UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Salmiati. (2022). PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1194.
Salmiati. “PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2022, https://repository.bbg.ac.id/handle/1194.

PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0715073W.pdf (94 KB)

Issue Year

2022

Author(s):

Salmiati

Abstract

ABSTRAK Kemampuan matematika anak usia 5-6 tahun TKIT Syeikh Abdurrauf Banda Aceh nasih mengalami beberapa masalah, diantaranya anak-anak terlihat belum mampu mengenal angka karena anan-anak hanya mampu menyebutkat angka tapi tidak tau bentu angka yang anak-anak itu sebutkan itu seprti apa. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan ank tentang angka dan media yang digunakan kurang bervariasi untuk mengenalkan angka pada anak.Oleh sebab itu tujuan peneliti untuk mengetahui Pengaruh Permainan Lego Terhadap Kemampuan Matematika Anak Usia 5-6 tahun Di TKIT Syeikh Abdurrauf Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain one group desain pretes-postes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan mengenal angka melalui permainan lego pada anak, yang terdiri dari tes lisan dan tulisan, dengan jumlah saampelnya sebanyak 20 anak , yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes lisan maupun tulisan dan observasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji non parametrik wilcoxon dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh sig(0,000) < α = 0,05 maka ha diterima . dengan dmikian dapat disimpulkan penggunaan permainan lego berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan mengenal angka anak Di TKIT Syeikh Abdurraf Banda Aceh sehingga hipotesis dlam penelitian ini diterima.


Keywords

Permainan Lego, Kemampuan Matematika

References

Arif Rohman. 2011. Memahami Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan.yogyakarta: Laks Bang Mediatama

Arsyad, A. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada

Arikunto, Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta : Bina. Aksara

Aisyah, Siti, dkk. 2010.Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Cahyo, A. N. 2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta: Flashbooks.

Cnn Indonesia, “Lima Manfaat Bermain Lego Untuk Anak” (On-Line), Tersedia Di : https://student.cnnindonesia.com/keluarga/20160826130547-436- 153988/lima-manfaat-bermain-lego-untuk-anak/

Depdikbud.2001.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.

Fadlillah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: AR- Ruzz MEDIA

Harun Rasyid, dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo

Hasan, Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Jojakarta: Diva Press. Zaman, dkk. 2010. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2007. Pengantar ilmu keperawatan anak, Edisi 1. Salemba.Medika : Jakarta

Maimunah Hasan. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press

Milla. D. 2017. Pengaruh Bermain Lego Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Kelompok A di TK Sabilul Hikmah Surabaya. Jurnal PAUD Teratai. Volume 06 Nomor 02 Tahun 2017.

Muliawan, Jasa, Ungguh.2009. Manajemen Play group dan Taman Kanak-kanak.

Maulida Agustin Dinda. 2018. Hubungan Antara Permainan Lego Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember.Universitas Jember (UNEJ).

Mayke Tedjasaputra. 2007. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Ngastiyah.2005. Perawatan Anak Sakit. Edisi 2, EGC, Jakarta. Dinkes DKI 2005, Jakarta.http://www.dinkes.go.id.

Ningtyas Yulianti Fitria. 2014. Metode Bermain Lego Dalam Upaya Menumbuhkembangkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment ( Vol. 4. No. 2) Hlm. 128.

Rita Eka Izzati, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Uny Press

Peraturan Pemerintah Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Mentri No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Suryadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta; PT Bintang Pustaka Abadi

Slamet Suyanto. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Arruz Media

Soetjiningsih.2002.Tumbuh kembang anak. Jakarta. EGC.

Sujiono Nurani, Yuliani. 2009. Konsepdasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Utami sri, dkk. 2015. Bermain Lego Meningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah 4-5 Tahun. Universitas Airlangga Surabaya.

Yulianti, Rani. 2009. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak Modern dan Tradisional. Jakarta: Laskar Aksara.

Whaley's dan Wong, 2001.Psikologi Pekembangan Anak dan Remaja. Bandung : Remaja rosdakarya.

Longmen, 1987. Diktionari Of Contemporary English. Suffolk:Richard Clay Ltd.

Agusta, 2012.Pengertian Anak Usia Dini.

Dari http://infoini .com/Pengertian Anak Usia Dini

Seefelt Carol dan Barbara A. Wasik, 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkanan Anak Usia Tiga,Eempat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta:Pt indeks.

Suhartono, Suparlan, 2005. Wawasan Pendidikan Sebuah Pengantar Pendidikan.

Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Purwanti, Endang dan Widodo, 2005. Perkembangan Peserta Didik.

Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Zubaidah, Enny, 2013. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini.

Yogyakarta: Fip Uny.

Yudha M, 2015. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Depdiknas

Slamet Suyanto, 2005.Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Jakarta: Depdiknas.

Sujiono, Yuliani Nurani dan Sujiono, Bambang, 2019. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Pt Indeks.

Pramono, S Titin, 2012. Permainan Asyik Bikin Anak Pintar. Yogyakarta: In Azna Books.

ST. Negoro dan B. Harahap, 2014. Ensiklopedia Matematika.

Bogor: Ghalia Indonesia.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1194

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository