UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Rosmawar. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK B-2 TK KARYAWAN KOTA BARU (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1174.
Rosmawar. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK B-2 TK KARYAWAN KOTA BARU.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1174.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK B-2 TK KARYAWAN KOTA BARU

Thumbnail

View/Open

F0719098W.pdf (211 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Rosmawar

Abstract

Kemampuan mengenal konsep bilangan perlu diperkenalkan sejak usia dini, dimana pada tahapan awal, anak harus diperkenalkan terlebih dahulu konsep angka yang sederhana. Terkait dengan hal tersebut, kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok B-2 di TK Karyawan Kota Baru belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kegiatan berhitung menggunakan media tutup botol pada anak kelompok B-2 TK Karyawan Kota Baru. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian tindakan kelas dengan mengadaptasi model Kemmis dan MC Taggart dengan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah subjek sebanyak 20 orang anak, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik diskriptif kuantitatif persentase dengan indikator keberhasilan sebanyak 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan kemampuan berhitung melalui media tutup botol pada anak kelompok B-2 TK Karyawan, yaitu hasil pra siklus hanya 20% berkembang, meningkat menjadi 55% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 85% sekaligus melebihi standar perkembangan peserta didik yang ditetapkan sebanyak 80%. (2) Aktivitas guru dalam pembelajaran berhitung menggunakan media tutup botol pada siklus I dikategorikan baik dengan skor 77,25% meningkat menjadi sangat baik pada siklus II dengan skor 98,25%. (3) Aktivitas anak dalam pembelajaran berhitung menggunakan media tutup botol pada siklus I dikategorikan cukup dengan skor 64%, meningkat menjadi sangat baik pada siklus II dengan skor 88,25%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan berhitung menggunakan media tutup botol dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B-2 TK Karyawan Kota Baru.


Keywords

Konsep bilangan, berhitung, tutup botol

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Adiningsih, N. U. 2014, Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis,

Bandung: Semesta Parenting.

Afandi, Ahmad. 2018. Pengaruh Media Tutup Botol Bekas Minuman Terhadap Kemampuan Membilang. Jurnal AUDI, JA III Vo. 2. 2018.

Arikunto, S. dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka.

Cipta.

Aqib, Zainal. 2011. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Bandung: Nuansa Aulia.

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI,.

SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz.

Fauziddin, Mohammad. 2015. Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hidayati, Wiji dan Purnami, Sri. 2010. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Teras. Hidayati, Eny dan Muhayanto, Hagus. 2016. Peningkatan Kemampuan Membilang

1-20 Melalui Permainan Tutup Botol pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Jurnal CARE, Vol 03, No. 2. Tahun 2016.

Husdarta dan Nurlan. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik,

Bandung: Alfabeta.

Juita, Ratna. 2017. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Menakar Air di TK Aisyiyah Koto Kaciak Maninjau, Jurnal Pesona PAUD, Vol. 1, Tahun 2017.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Latif, Mukhtar, dkk. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.

67

68

Muflikha, Elok Siti. 2013. Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias di PAUD Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Spektrum PLS. Vol. I, No.1, April 2013.

Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja. Rosdakarya. Muslihudin. 2010. Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah.

Bandung: Rizqi Press.

Muthmainnah, Nurma. 2019. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Tutup Botol di TK Meulati Mon Pasong Aceh Barat. Jurnal. Volume 5. Nomor 2. Juli-Desember 2019.

Piaget, Jean, & Barbel Inhelder, 2010. Psikologi Anak, Terj. Miftahul Jannah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme.

Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Satrianawati. 2018. Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sher, Barbara. 2013. Smart Play For Kids 101 Permainan dan Outbound yang Mencerdaskan Anak, Jogjakarta: Bookmarks.

Soemiarti dan Patmonodewo. 2011. Pendidikan Anak Pra Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Suardiman, Siti Partini. 2010. Metode Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta, Yogyakarta: FIP UNY.

Sujiono, Yuliani Nuraini dan Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana. Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1174

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository