PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DIGITAL PADA MATERI SEJARAH DI KELAS IV SD NEGERI 72 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis digital pada materi sejarah di kelas IV SDN 72 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan ( Research and Development ). Dengan model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ). Dari penelitian ini menghasilkan produk LKPD berbasis digital yang telah melalui proses pengembangan LKPD berdasarkan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah validator, pendidik, dan peserta didik. Rata-rata penilaian yang dihasilkan dari validasi produk adalah, ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 92,5% dengan kriteria (sangat valid), ahli bahasa nilai rata-rata 87,5% dengan kriteria (sangat valid), ahli desain nilai rata-rata 90% dengan kriteria (sangat valid). Dan untuk hasil tanggapan pendidik mendapatkan nilai rata-rata 86% dengan kriteria (sangat praktis), peserta didik nilai rata-rata 91,1% dengan kriteria (sangat praktis). Hasil belajar peserta didik meningkat dengan nilai rata rata siswa melebihi KKM dengan rata-rata nilai 90-100 maka dapat di lihat bahwa perkembangan hasil belajar peserta didik menggunakan LKPD berbasis digital berkembangan sesuai harapan. Keefektifan LKPD berbasis digital pada materi sejarah di kelas IV SD yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik hal ini dibuktikan dengan nilai peserta didik yang telah diuji dengan menggunakan LKPD berbasis digital yang dikembangkan.
Keywords
LKPD, Digital, Materi Sejarah
References
Abdul Majid, 2011, Perencanaan Pembelajaran Bandung: Rosdakarya
Andi Prastowo, 2014, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif,menciptkan
Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan Jogyakarta: DIVA Press
Andi. 2015 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva
Press.
Anas Sudijono, 2006 Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada
Badrika I Wayan, 2004, sejarah Indonesia dan umum SMA untuk kelas XI, jilid II
Jakarta: Erlangga
Badrika I Wayan, 2004, sejarah Indonesia dan umum SMA untuk kelas X Jakarta
Erlangga
Badrika I Wayan, 2000, Sejarah Nasional Indonesia dan Umum, Jilid 1, Jakarta:
Erlangga
Connie Chairunnissa, 2017, Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi dalam Pendidikan
dan Sosial, jakarta: Mitra Wacana Media.
Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, 2013, Media Pembelajaran Manual dan
Digital, Bogor Ghalia Indonesia.
Darmojo, Hendro dan Jenny R.E Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta:
Depdikbud
Dewi Ayu Sulistyaningrum, “Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video
Pembelajaran Camtasia pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca”, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Volume 4 Nomor 2, Desember 2017
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung:
Alfabeta.
M dien madjid johan wahyudi, 2014, ilmu sejarah sebuah pengantar, Ciputat:
prenada media group
Monika Pratiwi & Zuliarni,2020 Pengembangan Lks Berbasis Digital Pada Mata
Pelajaran Ipa Kelas Vii Smp
Pargito. 2010. Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan.. Universitas
Lampung: Program Pasca Sarjana Pendidikan IPS
Prastowo, Andi, 2014 Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjuan Teori dan
Praktis,Jakarta: Kencana.
Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan
Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogyakarta: DIVA Press
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alenia
empat.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Syukur, M., dan M. Faisal. 2013. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara
Yang Menggunakan Media Papan Koordinat Kartesius dengan yang Tidak Menggunakan Media Papan Koordinat Kartesius pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Trigonometri (Studi Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatitujuh Kabupaten Majalengka). Jurnal Matematics Eduacaion Education Learning and Teaching.
Suharsimi Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta:
PT. Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono, 2014 Metode Pesnelitian, Kuantitatif, dan Kualitatif dan R&D, Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomo 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Sudiati, Pengertian dan Manfaat Lembar Kerja Siswa. Online.
http://www.gudangmateri.com/2011/3/pengertian-dan-manfaat-lks.html. diakses pada tanggal 12 februari2021
Trianto, 2012, Model Pembelajaran Terpad, Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Surabaya.
Kencanas
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional. (2003) Jakarta :Depdiknasional
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002, Jakarta: Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,
2002
Widjajanti, Kualitas Lembar Kerja Siswa, Diakses
darihttp://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms-dr/kualitas-lks.pdf pada tanggal 12 februari2021
Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. (Online),
staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang.../kualitas-lks.pdf, diakses p ada tanggal 12 februari 2021
Zuraida dan C. N. Asma. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle
5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di SMP Negeri 2 Bandar Dua.