UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Sarina. (2021). ANALISIS UPAYA GURU MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TK IT MINA (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1165.
Sarina. “ANALISIS UPAYA GURU MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TK IT MINA.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1165.

ANALISIS UPAYA GURU MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TK IT MINA

Thumbnail

View/Open

F0716028W.pdf (89 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Sarina

Abstract

Pembelajaran untuk mengembangkan rasa percaya diri pada anak dapat dilakukan secara berulang-ulang, sehingga anak akan terbiasa untuk percaya pada dirinya sendiri. Namun dalam pembelajaran daring tentunya berbeda dengan pembelajaran tatap muka, sehingga guru harus berupaya lebih maksimal lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru membangun kepercayaan diri anak dalam pembelajaran daring di TK IT Mina. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian guru kelompok B sebanyak 7 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri anak dalam pembelajaran daring di TK IT Mina pada awalnya masih rendah seperti merasa takut dan gugup saat divideokan oleh orangtuanya, namun seiring dengan kebiasaan pembelajaran anak-anak kelompok B mulai terlihat berani yang ditunjukkan dengan hasil video pembelajaran yang lebih baik dari sebelumnya. Upaya yang dilakukan guru dalam membangun kepercayaan diri anak dalam pembelajaran daring di TK IT Mina seperti membuat video motivasi, mengupload hasil belajar anak di group dan juga memuji anak-anak di group kelompok B. Dalam membangun kepercayaan diri anak, guru terkendala dengan partisipasi orangtua yang rendah dan juga interaksi dengan anak yang terbatas.


Keywords

Upaya guru, kepercayaan diri anak

References

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu Dewi Santoso. (2018). Manfaat Bermain Untuk Anak Usia Dini. Diakses dari ayudewisantoso.blogspot.com. pada tanggal 17 Maret 2013 jam 21.00

WIB.

Beaty, J. (2014). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Erikson, E. (2010). Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fourseasonnews. (2012). Pengertian Bermain Aktif. Diakses dari http://fourseasonnews. blogspot.com pada tanggal 19 Maret 2013 jam 19.00 WIB.

Ghufron dan Rini Risnawati S. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Hakim, Thursan. (2015). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: PT.Puspaswara.

Indah Miyati. (2013). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak. Diakses dari www.berani.co.id pada tanggal 19 Maret 2013 jam 21.30 WIB.

Hertika, D. (2016). Hubungan Antara Kelekatan Anak Terhadap Ibu Dengan Rasa Percaya Diri Anak. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Juntika, A., & Mubiar. (2013). Dinamika Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Reflika Aditama.

Kumala Dewi. (2013). Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak. Diakses dari www.edukasi.kompasiana.com pada tanggal 19 Maret 2013 jam 21.00 WIB.

Mulyadi. (2010). Merancang Masa Depan Si Buah Hati. Bandung: How-Press.

Nirwindasari, Y. (2015). Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Kemampuan Berinteraksi Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ngadirojo tahun pelajaran 2014/2015. (Artikel Skripsi). Universitas, Kediri.

Pratiwi, A. (2014). Perbedaan Keterampilan Sosial Pada Anak Kelas 1 SD Antara Yang Pernah Mengikuti PAUD Dengan Yang Tidak Mengikuti PAUD. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan Indonesia, Bandung.

Rachman, T. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Kenduruan Kab. Tuban tahun pelajaran 2015-2016. (Artikel Skripsi). Universitas, Kediri.

Rahayu, A. Y. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.

Rahayu, R. (2016). Hubungan antara Konsep Diri dengan Keterampilan Sosial Anak Taman Kanak-kanak. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Shandy, Sutisna. (2016). Kepercayaan Diri dalam Diskusi. http://www. myshandy. multiply. com/diakses tanggal 15 Mei 2013 jam 19.00

Suharsimi Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2010). Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yuliani Nurani. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Yulianto, F., dan Nashori, F. (2016). Kepercayaan Diri dan Prestasi Atlet TaeKwon Do Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Psikolog. 55-62.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1165

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository