ANALISIS PENERAPAN GLS MELALUI SUDUT BACA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT ANAK TERHADAP BUKU DI TK ABA ULEE KARENG BANDA ACEH
Abstract
Pada masa sekarang minat membaca anak-anak sangatlah kurang dikarenakan tidak ada untuk berminat membaca buku-buku, terlebih lagi terhadap anak-anak usia dini. Banyak yang anak-anak berusia dini belum bisa membaca buku, sehingga dibuatlah program Gerakan Literasi Sekolah sebagai suatu usaha untuk partisipatif untuk kembalikan membaca anak-anak yang berusia dini serta membuat kembali minat membaca anak-anak. Dibuatnya GLS ini, dikarenakan pada zaman sekarang pada usia anak-anak yang masih dini kurangnya minat membaca karena sudah adanya kecanggihan seperti smartphone, sehingga membuat anak-anak lebih sering bermain menggunakan smartphone. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mengetahui implementasi program GLS di TK Aisyiah Bustanul Athfal Ulee Kareng Banda Aceh. Jenis penelitian yang dilakukan berupa deskriptif kualitatif dan metode penelitiannya berupa ekspolrasi. Pada teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, obserbasi dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Untuk analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Keywords
GLS, Membaca Buku, Anak Usia Dini
References
Bambang, R. 2015. Penelitian Kualitatif Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Buku Panduan Pemanfaatan dan Pengelolahan Sudut Baca Kelas dan Area Baca Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD
Clay, M. M. 2001. Change Over Time in Children's Literacy Development.
Portsmounth: Heinemann
Chandarani Paramitha Siwi 2017, Proses Stimulasi Literasi Anak Pra Sekolah Oleh Guru, naskah publikasi skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 1.
Dalman. Keterampilan Membaca, 2014, Jakarta. 5
Faizah, Dewi Utami dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI. 2
Jayanti, Maya, dkk (2018). School Literacy Movement Through Reading Angle Optimization in Classes to Improve Student Reading Interest, Journal of Social, Humanities, and Education Studies, Vol 1(2): 280- 285.
Kemendikbud. (2017). “Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah”.
Lilik Kholisotin. Sejarah Perkembangan Tk Aisyiah Bustanul Athfal (Tk Aba) Di Kabupaten Katingan. Jurnal Hadratul Madaniyah, Volume 6 Issue II, Desember 2019. p-ISSN:2407-3865, e-ISSN:2655-1993
Meity H. Idris dan Izul Ramdani, Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini, 2015, Jakarta.
Muhammad Fadillah, Desain Pembelajaran PAUD (Yogjakarta : Ar- Ruzzmedia, 2014). 6
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan (Bandung : Pt Remaja Rosdakarya, 2013). 10
Neumann, M. M., Hood, M., & Neumann, D. L. 2009. The Scaffolding of Emergent Literacy Skills in the Home Environment: A Case Study. Journal of Early Childhood Education, 36 (10), 314.
Rikawarastuti, Jenis – Jenis Penelitian, MODUL-TEORI-JENIS- PENELITIAN.pdf (2016), 10, www.rikawarastuti.com/wp- content/uploads/2016/06/
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Bandung: Alfabeta,2016). 334337
Suyadi dan M. Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Viviana, R. 2017 Analisis Pemanfaatan Sudut Baca Di Lingkungan Sekolah Guna Menumbuhkan Budaya Literasi Pada Siswa Di SD Negeri Polomarto, tesis Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 17.
Handayani, F. N. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Sudut Baca pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiah Bustanul Athfal Keboansikep Gedangan Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Jurnal Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIIIn Di SMPN 2 Sumber oleh Alfian Handina Nugroho, Ratna Puspitasari, Euis Puspitasari, 2016
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).