UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Erlita, D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT MATERI CARA BERKEMBANGBIAK HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS VI SDN LIMPOK (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1169.
Erlita, Dian. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT MATERI CARA BERKEMBANGBIAK HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS VI SDN LIMPOK.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1169.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT MATERI CARA BERKEMBANGBIAK HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS VI SDN LIMPOK

Thumbnail

View/Open

F0817013W.pdf (530 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Dian Erlita

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint materi cara berkembangbiak hewan dan tumbuhan kelas VI SD. Dengan adanya media dapat mempermudahkan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dari penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang telah melalui proses pengembangan media berdasarkan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah validator, pendidik dan Peserta didik. Rata-Rata penilaian yang dihasilkan dari validasi produk yaitu, ahli media mendapakan nilai rata-rata 90% dengan kriteria (Sangat Valid), ahli bahasa nilai rata-rata 85% dengan kriteria (Cukup Valid), ahli materi nilai rata-rata 87,5 dengan kriteria (Sangat Valid) dan untuk hasil tanggapan pendidik mendapatkan nilai rata-rata 90% dengan kriteria (Sangat Praktis), peserta didik nilai rata-rata 81-100% dengan kriteria (Sangat Praktis). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang dikembangkan layak dan praktis dalam pelaksanaan pembelajaran.


Keywords

Pengembangan, Interaktif, Powerpoint, Pembelajaran IPA

References

Ahdar. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Padu Musik

Terhadap Autisme Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Jurnal Dinamika Penelitian, (online). Vol. 18, Nomor 02. (http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id, diakses 01 Maret 2021)

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Andriani, M. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint

Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria. vol 6, No.1, 143-158. (https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/190/178, diakses 04 Maret 2021)

Anwar Zakiyah, dkk. 2020. Development of Interactive Video Based Powerpoint

Media in Mathematics Learning. Journal of Educational Science and Technology, (Online). Vol. 6 No 2. (https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/13179/8521, diakses 16 Agustus 2020).

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyo, Nur. 2008. IPA Ilmu Pengetahuan Alam. Kelas v paket A. Jakarta:

Indocam Prima.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: PT. SARANA TUTORIAL

NURANI SEJAHTERA

Dermawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewi Ayu Sulistyaningrum. 2017. Pengembangan Quantum Teaching Berbasis

Video Pembelajaran Camtasia pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. Volume 4 Nomor 2. Diakses 15 Juli 2021

Djali. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Mahendra, Aka. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog Pada

Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII SMP Negeri Sukada. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia (online). Vol. 1, No.1(https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/287/82#, diakses 01 Oktober 2021)

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya

Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan (online). Vol. 1 Nomor 2 (https://media.neliti.com/media/publications/286890-fungsi-dan-peran-media-pembelajaran-seba-5babbcd0.pdf , diakses 14 Juli 2021)

Musthofa Popo Kamil. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem

Pencernaan Pada manusia dengan menggunakan Media Power Point dan Media Torso. Bioedusiana 3(2) (http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/download/633/408, diakses 05 Maret 2021).

Mudlofir, A., dan Rusydiah, E. F. (2019). Desain Pembelajaran Inofatif dari

Teori Praktik. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Nugraha, I. dkk. 2015. Pengaruh Media Peta Konsesp Terhadap Hasil Belajar

Siswa Tentang Struktur Bunga. Jurnal:Pedadidaktika,(online). Vol. 27 No. 5. (https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/5246, diakses 28 Oktober 2020).

Nisaul Jamilah, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point

Ispiring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur. al Mahara Jurnal Bahasa Arab. Vol.5,No.1.(http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/almahara/article/view/2435, diakses 05 Maret 2021)

Octaviana Vivien Devi dan Arya Setya Nugroho. 2019. Pengembangan Media

Pembelajaran Crafh My Profession Berbasis Micromedia Flash Pada Subtema Aku dan Cita-citaku Kelas IV SD Negeri Suci. JTIEE. Vol 3 No (http://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/download/1366/995/, diakses 15 Maret 2021).

Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan : jenis, metode dan prosedur edisi

pertama. Jakarta: Kencana

Slamet Sugiyarto Untung, dkk. 2020. Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif

dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator. Vol. 8, No.2 (http://cerdas.bunghatta.ac.id/index.php/jcp/article/view/44, diakses 04 Maret 2021)

Simbolon, N. 2017. Project Based Learning Implementation To Enable Students

activities. School Education Journal PGSD FIP UNIMED. Vol 4, No.2. (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/3615/322,diakses 31 Oktober 2020).

Simang, R., Efendi, & Gagaramusu, Y. 2019. Meningkatkan Kemampuan Siswa

Menggunakan Kalimat Tanya Melalui Metode Latihan pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Lagasaleso. Jurnal Kreatif, (online). Vol. 7 No.1 ( http://download.garuda.ristekdikti.go.id/ diakses 31 Oktober 2020).

Sudijono Anas. 2016. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta : Permada Media Group.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suhartanti, Isnani Azis Zulaikha, dan Yulinda Erna. 2009. Ilmu Pengetahuan

Alam untuk SD Kelas VI. Surabaya: TB. Karunia.

Suryani Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inofatif dan Pengembangannya.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sri Asmita dan Zulkifli Matondang. 2018. Developing Scientific-Based Interactive

Multimedia of Learning on 4th Grade Student of Elementary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Volume 200.(https://www.atlantis-press.com/proceedings/aisteel-18/55909074, diakses 07 Maret 2021)

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosda Karya

Tamrin, M, Hidayati Azkiya & Syafni Gustina. 2017. Problem Faced by the

Teacher in Maximizing the Use of Learning Media in Padang. Al Ta'lim Journal. Vol 24. Number 1. (https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/262/228, diakses 17 Agustus 2021)

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasi

dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakartas: Bumi Aksara.

Widada. 2010. Mudah Membuat Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk

Guru dan Profesional.Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Widodo, A. dkk. 2010. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI PRESS.

Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. 2018. Pengembangan Media

Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. Jurnal Gammath

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1169

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository