ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM AL-AZHAR CAIRO BANDA ACEH
Abstract
ABSTRAK Keterampilan menulis adalah keterampilan seseorang untuk menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana gambaran keterampilan menulis pada anak, kegiatan apa saja yang dilakukan guru, kendala apa saja yang dihadapi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: gambaran keterampilan enulis pada anak, kegiatan yang dilakukan guru, kendala yang dihadapi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru inti, dan guru pendamping kelas A1, kelas A2, dan kelas A3 di TK Islam Azhar Cairo Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui wawancara, Obaservasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gambaran keterampilan menulis pada anak usia 4-5 tahun Tk Islam Al-Azhar Cairo sudah berkembang dengan baik, dimana kebanyakan anak sudah bisa menulis baik itu bentuk garis lengkung, miring, datar, huruf, angka. Kegiatan yang dilakukan guru yaitu yang pertama guru melatih fisik motorik halus anak dulu (meremas, menggunting) palido, plastisin dimana anak membuat huruf atau angka dari plastisin, buku coretan pertama, memegang pensil dengan benar, dan kegiatan dresing yaitu meniru huruf atau angka, menebalkan, dan mengikuti garis titik.
Keywords
keterampilan, menulis
References
Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Asyi, R.A & Adzani, N.H. 2019. Pengembangan Kemampuan Menulis Pada Anak
Usia 4-5 Tahun Di Tk Primagama. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 8. No. 2.
Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:mRineka Cipta.
Ahmad & Sukartiningsih. 2013. Penggunaaan Mendia Komik Untuk
Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita di Kelas V Sekolah Dasar.
Amirullah & Haris, B. 2014. Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bateman, T.S & Snell, S,A. 2014. Management. Alih Bahasa: Ratno Purnomo dan
Willy Abdillah McGraw-Hill Education (Asia) dan Salemba Empat,
Jakarta.
Demawati. 2018. Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode
Bercerita Di TK Islam Nurhasanah Kec. Suka Bumi Bandar Lampung.
Dr. Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.
Fauziddin, M. 2016. Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan
Kerja Kelompok Pada Anak TK Kartika Solo Kabupaten Kampar. Jurnar
Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Guntur, T. H. 2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Hasnida. 2014. Analisa Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima.
H, Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hidayah, Ainul. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Awal Melalui Media
Pasir Pada Siswa Kelompol A Di TK AL-Falahyah Lamongan.
Majid dan Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Madyawati, L. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa. Jakarta: Kencana.
Mahmud, Teuku. 2020. Evektivitas Medel Pembelajaran Quantum Learning
Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X
SMA Inshafuddin Banda Aceh.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya).
Moh, Nazir. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Galila Indonesia.
Mahmud, H. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Teknik
RCD (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak
Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok. Jurna Vol. 1. No. 2.
Nurfuadi. 2012. Profesionalisme Guru. Purwokerto: STAIN Press.
Permendikbud. Nomor 137 Tahun 2014. Tentang Pendidikan Anak Usia Dini.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Kencana.
Supriyanti. 2011. Metode Penelitian. Bandung: Labkat Press Unikom.
Saddhono. Kundharu, Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa
Indonesia. (Yogyakarta: Graha Ilmu).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta, CV.
Undang-undang Repoblik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan
Nasional. Bab 1 Pasal 1.
Widyastuti, Ana. 2017. Analisis Tahapan Menulis Dan Stimulasi Anak Kelompok
B-1 Di Tk Islam Assaadah Limo Depok. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.
3. No. 2.
Yusuf syamsul L.N. 2013. Perkembangan Peseta Didik.(Jakarta:PT Rajagrafindo
Persada).