan
Jamak. Jakarta: PT Index.
Yusuf, Syamsul. 2014. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.