PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT MATERI CARA BERKEMBANGBIAK HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS VI SDN LIMPOK
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint materi cara berkembangbiak hewan dan tumbuhan kelas VI SD. Dengan adanya media dapat mempermudahkan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dari penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang telah melalui proses pengembangan media berdasarkan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah validator, pendidik dan Peserta didik. Rata-Rata penilaian yang dihasilkan dari validasi produk yaitu, ahli media mendapakan nilai rata-rata 90% dengan kriteria (Sangat Valid), ahli bahasa nilai rata-rata 85% dengan kriteria (Cukup Valid), ahli materi nilai rata-rata 87,5 dengan kriteria (Sangat Valid) dan untuk hasil tanggapan pendidik mendapatkan nilai rata-rata 90% dengan kriteria (Sangat Praktis), peserta didik nilai rata-rata 81-100% dengan kriteria (Sangat Praktis). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang dikembangkan layak dan praktis dalam pelaksanaan pembelajaran.
Keywords
Pengembangan, Interaktif, Powerpoint, Pembelajaran IPA
References
Ahdar. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Padu Musik
Terhadap Autisme Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Jurnal Dinamika Penelitian, (online). Vol. 18, Nomor 02. (http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id, diakses 01 Maret 2021)
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Andriani, M. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint
Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria. vol 6, No.1, 143-158. (https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/190/178, diakses 04 Maret 2021)
Anwar Zakiyah, dkk. 2020. Development of Interactive Video Based Powerpoint
Media in Mathematics Learning. Journal of Educational Science and Technology, (Online). Vol. 6 No 2. (https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/13179/8521, diakses 16 Agustus 2020).
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cahyo, Nur. 2008. IPA Ilmu Pengetahuan Alam. Kelas v paket A. Jakarta:
Indocam Prima.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: PT. SARANA TUTORIAL
NURANI SEJAHTERA
Dermawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dewi Ayu Sulistyaningrum. 2017. Pengembangan Quantum Teaching Berbasis
Video Pembelajaran Camtasia pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. Volume 4 Nomor 2. Diakses 15 Juli 2021
Djali. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Mahendra, Aka. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog Pada
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII SMP Negeri Sukada. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia (online). Vol. 1, No.1(https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/287/82#, diakses 01 Oktober 2021)
Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya
Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan (online). Vol. 1 Nomor 2 (https://media.neliti.com/media/publications/286890-fungsi-dan-peran-media-pembelajaran-seba-5babbcd0.pdf , diakses 14 Juli 2021)
Musthofa Popo Kamil. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem
Pencernaan Pada manusia dengan menggunakan Media Power Point dan Media Torso. Bioedusiana 3(2) (http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/download/633/408, diakses 05 Maret 2021).
Mudlofir, A., dan Rusydiah, E. F. (2019). Desain Pembelajaran Inofatif dari
Teori Praktik. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Nugraha, I. dkk. 2015. Pengaruh Media Peta Konsesp Terhadap Hasil Belajar
Siswa Tentang Struktur Bunga. Jurnal:Pedadidaktika,(online). Vol. 27 No. 5. (https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/5246, diakses 28 Oktober 2020).
Nisaul Jamilah, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point
Ispiring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur. al Mahara Jurnal Bahasa Arab. Vol.5,No.1.(http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/almahara/article/view/2435, diakses 05 Maret 2021)
Octaviana Vivien Devi dan Arya Setya Nugroho. 2019. Pengembangan Media
Pembelajaran Crafh My Profession Berbasis Micromedia Flash Pada Subtema Aku dan Cita-citaku Kelas IV SD Negeri Suci. JTIEE. Vol 3 No (http://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/download/1366/995/, diakses 15 Maret 2021).
Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan : jenis, metode dan prosedur edisi
pertama. Jakarta: Kencana
Slamet Sugiyarto Untung, dkk. 2020. Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif
dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator. Vol. 8, No.2 (http://cerdas.bunghatta.ac.id/index.php/jcp/article/view/44, diakses 04 Maret 2021)
Simbolon, N. 2017. Project Based Learning Implementation To Enable Students
activities. School Education Journal PGSD FIP UNIMED. Vol 4, No.2. (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/3615/322,diakses 31 Oktober 2020).
Simang, R., Efendi, & Gagaramusu, Y. 2019. Meningkatkan Kemampuan Siswa
Menggunakan Kalimat Tanya Melalui Metode Latihan pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Lagasaleso. Jurnal Kreatif, (online). Vol. 7 No.1 ( http://download.garuda.ristekdikti.go.id/ diakses 31 Oktober 2020).
Sudijono Anas. 2016. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta : Permada Media Group.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Suhartanti, Isnani Azis Zulaikha, dan Yulinda Erna. 2009. Ilmu Pengetahuan
Alam untuk SD Kelas VI. Surabaya: TB. Karunia.
Suryani Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inofatif dan Pengembangannya.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sri Asmita dan Zulkifli Matondang. 2018. Developing Scientific-Based Interactive
Multimedia of Learning on 4th Grade Student of Elementary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Volume 200.(https://www.atlantis-press.com/proceedings/aisteel-18/55909074, diakses 07 Maret 2021)
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosda Karya
Tamrin, M, Hidayati Azkiya & Syafni Gustina. 2017. Problem Faced by the
Teacher in Maximizing the Use of Learning Media in Padang. Al Ta'lim Journal. Vol 24. Number 1. (https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/262/228, diakses 17 Agustus 2021)
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasi
dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakartas: Bumi Aksara.
Widada. 2010. Mudah Membuat Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk
Guru dan Profesional.Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Widodo, A. dkk. 2010. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI PRESS.
Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. 2018. Pengembangan Media
Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. Jurnal Gammath