PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF BANDA ACEH
Abstract
ABSTRAK Kemampuan matematika anak usia 5-6 tahun TKIT Syeikh Abdurrauf Banda Aceh nasih mengalami beberapa masalah, diantaranya anak-anak terlihat belum mampu mengenal angka karena anan-anak hanya mampu menyebutkat angka tapi tidak tau bentu angka yang anak-anak itu sebutkan itu seprti apa. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan ank tentang angka dan media yang digunakan kurang bervariasi untuk mengenalkan angka pada anak.Oleh sebab itu tujuan peneliti untuk mengetahui Pengaruh Permainan Lego Terhadap Kemampuan Matematika Anak Usia 5-6 tahun Di TKIT Syeikh Abdurrauf Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain one group desain pretes-postes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan mengenal angka melalui permainan lego pada anak, yang terdiri dari tes lisan dan tulisan, dengan jumlah saampelnya sebanyak 20 anak , yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes lisan maupun tulisan dan observasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji non parametrik wilcoxon dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh sig(0,000) < α = 0,05 maka ha diterima . dengan dmikian dapat disimpulkan penggunaan permainan lego berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan mengenal angka anak Di TKIT Syeikh Abdurraf Banda Aceh sehingga hipotesis dlam penelitian ini diterima.
Keywords
Permainan Lego, Kemampuan Matematika
References
Arif Rohman. 2011. Memahami Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan.yogyakarta: Laks Bang Mediatama
Arsyad, A. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada
Arikunto, Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta : Bina. Aksara
Aisyah, Siti, dkk. 2010.Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Cahyo, A. N. 2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta: Flashbooks.
Cnn Indonesia, “Lima Manfaat Bermain Lego Untuk Anak” (On-Line), Tersedia Di : https://student.cnnindonesia.com/keluarga/20160826130547-436- 153988/lima-manfaat-bermain-lego-untuk-anak/
Depdikbud.2001.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.
Fadlillah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: AR- Ruzz MEDIA
Harun Rasyid, dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo
Hasan, Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Jojakarta: Diva Press. Zaman, dkk. 2010. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2007. Pengantar ilmu keperawatan anak, Edisi 1. Salemba.Medika : Jakarta
Maimunah Hasan. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
Milla. D. 2017. Pengaruh Bermain Lego Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Kelompok A di TK Sabilul Hikmah Surabaya. Jurnal PAUD Teratai. Volume 06 Nomor 02 Tahun 2017.
Muliawan, Jasa, Ungguh.2009. Manajemen Play group dan Taman Kanak-kanak.
Maulida Agustin Dinda. 2018. Hubungan Antara Permainan Lego Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember.Universitas Jember (UNEJ).
Mayke Tedjasaputra. 2007. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.
Ngastiyah.2005. Perawatan Anak Sakit. Edisi 2, EGC, Jakarta. Dinkes DKI 2005, Jakarta.http://www.dinkes.go.id.
Ningtyas Yulianti Fitria. 2014. Metode Bermain Lego Dalam Upaya Menumbuhkembangkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment ( Vol. 4. No. 2) Hlm. 128.
Rita Eka Izzati, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Uny Press
Peraturan Pemerintah Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Anak Usia Dini
Peraturan Mentri No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Suryadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta; PT Bintang Pustaka Abadi
Slamet Suyanto. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Arruz Media
Soetjiningsih.2002.Tumbuh kembang anak. Jakarta. EGC.
Sujiono Nurani, Yuliani. 2009. Konsepdasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Utami sri, dkk. 2015. Bermain Lego Meningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah 4-5 Tahun. Universitas Airlangga Surabaya.
Yulianti, Rani. 2009. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak Modern dan Tradisional. Jakarta: Laskar Aksara.
Whaley's dan Wong, 2001.Psikologi Pekembangan Anak dan Remaja. Bandung : Remaja rosdakarya.
Longmen, 1987. Diktionari Of Contemporary English. Suffolk:Richard Clay Ltd.
Agusta, 2012.Pengertian Anak Usia Dini.
Dari http://infoini .com/Pengertian Anak Usia Dini
Seefelt Carol dan Barbara A. Wasik, 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkanan Anak Usia Tiga,Eempat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta:Pt indeks.
Suhartono, Suparlan, 2005. Wawasan Pendidikan Sebuah Pengantar Pendidikan.
Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Purwanti, Endang dan Widodo, 2005. Perkembangan Peserta Didik.
Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Zubaidah, Enny, 2013. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Fip Uny.
Yudha M, 2015. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Depdiknas
Slamet Suyanto, 2005.Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: Depdiknas.
Sujiono, Yuliani Nurani dan Sujiono, Bambang, 2019. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Pt Indeks.
Pramono, S Titin, 2012. Permainan Asyik Bikin Anak Pintar. Yogyakarta: In Azna Books.
ST. Negoro dan B. Harahap, 2014. Ensiklopedia Matematika.
Bogor: Ghalia Indonesia.