UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Wati, A. (2022). ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK TK B DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1196.
Wati, Asmidar. “ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK TK B DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2022, https://repository.bbg.ac.id/handle/1196.

ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK TK B DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0714011W.pdf (483 KB)

Issue Year

2022

Author(s):

Asmidar Wati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik kasar pada anak saat pembelajaran daring. Hal ini dikarenakan kemampuan motorik kasar memiliki peranan penting dalam kehidupan anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan populasi dalam penelitian adalah guru kelas B berjumlah 4 orang. Hasil analisis yang bersifat deskriptif maka bagian ini peneliti menguraikan semua hasil wawancara dari proses guru dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini 5- 6 tahun di TK Save The Kids Banda Aceh sebagai berikut: Hasil penelitian perkembangan motorik kasar pada anak berkembang dengan baik pada saat proses pembelajaran daring. Untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar selama pembelajaran daring, disini guru harus melakukan beberapa tahapan. Yakni, (1) proses pembelajaran melalui video call; (2) mengirim video pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas B Tk Save The Kids Banda Aceh dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak pada saat pembelajaran daring berkembang dengan baik


Keywords

Motorik Kasar, Pembelajaran Daring

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta

Aisyah, Siti, dkk. 2018. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak

Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual.

Bandung: Yrama Widya

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asmawati L. 2014.Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung : PT Rosdakarya.

Depdiknas. 2015. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Jakarta: Depdiknas.

Decaprio. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Bandung:

Rosdakarya

Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro

Metro Media.

Hurlock, Elisabeth B. 2010.Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Irianto, Djoko Pekik. 2010. Pedoman Praktis Berolahraga Untuk Kebugaran

dan Kesehatan. Yogyakarta: ANDI Ofset.

Jahja, Yudrik.2015. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana.

Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta:

Kencana.

Kustiawan, Usep. 2016. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung

Samudra

Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No.1.

Latif dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Prenada Group.

Mansur.2017. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Montolalu, dkk. 2012. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan:

Universitas Terbuka

Musfiroh, Takdiroatun. 2015. Perkembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta:

Universitas. Terbuka

Mutohir, Toho Cholik dan Gusril. 2014. Perkembangan Motorik Pada Masa

Anak-Anak. Jakarta: Dirjen Olahraga, Depdiknas.

Mustaqiem, Riska. 2017. Sistem Informasi Distribusi Koran Pada Radar Sampit

Berbasis Desktop. Universitas Darwan Ali, Sampit.

Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halm. 77–84.

Nisnayeni. Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Senam

Irama di Taman Kanak – Kanak Bina Ummat Pesisir Selatan. Pesona Paud,

Volume. 1 No. 1

Nurani, Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

PT Indeks.

Nuryanti, dkk. 2015. Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak

Melalui Kegiatan Senam Ceria Cakrawala Dini, Vol. 5 No. 2.

Patmonodewo,Soemiarti. 2013. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta:Asdi

Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD. 2015. Jakarta: Direktorat Pembinaan

Pendidikan Anak Usia Dini

Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.

Rahman. 2012. Karakteristik anak usia dini. Yogyakarta: Mitia Medika

Rahmat, Zikrur. 2019. Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar

Anak Melalui Senam Pingguin di Kelompok B TK. Ikal Dolog, Lampinueng Banda Aceh. Jurnal Penjaskesrek Vol. 6, No. 1, April 2019.

Rusman dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Jakarta: Rajawali Pers.

Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81- 86.

Sugiyono. (2010). Belajar Analisis Dan Sampel. Bandung: Alfabeta.

Siti Munafi'ah. 2017. Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui

Pengolahan Bahan Bekas Pada Kelompok A Di TK Aba Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Simki-Pedagogia, Vol. 1 No. 4.

Sugiyono, Bambang, dkk. 2017. Metode pengembangan Fisik. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Sukamti, Endang Rini. 2017. Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY

Sunardi dan Sunaryo. 2017. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus.

Jakarta: Depdiknas.

Suyanto, Slamet. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:

Hikayat Publising

Wayani S. dkk. 2014. Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan

Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B. E-Jurnal PGPAUD

Wijana. 2015. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan:

Universitas Terbuka.

Yuliani, Nuraini dan Sujiono.2013. Konsep Dasar Pendidikan AUD. Jakarta: PT

Index

Yuliani, Nurani, Bambang Sujiono.2012. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan

Jamak. Jakarta: PT Index.

Yusuf, Syamsul. 2014. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1196

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository