UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Darmawati. (2021). ANALISIS PENERAPAN GLS MELALUI SUDUT BACA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT ANAK TERHADAP BUKU DI TK ABA ULEE KARENG BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1173.
Darmawati. “ANALISIS PENERAPAN GLS MELALUI SUDUT BACA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT ANAK TERHADAP BUKU DI TK ABA ULEE KARENG BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1173.

ANALISIS PENERAPAN GLS MELALUI SUDUT BACA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT ANAK TERHADAP BUKU DI TK ABA ULEE KARENG BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0716080W.pdf (1 MB)

Issue Year

2021

Author(s):

Darmawati

Abstract

Pada masa sekarang minat membaca anak-anak sangatlah kurang dikarenakan tidak ada untuk berminat membaca buku-buku, terlebih lagi terhadap anak-anak usia dini. Banyak yang anak-anak berusia dini belum bisa membaca buku, sehingga dibuatlah program Gerakan Literasi Sekolah sebagai suatu usaha untuk partisipatif untuk kembalikan membaca anak-anak yang berusia dini serta membuat kembali minat membaca anak-anak. Dibuatnya GLS ini, dikarenakan pada zaman sekarang pada usia anak-anak yang masih dini kurangnya minat membaca karena sudah adanya kecanggihan seperti smartphone, sehingga membuat anak-anak lebih sering bermain menggunakan smartphone. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mengetahui implementasi program GLS di TK Aisyiah Bustanul Athfal Ulee Kareng Banda Aceh. Jenis penelitian yang dilakukan berupa deskriptif kualitatif dan metode penelitiannya berupa ekspolrasi. Pada teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, obserbasi dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Untuk analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.


Keywords

GLS, Membaca Buku, Anak Usia Dini

References

Bambang, R. 2015. Penelitian Kualitatif Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Buku Panduan Pemanfaatan dan Pengelolahan Sudut Baca Kelas dan Area Baca Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD

Clay, M. M. 2001. Change Over Time in Children's Literacy Development.

Portsmounth: Heinemann

Chandarani Paramitha Siwi 2017, Proses Stimulasi Literasi Anak Pra Sekolah Oleh Guru, naskah publikasi skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 1.

Dalman. Keterampilan Membaca, 2014, Jakarta. 5

Faizah, Dewi Utami dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI. 2

Jayanti, Maya, dkk (2018). School Literacy Movement Through Reading Angle Optimization in Classes to Improve Student Reading Interest, Journal of Social, Humanities, and Education Studies, Vol 1(2): 280- 285.

Kemendikbud. (2017). “Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah”.

Lilik Kholisotin. Sejarah Perkembangan Tk Aisyiah Bustanul Athfal (Tk Aba) Di Kabupaten Katingan. Jurnal Hadratul Madaniyah, Volume 6 Issue II, Desember 2019. p-ISSN:2407-3865, e-ISSN:2655-1993

Meity H. Idris dan Izul Ramdani, Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini, 2015, Jakarta.

Muhammad Fadillah, Desain Pembelajaran PAUD (Yogjakarta : Ar- Ruzzmedia, 2014). 6

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan (Bandung : Pt Remaja Rosdakarya, 2013). 10

Neumann, M. M., Hood, M., & Neumann, D. L. 2009. The Scaffolding of Emergent Literacy Skills in the Home Environment: A Case Study. Journal of Early Childhood Education, 36 (10), 314.

Rikawarastuti, Jenis – Jenis Penelitian, MODUL-TEORI-JENIS- PENELITIAN.pdf (2016), 10, www.rikawarastuti.com/wp- content/uploads/2016/06/

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Bandung: Alfabeta,2016). 334337

Suyadi dan M. Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Viviana, R. 2017 Analisis Pemanfaatan Sudut Baca Di Lingkungan Sekolah Guna Menumbuhkan Budaya Literasi Pada Siswa Di SD Negeri Polomarto, tesis Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 17.

Handayani, F. N. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Sudut Baca pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiah Bustanul Athfal Keboansikep Gedangan Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya

Jurnal Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIIIn Di SMPN 2 Sumber oleh Alfian Handina Nugroho, Ratna Puspitasari, Euis Puspitasari, 2016

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1173

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository