PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKS IT MINA ACEH BESAR
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. Hal ini dikarenakan pada anak usia dini, anak mengalami perkembangan kemampuan yang sangat pesat. Sebagai lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) /prasekolah, tugas utama TK adalah mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap/perilaku, dan keterampilan agar anak dapat melanjutkan kegiatan belajar yang sesungguhnya di sekolah dasar. Melalui proses pendidikan diharapkan aspek perkembangan pada anak dapat berkembang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Ada lima aspek yang harus dikembangkan anak usia dini yaitu aspek perkembangan moral dan nilai agama, perkembangan kognitif, perkembangan fisik motorik, perkembangan bahasa dan perkembangan sosial emosional. Hal ini dikarenakan dengan mengembangkan aspek-aspek tersebut dapat mempermudah anak untuk melanjutkan pendidikan ke tahap pendidikan selanjutnya. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak di Tks PAUD IT MINA Banda Aceh. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan, diukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif. Peran aktif seorang guru di Tks IT Mina Aceh Besar sangatlah baik, ini dapat dilihat guru sangat memahami kemauan belajar anak dan dapat dilihat dari sebagian besar anak sudah mampu dalam mengenal berhitung, mengenal lambang bilangan serta mencocokan lambang bilangan. Kata Kunci: Analisis, peran guru, kemampuan berhitung,
Keywords
Analisis, peran guru, kemampuan berhitung
References
Dewi, Y. A. S. 2017 Metode Pembelajaran Guru Etnis Jawa-Madura Dalam Pengembangan Bahasa Siswa RA di Kabupaten Pasuruan. Seling jurnal Program Studi PGRA. Vol.4, No.2 juli 2018. Di ambil 07 November 2020
Gunarti Winda. 2011. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Gjicali Kalina 2019 Relations Among Language Comprehension, Oral Counting, and Numeral Knowledge of Ethnic and Racial Minority Young Children From Low-income Communities. Volume 46, Nomor 6. Diambil 09 November 2020
Handayani Sri.2014 Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan domino ditaman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini. Vol.3, No.2 2019. 27 0ktober 2020
Hartati. 2013. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Hartati, A. 2011. Program Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial untuk Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Skripsi. PPB FIP UPI Bandung: Tidak Diterbitkan
Janawi. 2012. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
Kellough D. Richard. 2011. Integratig Mathematics and scene
Moh. Uzer Usman. 2012. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya
Nazir. 2012. Metode penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Ngainum, Naim. 2013. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Prenada
Santrock. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humaika
Sriningsih. 2016. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas
Saryono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Saifnazarov Ismail & Abdullahanova Gulbakhor 2020. The Main Trends of Increasing the Role of the Teacher in the Innovative Development of Uzbekistan. Vol.29. No.5 2020. Diambil pada 10 Desember 2020
Sudjana. 2012. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Segala Aspeknya. Jakarta: Kencana
Sujiono. 2012. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru
Sardiman Am. 2014. Intraksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada,
Triharso 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol.13, No.1 April 2019. Diambil dari http://Journal.unj.ac.id./unj/index.php/jpud 07 November 2020
Undang-Undang Sikdiknas no.20 Tahun 2013. Tentang Tujuan Pendidikan Nasional
Undang-Undang Sistem pendidikan Nasional Pasal 1. 2013. Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara
Wahyuni, S., Ali, M., & . H. 2016. Peningkatan Kemampuan berhitung Melalui Permainan Pohon Hitung Usia 4-5 Di TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol5. No.7. Diambil dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15828 , 27 oktober 2020