UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Alda, S. (2021). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DIGITAL PADA MATERI SEJARAH DI KELAS IV SD NEGERI 72 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1183.
Alda, Safria. “PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DIGITAL PADA MATERI SEJARAH DI KELAS IV SD NEGERI 72 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1183.

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DIGITAL PADA MATERI SEJARAH DI KELAS IV SD NEGERI 72 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0817039W.pdf (1 MB)

Issue Year

2021

Author(s):

Safria Alda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis digital pada materi sejarah di kelas IV SDN 72 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan ( Research and Development ). Dengan model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ). Dari penelitian ini menghasilkan produk LKPD berbasis digital yang telah melalui proses pengembangan LKPD berdasarkan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah validator, pendidik, dan peserta didik. Rata-rata penilaian yang dihasilkan dari validasi produk adalah, ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 92,5% dengan kriteria (sangat valid), ahli bahasa nilai rata-rata 87,5% dengan kriteria (sangat valid), ahli desain nilai rata-rata 90% dengan kriteria (sangat valid). Dan untuk hasil tanggapan pendidik mendapatkan nilai rata-rata 86% dengan kriteria (sangat praktis), peserta didik nilai rata-rata 91,1% dengan kriteria (sangat praktis). Hasil belajar peserta didik meningkat dengan nilai rata rata siswa melebihi KKM dengan rata-rata nilai 90-100 maka dapat di lihat bahwa perkembangan hasil belajar peserta didik menggunakan LKPD berbasis digital berkembangan sesuai harapan. Keefektifan LKPD berbasis digital pada materi sejarah di kelas IV SD yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik hal ini dibuktikan dengan nilai peserta didik yang telah diuji dengan menggunakan LKPD berbasis digital yang dikembangkan.


Keywords

LKPD, Digital, Materi Sejarah

References

Abdul Majid, 2011, Perencanaan Pembelajaran Bandung: Rosdakarya

Andi Prastowo, 2014, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif,menciptkan

Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan Jogyakarta: DIVA Press

Andi. 2015 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva

Press.

Anas Sudijono, 2006 Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada

Badrika I Wayan, 2004, sejarah Indonesia dan umum SMA untuk kelas XI, jilid II

Jakarta: Erlangga

Badrika I Wayan, 2004, sejarah Indonesia dan umum SMA untuk kelas X Jakarta

Erlangga

Badrika I Wayan, 2000, Sejarah Nasional Indonesia dan Umum, Jilid 1, Jakarta:

Erlangga

Connie Chairunnissa, 2017, Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi dalam Pendidikan

dan Sosial, jakarta: Mitra Wacana Media.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, 2013, Media Pembelajaran Manual dan

Digital, Bogor Ghalia Indonesia.

Darmojo, Hendro dan Jenny R.E Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta:

Depdikbud

Dewi Ayu Sulistyaningrum, “Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video

Pembelajaran Camtasia pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca”, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Volume 4 Nomor 2, Desember 2017

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung:

Alfabeta.

M dien madjid johan wahyudi, 2014, ilmu sejarah sebuah pengantar, Ciputat:

prenada media group

Monika Pratiwi & Zuliarni,2020 Pengembangan Lks Berbasis Digital Pada Mata

Pelajaran Ipa Kelas Vii Smp

Pargito. 2010. Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan.. Universitas

Lampung: Program Pasca Sarjana Pendidikan IPS

Prastowo, Andi, 2014 Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjuan Teori dan

Praktis,Jakarta: Kencana.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan

Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogyakarta: DIVA Press

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alenia

empat.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Syukur, M., dan M. Faisal. 2013. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara

Yang Menggunakan Media Papan Koordinat Kartesius dengan yang Tidak Menggunakan Media Papan Koordinat Kartesius pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Trigonometri (Studi Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatitujuh Kabupaten Majalengka). Jurnal Matematics Eduacaion Education Learning and Teaching.

Suharsimi Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta:

PT. Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono, 2014 Metode Pesnelitian, Kuantitatif, dan Kualitatif dan R&D, Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor

37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomo 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sudiati, Pengertian dan Manfaat Lembar Kerja Siswa. Online.

http://www.gudangmateri.com/2011/3/pengertian-dan-manfaat-lks.html. diakses pada tanggal 12 februari2021

Trianto, 2012, Model Pembelajaran Terpad, Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Surabaya.

Kencanas

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional. (2003) Jakarta :Depdiknasional

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002, Jakarta: Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,

2002

Widjajanti, Kualitas Lembar Kerja Siswa, Diakses

darihttp://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms-dr/kualitas-lks.pdf pada tanggal 12 februari2021

Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. (Online),

staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang.../kualitas-lks.pdf, diakses p ada tanggal 12 februari 2021

Zuraida dan C. N. Asma. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle

5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di SMP Negeri 2 Bandar Dua.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1183

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository