UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Salmiati. (2021). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI TK FKIP UNSYIAH PADA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020-2021 (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1170.
Salmiati. “ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI TK FKIP UNSYIAH PADA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020-2021.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1170.

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI TK FKIP UNSYIAH PADA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020-2021

Thumbnail

View/Open

F0719071W.pdf (89 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Salmiati

Abstract

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan anak tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet, dalam pelaksanaan pembelajaran diperlukakan kerjasama antara guru dan orangtua murid. Tujuan penelitian untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di TK FKIP Unsyiah dan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di TK FKIP Unsyiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian guru kelompok B sebanyak 6 orang, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan melalui aplikasi WhatsApp dengan langkah menyusun perencanaan kegiatan pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajaran daring dan evaluasi pembelajaran daring. Dalam kegiatan perencanaan disusun RPPH darurat Covid 19, jadwal daring, membuat group masing-masing kelompok B. Dalam kegiatan pelaksanaan meliputi kegiatan menyapa dan sharing materi. Dalam kegiatan evaluasi guru memeriksa kegiatan anak yang dikirim oleh orangtua, baik dalam bentuk foto, video, dan voicenote yang selanjutnya dimasukan dalam penilan harian, penilaian mingguan dan penilaian semesteran. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring pada masa Covid-19 di TK FKIP Unsyiah diantaranya tidak adanya interaksi antara guru dengan murid karena hanya menggunakan aplikasi WhatsApp saja, ketidaksiapan orangtua, komunikasi antara guru dengan orangtua dan juga terkendala oleh ketersediaan perangkat teknologi informasi yang dimiliki orangtua.


Keywords

Pembelajaran daring, pandemi Covid 19

References

Adhe, Kartika Rinakit. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care & Education. Vol. 1 No.1, Tahun 2018.

Amelia, Lina dan Hayati, Fitriah. 2021. Pengembangan Kegiatan Pembelajaran “Belajar dari Rumah” Tematik untuk Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid 19 di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya. Vol 7, No 1 (2021).

Anhusadar, La Ode dan Islamiyah. 2020. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19, Jurnal Obsesi: Jurnal PAUD. Vol. 5. No 1 Tahun 2021.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayuni, Despa dkk. 2020. Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal PAUD. Vol 5, No 1. Tahun 2021.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bilfaqih, Yusuf Qomarudin dan M. Nur. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Sleman: Deepublish.

Hadisi, La dan Muna, Wa. 2015. Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta'dib Vol. 8 No. 1, Tahun 2015.

Herayanti, Lovy. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 1 Tahun 2017.

Iskandar. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), cet. ke 3. Jakarta: GP Press.

Kuntarto, Eko. 2017. Kefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi. Journal Indonesian Language. Education and Literature / ILE&E/Vol.3 No. 1 Tahun 2017.

Masitoh, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran TK. Edisi Terbaru. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhdi, dkk. 2020. The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic.

Mustofa, M dkk. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 1 No. 2 Tahun 2019.

Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 pada Satuan Guruan dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020.

Moeslichatoen R. 2010. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Pustaka Utama.

Moleong, J. Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurdin dan Anhusadar, La Ode. 2020. Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal PAUD. Vol 5, No 1 Tahun 2021.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Sari, Pusvyta. 2015. Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, Jurnal Ummul Qura Vol 6, No 2, Tahun 2015.

Seno, & Zainal, A. E. 2019. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Elearning dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 02 Tahun 2019.

Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suhendro, Eko. 2020. Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 3 Tahun 2020.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi dan Implementasinya. dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yamin, Martinis dan Jamila Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD.Ciputan : Referensi. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Yusuf, Bistari Basuni. 2017. Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. Vol. 1 No 2. Tahun 2017-2018.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1170

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository