ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN IQRA ADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CUT MEUTIA
Abstract
Al-Qur'an adalah nama bagi firman Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW yang ditulis dalam mushaf (lembaran) untuk dijadikan pedoman bagi kehidupan manusia yang apabila dibaca mendapat pahala (dianggap ibadah). (Athiyyah, 2015: 41). Jadi kemampuan membaca Al-Qur'an yang dimaksud oleh peneliti adalah kesanggupan anak untuk dapat melisankan atau melafalkan apa yang tertulis di dalam kitab suci Al-Qur'an dengan benar sesuai dengan makrajnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1). Bagaimana gambaran kemampuan membaca Alqur'an Iqra pada kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh” (2). Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Alqur'an Iqra pada kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh? (3) Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengajarkan kemampuan membaca Alqur'an Iqra pada kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh?. Tujuannya adalah (1) Untuk melihat gambaran kegiatan membaca Alqur'an Iqra pada kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Alqur'an Iqra pada kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru terhadap kemampuan membaca Alqur'an Iqra pada kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desklriptif kualitatif. Sampel penelitian ini yaitu 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kondisi membaca Alqur'an Iqra' di TK Cut Mutia Banda Aceh yaitu hampir keseluruhan anak mengenal huruf hijaiyah, akan tetapi masih ada beberapa anak yang belum mengenal huruf hijaiyah dikarenakan kemampuan anak yang masih salah dan belum tepat dalam menunjukkan huruf hijaiyah yang ditujukan oleh guru.
Keywords
Kata kunci : Membaca Al-Qur'an Iqra, Anak Usia Dini
References
DAFTAR PUSTAKA
Arif. 2017. Application of the Iqro Method as a Basic Reading Ability Al-Qur'an at Hiama Kids Kindergarten. E-ISSN 2560-7897. P-ISSN 2529-4465. Vol. 3. No.1. Indonesia University Of Education
Athiyyah Qobil Nasr. 2014. Ghoyatu Al-Murid fi Ilmi at-Tajwid, (Kairo:Daru at-Taqwa.
Amin Syukur. 2015. Pengantar Studi Islam, Semarang: Pustaka Nuun.
As'ad Humam. 2010. Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur'an dengan Metode Iqra', Balai Litbang LPTQ Nasional,
Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media. Group.
Dahlan Salim Zarkasyi. 2014. Metode Praktis Belajar Membaca Al-Qur'an, YP AlQur'an Raudhotul Mujawwidin, Semarang.
Farida Rahim. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasan, Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press
Imam Murjito. 2014. Sistem Pengajaran Al-Qur'an Metode Qiroati, Semarang: Koordinator Pelaksana Pengajaran Al-Qur'an Metode Qiroati.
Iskandar. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.
Martini Jamaris. 2014. Kesulitan Belajar Perspekif, Assessment, dan Penanggulanganya Bagi Anak Usia Dini dan Usai Sekolah, (Bogor: Ghalia Indonesia.
Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, bandung: Remaja Rosda Karya.
Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja.Rosdakarya.