ANALISIS PERKEMBANGAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-KAMAL ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil wawancara awal dengan 2 orang guru kelompok B di PAUD Al-Kamal mengenai perkembangan keaksaraan anak yaitu dikelompok B yang sudah dilaksanakan namun dari segi sarana dan prasarana belum cukup memadai secara optimal. Penelitian bertujuan Untuk melihat gambaran perkembangan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Kamal Aceh Besar, Untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan dalam pengembangan keaksaraan, Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam melakukan kegiatan perkembangan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Kamal Aceh Besar. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dalam bentuk analisis. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil wawancara dengan guru yang mengungkapkan bahwa terdapat anak yang mulai berkembang dalam perkembangan keaksaraan anak dan juga berdasarkan lembar kerja anak (LKA) yang ada disekolah. Kegiatan keaksaraan yang dilaksanakan di PAUD Al-Kamal diantaranya yaitu kegiatan menarik garis pada kata-kata yang ada pada gambar, Kegiatan menyusun kartu kata menjadi nama sendiri, Kegiatan membuat bentuk, Kegiatan menyusun huruf. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan keaksaraan anak di PAUD Al-Kamal yaitu kurangnya terpenuhi sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan keaksaraan anak seperti alat permainan edukatif dan media pembelajaran, kurangnya guru dalam mengatur anak saat pelaksanaan kegiatan dalam membantu maupun memantau anak, dan kurangnya dukungan dari orangtua dalam mendukung program perkembangan keaksaraan anak di sekolah.
Keywords
Perkembangan Keaksaraan, PAUD Al-Kamal
References
Aini Nurul, dkk. Montase Dalam Pembelajaran: Montase Sebagai Pengembang Daya Fikir dan Kreativitas Anak Usia Dini. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia. 2018 (online) https://books. Google.co.id
Aulia, 2012. Revolusi Pembuat Anak Candu Membaca. Jogjakarta: FlashBooks.
Dhieni, Nurbiana dkk. 2015. Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.
Herdina indrijati 2017. Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Indrawati, Suryani.2018. Pengembangan kemampuan keaksaraan melalui teka-teki bergambar di TK Islam Assalam Desa Tlogo Kecamatan Tuntang
Kabupaten Semarang Tahun 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. (online)https://.www.google.com/url?sa=t&source+web&rct+j&url=http://erepository.perpus.iaiinsalatiga.ac.id/4564/1/BAB%25201-5%2520iin.pdf&ved+2ahUKEwmedia
M. Yazid Bustomi. Panduan Lengkap PAUD. Citra Publishing: 2012
Media.
Masyaroh. 2018. Masyaroh, Peningkatan kemampuan keaksaraan awal anak melalui penggunaan media flashcard kelompok A di Taman kanak-kanak dunia ceria krian. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel surabaya.
Mulyasa. 2014. Manajemen Paud. Remaja Rosda Karya. Bandung
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014 Nomor 137.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014 Nomor 146.
Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 Pasal 10 No. 5 Ayat 1
Rini Hidayani, dkk. 2014. Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang: Universitas Terbuka
Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep dasar Pendidikan Anak Uisa Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Susanto Ahmad. 2010. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz
Yusna. 2019. Skripsi. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada kelompok B di TK Nurul Huda Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Banda Aceh
Yusuf, Syamsu. Sugandhi M, Nani. 2013. Perkembangan peserta didik Mata kuliah Dasar (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Jakarta: Rajawali Pers.