MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA DENGAN PERMAINAN ULAR NAGA PADA ANAK KELOMPOK B TK SATU ATAP SD LAMBIRAH TAHUN AJARAN 2020 / 2021
Abstract
Kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak sangat penting dikembangkan guna memperoleh kesiapan dalam mengikuti pembelajaran di tingkat yang lebih tinggi khususnya dalam penguasaan konsep matematika. Rumusan masalah yang diupayakan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penggunaan media kartu angka dengan permainan ular naga pada anak kelompok B TK Satu Atap SD Lambirah ?. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penggunaan media kartu angka dengan permainan ular naga pada anak kelompok B TK Satu Atap SD Lambirah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dengan penggunaan 2 siklus. Sampel penelitianini yaitu 10 orang anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak pada siklus I jumlah perolehan dengan kategori belum berkembang 40% (4 anak), kategori mulai berkembang 20% (2 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20% (2 anak) dan kategori berkembang sangat baik 20% (2 anak). Sedangkan siklus II tidak ada kategori belum berkembang 10% (1 anak), mulai berkembang 10% (1 anak), kategori berkembang sesuai harapan adalah 10% (1 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 70% (7 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok B di TK Satu Atap SD Lambiran Aceh Besar.
Keywords
Mengenal Lambang Bilangan, Media Kartu Angka, Permainan, Ular Naga
References
Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Bumi Askara.
Asrori. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, 2007 Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.
Yuniarti, 2010. Buku Materi Pokok PAUD: Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka.
Bambang. 2010. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Jogjakarta: Ar0Ruzz Media.
Sugiyanto. (2013). Model-Model pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma. Sugiyono.
Dwi, 2010. Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta: Diva Press
Augusta. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Galah
Bustomi, M Yasid. 2012.Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan. Kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta : Citra Publishing.
Rahman (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Galah.
Suyanto. 2013. Manajemen PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darsinah. 2011 . Perkembangan Kognitif . Solo baru : Qinant.
Sudaryanti .(2016). Pengenalan MatematikaAnak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Soedadiatmodjo, dkk. 2013. Matematika I. Jakarta: Depdikbud
Ahmad, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Slamet Suyanto. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publising.
Syah Muhiddin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru, Bandung: Remaja Rosdakarya